41 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Beserta Efek Sampingnya Yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat dan Efek Samping Asam Jawa – Asam jawa, asam atau asem (Tamarindus indica) merupakan sejenis buah yang memiliki rasa masam. Biasanya asam jawa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang pada kuah pempek. Asam juga digunakan untuk campuran jamu tradisional yang dijual oleh penjual jamu keliling, biasanya ibu-ibu yang menggendong bakul dengan botol berisi aneka jamu (jamu gendong).

Manfaat dan Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan & Kecantikan

1. Menjaga dan Mempercantik Kulit

Kandungan serat, vitamin B, vitamin C, enzim dan asam alpha hydroxyl dalam asam jawa bermanfaat menjaga kesehatan kulit seperti mengangkat sel kulit mati yang membuat kusam.

2. Mengobati Disentri

Penyakit disentri adalah penyakit yang menyerang usus yang disebabkan oleh perkembanhan bakeri dan amoeba dengan gejala perut terasa mulas, BAB disertai darah dan lendir. Asam jawa dapat digunakan untuk mengobati disentri, caranya yaitu tumbuk asam jawa sebanyak 5 gram, 10 gram asam jawa dan 10 gram temulawak lalu campurkan hasil tumbukan tersebut dengan air panas dan saring airnya. Setelah itu, tambahkan satu sendok madu lalu minum.

3. Sebagai obat penyakit difteri

Penyakit difteri ini menyerang saluran pernafasan yang di sebabkan oleh bakteri corynebacterium diphtheria. Gejala penyakit difteri ini yaitu sakit tenggorokan, panas tinggi, dan penderita merasa sulit bernafas dan menelan makanan, serta adanya lendir dalam hidung dan mulut. Ramuan asam jawa dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit difteri ini, caranya yaitu tumbuk asam jawa, 5 gram lobak, 5 gram kencur, 5 gram bawang merah, 10 gram daun papaya. Kemudian hasil tumbukan di seduh dengan air panas. Ramuan tersebut digunakan untuk berkumur dan jangan diminum. Lakukan pengobatan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Mengatasi demam setelah nifas

Untuk mengatasi demam setelah nifas, buatlah ramuan asam jawa untuk mengobatinya. Siapkan satu jari asam jawa yang kering dan gula aren secukupnya, seduh dengan satu gelas air panas. Minum saat airnya hangat. Lakukan dua kali sehari.

5. Mengobati eksim

Cara mengobati eksim dengan asam jawa yaitu tumbuk segenggam asam jawa, umbi temulawak, dan gula aren. Bahan tersebut di tumbuk dan kemudian direbus dengan 2 gelas air. Selanjutnya saring airnya dan minum ramuan obat herbal tersebut. Selain diminum, tumbukan asam jawa tersebut juga bisa di balurkan pada kulit yang sakit.

Manfaat Asam Jawa Lainnya:

6. Mengatasi darah rendah
7. Mengobati ambeien
8. Membantu menurunkan demam bayi
9. Menurunkan kolesterol
10. Mengobati nyeri haid
11. Mengobati asma
12. Membantu mengobati batuk kering
13. Mengobati bisul
14. Mengobati sakit perut
15. Mengobati sariawan
16. Mengobati keputihan
17. Mengobati borok
18. Mengobati gatal alergi dan biduran
19. Mengobati sakit panas
20. Membantu menyembuhkan luka
21. Membantu mengobati reumatik
22. Mengobati demam
23. Membantu mengobati gatal pada luka kering
24. Mengonati bengkak karena digigit serangga
25. Mengobati gatal berupa titik merah berair
26. Mengatasi gigitan ular
27. Mencegah rambut rontok
28. Mengatasi bau anyir saat haid
29. Mengobati penyakit campak
30. Mengatasi Alergi
31. Membantu mengobati batuk kering
32. Meningkatkan sistem metabolisme
33. Menjaga jantung
34. Merawat saluran pencernaan
35. Mengendalikan diabetes
36. Menurunkan resiko kanker
37. Membantu mengurangi berat badan
38. Membantu menangkal radikal bebas
39. Membantu mengatasi jerawat dan mencerahkan wajah
40. Membantu melindungi hati
41. Membantu mengatasi bau mulut

Efek Samping Asam Jawa

Asam jawa tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan pengencer darah yang lainnya karena asam jawa memilikisifat pengencer darah.

Selain itu konsumsi asam jawa dan antidepresan secara bersamaan dapat meningkatkan kadar serotonin dan menyebabkan kondisi keracunan serotonin.

Demikian artikel tentang “41 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Beserta Efek Sampingnya Yang Perlu Diketahui“, semoga bermanfaat