Manfaat Baik Konsumsi Lemon dan Madu Bagi Kesehatan pada Pagi Hari

Posted on

Manfaat Lemon dan Madu Bagi Kesehatan – Setiap manusia pasti menginginkan hidup sehat tanpa memiliki gangguan kesehatan apapun. Salah satu cara agar tubuh tetap sehat adalah dengan melakukan gaya hidup sehat seperti rutin melakukan olahraga serta ditunjang dengan konsumsi makanan sehat. Namun, jika anda termasuk orang yang tidak memiliki waktu cukup untuk berolahraga karena pekerjaan yang menumpuk, ada cara mudah yang dapat membangkitkan kesehatan anda luar dan dari dalam tanpa memerlukan waktu yang lama.

Cara yang dilakukan agar anda terhindar dari gangguan kesehatan adalah dengan mengkonsumsi campuran air lemon, madu dan secangkir air hangat setiap pagi hari. Campuran mmadu dan lemon sebenarnya telah cukup lama dikenal sebagai salah satu gaya hidup sehat di luar negeri. Hal ini dikarenakan campuran tersebut memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan imunitas tubuh.

Nutrisi dalam Lemon dan Madu

Madu memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi madu setiap hari dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat. Selain itu, madu juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan asma, alergi, diare, batuk dan masalah pencernaan lainnya. Selain untuk pengobatan dalam, madu juga dapat digunakan untuk pengobatan luar seperti mengobati luka dan mengatasi masalah kulit wajah. Madu memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti, tinggi kandungan gula alami yang sebagian besar fruktosa dan glukosa. Vitamin hadir dalam madu B6, thiamin, niacin, riboflavin, asam pantotenat dan pasti asam amino . Mineral yang ditemukan dalam madu antara lain kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng.

Sedangkan Lemon memiliki kandungan bioflavonoids yang termasuk antioksidan. Lemon juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati flu dan batuk, serta mengatasi masalah batu ginjal, karena lemon mampu meningkatkan asam sitrat pada urin. Manfaat tersebut dikarenakan lemon tinggi kandungan vitamin C, serta mengandung senyawa fitokimia seperti polifenol, terpenes, naringin, naringenin, hesperidin, diosmin, eriositrin, dan d-limonene. Selain itu, Anda juga dapat menemukan vitamin dan mineral penting lain seperti vitamin B6, potasium, zat besi, magnesium, kalsium, dan serat pangan.

Dari penjelasan di atas, apakah benar mengkonsumsi campuran lemon dan madu dipagi hari bermanfaat besar untuk tubuh? Berikut penjelasan menurut Audrey Dharmanto, Bsc., RD., LD. Lemon memiliki banyak manfaat sama halnya dengan madu. Namun, Audrey masih belum memiliki cukup bukti penelitian yang membenarkan manfaat dari campuran lemon dan madu. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi lemon dan madu cukup sewajarnya saja.

Manfaat Campuran Lemon dan Madu

Berikut ini beberapa klaim dari mengkonsumsi lemon dan madu setiap hari untuk tubuh, antara lain:

Melancarkan sistem pencernaan
Mengkonsumsi lemon dan madu bermanfaat baik untuk memudahkan proses pencernaan dalam tubuh. Campuran ini bermanfaat untuk meningkatkan sekresi empedu dan asam lambung yang kemudian akan memecah partikel makanan. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi. Selain itu, mengkonsumsi campuran lemon dan madu juga bermanfaat untuk mengurangi masalah perut kembung.

Mendetoksifikasi tubuh
Menkonsumsi lemon dan madu juga diklaim dapat membantu detoksifikasi racun dalam tubuh. Salah satu faktor penyebab racun dalam tubuh adalah adanya polusi dan bahan bahaya kimia. Lemon dan madu bermanfaat sebagai tonik yang efektif bagi fungsi hati untuk membantu menetralkan racun. Sedangkan bagi pemiliki wajah berjerawat dan masalah sembelit, mengkonsumsi lemon dan madu dapat mengakumulasi racuk kedalam saluran pernapasa, kulit dan hati lalu akan dinetralkan melalui detoksifikasi.

Meningkatkan energi dalam tubuh
Mengkonsumsi madu juga bermanfaat untuk meningkatkan energi alami dan menjadikan tubuh menjadi lebih sehat. Madu juga memiliki sifat membunuh bakteri yang bermanfaat meningkatkan energi dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih aktif.

Membersihkan kulit
Lemon dan madu yang dikonsumsi setiap hari juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Lemon bermanfaat baik bagi kulit karena memiliki sifat yang dapat mengontrol dan menghilangkan kelebihan minyak dari permukaan kulit. Sedangkan asam sitratnya dapat membantu mengeluarkan radikal bebas dan racun dari sitem pencernaan.

Meningkatkan imunitas
Lemon dan madu juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, seperti melindungi tubuh dari penyakit menular yang disebabkan karena perubahan musim atau cuaca. Sedangkan madu tinggi protein seperti terapeutik, antimikroba, antioksidan dan antibakteri. Minuman lemon dan madu juga bisa membantu mempercepat pemulihan dari penyakit.

Meningkatkan metabolisme tubuh
Mengkonsumsi lemon dan madu juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta mengatur gerakan usus. Rutin mengkonsumsi lemon dan madu setiap pagi dapat membakar lemak dan membuat anda merasa sehat dan lebih aktif.

Mengatasi sakit tenggorokan
Lemon juga bermanfaat untuk membuat lendir dalam tenggorokan menipis sehingga akan lebih dikeluarkan dari saluran pernapasan. Sedangkan madu memiliki sifat desinfektan yang bermanfaat untuk memberantas bakteri dan menahan pembentukan dahak berlebih sehingga meringankan saluran pernapasan.

Cara Membuat Campuran Lemon dan Madu

Untuk membuat campuran lemon dan madu anda dapat menyiapkan satu gelas air hangat, lalu tambahkan satu sendok teh madu dan setengah irisan lemon. Atau, Anda bisa mengonsumsi madu dan lemon tanpa dicampur dengan air hangat, tetapi meminum air hangat setelahnya.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Baik Konsumsi Lemon dan Madu Bagi Kesehatan pada Pagi Hari  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.