20 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Asparagus untuk Kesehatan dan Kecantikan – Asaragus adalah jenis tumbuhan sayur dari anggota lily seperti bawang merah dan bawang putih. Aparagus dikenal sebagai tanaman yang memiliki manfat untuk kesehatan dan kecantikan. Sedangkan untuk sayur, asparagus sering diolah menjadi tumisan atau sayur berkuah serta dijadikan lalapan.

Asparagus memiliki bentuk seperti batang bambu berwarna hijau dengan bagian ujung rucing berwarna hijau yang kandungan nutrisi yang efisien untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Beberapa nutrisi yang ada pada asparagus adalah sebagai berikut: Kalsium, magnesium, seng, thiamin, riboflavin, rutin, niacin, asam folat, zat besi, fosfor, tembaga, kalium, mangan, selenium, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K, asam amino, dan sifat kesehatan lainnya seperti anti inflamasi dan anti oksidan.

Manfaat Asparagus

1. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan folat pada asparagus penting untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. dengan mengkonsumsi jus asparagus dengan campuran madu sebanyak 3 kali sehari dapat membantu memperkuat jantung yang lemah.

2. Sebagai diuretik alami
Asparagus tinggi kandungan potassium namun rendah sodium yang jika dikombinasi dengan asparagin asam amino aktif, membuat asparagus efektif sebagai diuretik alami. Diuretik berguna mengurangi pembengkakan selama pramenstruasi dan kembung. Diuretik juga membantu mengurangi iritabilitas, kelelahan, dan depresi.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Asparagus memiliki kandungan mineral serta karbohidrat yang dikenal dengan Inulin yang tidak bisa dicerna. Namun dalam usus besar, Inulin berperan menjadi makanan bakteri baik seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli. Karena itulan asupan Inulin yang terdapat banyak pada asparagus mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus besar yang berdampak baik untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

4. Mencegah Bayi Cacat Lahir
Asupan folat yang tercukupi pada ibu hamil merupakan kunci nutrisi perkembangan sel-sel sistem janin berkembang secara optimal. Karena itulah dengan rutin mengkonsumsi asparagus dapat membantu mengurangi resiko kemungkingan bayi cacat lahir seperti spina bifida dan mengurangi resiko bayi terlahir prematur.

5. Mengurangi Keasaman Darah
Mengkonsumsi satu gelas jus asparagus secara rutin mampu membantu mengurangi keasaman darah serta membantu melarutkan batu ginjal.

6. Anti Inflamasi
Asparagus memiliki senyawa fitokimia yang meghasilkan efek anti-inflamasi sehingga membanatu meringankan arthitis dan rematik.

7. Kaya Serat
Asparagus tinggi kandungan serat, sebab itulah mengkonsumsu asparagus secara regules mampu meningkatkan frekuensi buang air besar.

8. Kaya Antioksidan
Asparagus juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat penting untuk membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, mencegah kanker, dan katarak.

9. Mengontrol Gula Darah
Keampuhannya yang mampu membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh menjadikan asparagus bermanfaat untuk membantu menyembuhkan diabetes.

10. Menjaga Kestabilan Aliran Darah
Kandungan dalam asparagus bermanfaat juga untuk membantu menjaga detak jantung dan aliran darah agar tetap normal dan stabil. Hal ini berdasarkan ahli nutrisi San Diego yaitu Laura Flores, yang menyatakan bahwa asparagus adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak vitamin K yang dapat membantu peredaran darah.

11. Mencegah Penuaan Dini
Asam folat befungsi juga sebagai penghambat proses penuaan dini pada tubuh, seperti kandungan asam folat pada asparagus yang membnatu memperlambat proses penurunan fungsi kognitif. Selain itu, asam folat juga terbukti dapat menjaga keadaan responsif pada kondisi mental pada usia lanjut.

12. Menyehatkan Kulit
Asparagus memiliki kandungan antioksidan yang disebut Antioksidan glutathione. Antioksidan tersebut bermanfaat untuk menghambat proses penuaan dini yang terjadi pada kulit seperti munculnya noda dan kerutan pada kulit, Antioksidan gluthathion juga bisa membantu mencegah kerusakan pada kulit akibat sinar matahari atau polusi di lingkungan.

13. Membantu Pertumbuhan Janin
Asparagus memiliki kadnungan asam folat. Asam folat banyak diketahui penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Jadi, ibu hamil dianjurkan untuk megkonsumsi asparagus, hal ini penting untuk menjaga kesehatan kehamilan dan membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

14. Mencegah Penyakit Kanker
Asparagus memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat penting untuk kesehatan. Tubuh yang tercukupi asupan antioksidan, maka bermanfaa baik untuk mencegah radikal bebas yang menjadi salah satu faktor terbesar menjadi penyebab munculnya penyakit kanker.

15. Mengurangi Resiko Kanker Usus
Selain antioksidan yang baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan inulin yang ada pada asparagus juga merupakan jenis serat unik untuk melancarkan proses pencernaan. Inulin juga merupakan prebiotik yang mampu membuhun bakteri dalam usus, mengurangi alergi, membant penyerapan nutrisi ada tubuh dan mencegah terjadinya kanker usus. Inulin sendiri tidak akan rusak sebelum mencapai usus besar, yang menjadikan asparagus sebagai sayuran efektif pencegah kanker.

16. Mencegah Katarak
Asparagus merupakan seumber vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu antioksidan berperan untuk membantu melindungi retina dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sedangkan kandungan lainnya seperti asam amino, glutathione pada asparagus juga membantu dalam mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak dan rabun senja.

17. Mengatasi Mabuk Alkohol
Pada ekstrak asparagus memiliki kandungan asam amino esensial yang efektif untuk membantu penyembuhan mabuk yang mengacuk pada efek fisiologis yang menyenangkan disebabkan karena konsumsi yang besar minuman beralkohol. Biasanya menimbulkan gejala seperti cemas, lelah, gangguan perut seperti mual, muntah, dehidrasi dll. Sebuah studi menunjukkan bahwa pada tunas dan daun asparagus memiliki kandungan mineral anorganik yang membantu melindungi sel-sel hati dari efek keracunan alkohol.

18. Mencegah Alzheimer
Asparagus tinggi kandungan vitamin K yaitu sekitar 35% dari kebutuhan harian tubuh. Vitamin K bermanfaat untuk mencegah terjadinya stress syaraf otak dan mencega kerusakan neuron yang dapat menyebabkan penyakit alzheimer. Vitamin K juga baik untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta gigi sehingga baik juga untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis dan gigi berlubang.

19. Mencegah Rematik
Rematik adalah kondisi yang disebabkan adanya peradangan pada sendi. Asparagus menjadi salah satu jenis makanan kaya asam folat dan sifat anti-inflamasi sehingga baik dikonsumsi untuk meringankan rasa sakit akibat radang sendi atau rematik.

20. Menjaga Kesuburan
Di India, akar asparagus diberi nama Shatavari (wanita yang memiliki 100 suami). Akar asparagus memiliki sifat afrodisiak yang mampu mengatur hormone dan menyembuhkan berbagai gangguan fungsi reproduksi pria dan wanita. Sifat anti-dperesen pada akar asparagus bermanfaat menyembuhkan lemah fisik dan mental pada pria. Sedangkan pada wanita, akar asparagus mampu mengurangi sidrom menopause serta anemia. Wanita yang sedang menyusui juga dapat mengkonsumsi asparagus untuk menjaga kuantitas dan kualitas ASI-nya.

Efek Samping

Secara umum, tidak ada efek buruk yang dapat membahayakan tubuh ketika mengkonsumsi asparagus, tetapi terdapat beberapa efek sasmping ringan yang disebabkan karena asparagus, yaitu seperti :

  1. Perut menjadi penuh gas dan kembung
  2. Bau menyengat pada air seni
  3. Mengacaukan sistem hormon, jadi batasi konsumsi asparagus pada masa kehamilan dan menyusui
  4. Memicu alergi terhadap beberapa orang yang rentang terhadap reaksi alergi
  5. Asparagus mengandung purin, kandungan purin yang terlalu tinggi pada tubuh dapat menyebabkan batu ginjal dan asam urat.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Asparagus untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..