22 Manfaat Angkak Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat dan Efek Samping Angkak Bagi Kesehatan Angkak,red fermented rice, red kojic rice, red koji rice, red yeast rice atau ang-kak adalah beras putih jenis tertentu yang dibiakan dengan menggunakan sejenis ragi khusus selama beberapa hari hingga beras tersebut berubah warna menjadi merah.

Angkak berasal dari Tiongkok (China), disana angkak telah dikenal penduduk Cina sejak ratusan tahun silam, dan umum digunakan bangsa Cina sebagai bagian dari campuran rempah masakan dan herbal kesehatan mereka.

Angkak mengandung serat, karbohidrat, dan protein. Selain itu, di dalam angkak juga mengandung HMG-CoA atau monacolin/lovastatin/statins yang diakui sangat effektif untuk menurunkan kolesterol jahat LDL dan Trigliserida, sehingga buah angkak ini sangat baik bagi kesehatan jantung. Lovastatin adalah zat di dalam angkak yang mirip dengan obat jantung.

Manfaat Angkak Bagi Industri dan Kesehatan

Angkak biasanya dimanfaatkan baik air hasil rendamannya, maupun angkak itu sendiri.

1. Angkak sebagai bahan pewarna alami
Warna angkak yang merah pekat, seringkali digunakan sebagai pewarna alami beberapa jenis makanan terutama makanan yang mengandung unsur tionghoa, pemuatan kue, camilan dan sebagainya.

2. Angkak sebagai bahan makanan
Kalian mungkin pernah mendengar sup ayam angkak yaitu salah satu jenis sup ayam populer yang menggunakan angkak sebagai bahan pewarna dan citarasanya. Sup ayam angkak ini merupakan salah satu resep tradisional dari China yang kaya akan khasiat dan cita rasa.

3. Angkak untuk demam berdarah (DBD)
Demam berdarah merupakan kondisi demam, dimana kandungan trombosit penderita mengalami penurunan secara drastis. Angkak ini dapat membantu menaikkan trombosit darah secara signifikan karena efek antiperadangannya. Berikut cara mengolah angkak untuk menaikkan trombosit:

Rendam segenggam angkak dalam gelas air matang lalu diamkan selama beberaa jam hingga air berubah menjadi merah pekat. Setelah itu, minum air rendaman angkak tersebut.

4. Menyehatkan limpa
Biji angkak ini mengandung banyak kandungan alami untuk kesehatan limpa sehingga organ tubuh tersebut tidak mudah terserang gangguan dari penyakit.

5. Menurunkan hipertensi
Angkak dapat membantu mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) karena kandungan zat di dalamnya. Dengan mengkonsumsi angkak, maka gejala-gejala hipertensi yang biasa dialami dapat berkurang.

6. Menyehatkan jantung
Angkak mampu menurunkan kadar lipid darah yang negatif (trigliserida dan kolesterol LDL) dan meningkatkan kadar lipid darah yang baik (kolesterol HDL) sudah cukup menjaga kesehatan jantung.

Kandungan zat lovastatin dalam angkak juga sangat baik untuk menurunkan risiko dan mengatasi masalah serangan jantung. Selain itu, angkak juga dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah sehingga berdampak positif pada tekanan darah dan sistem kardiovaskular. Penggunaan angkak juga mampu mencegah pembuluh darah menjadi kaku.

7. Mengurangi peradangan dan infeksi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa angkak dapat membantu mengurangi peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh. Dalam angkak, terkandung zat yang bisa menurunkan faktor terjadinya peradangan.

Pengonsumsian angkak bisa berdampak pada menurunnya zat TNF dan IL-6 yang sangat terkait dengan penyebab terjadinya inflamasi. Namun, tidak hanya mengatasi peradangan, angkak juga bermanfaat untuk melawan infeksi akut.

8. Mengendalikan kadar gula darah
Pengonsumsian angkak baik sebagai suplemen, makanan pokok, ataupun obat tradisional ternyata bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah agar selalu dalam batas normal.

9. Mencegah penyakit kanker
Penggunaan angkak bisa membunuh sel-sel kanker. Angkak juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker.

10. Membantu pertumbuhan tulang
Angkak dapat membantu pertumbuhan tulang. Angkak dapat membantu membentuk tulang dengan baik. Di samping itu, asupan angkak bisa meningkatkan kepadatan tulang yang membuat terhindar dari penyakit osteoporosis.

11. Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas
Angkak dapat dijadikan sebagai suplemen untuk membantu menurunkan berat badan dan juga membantu mencegah obesitas (berat badan berlebih).

12. Mengobati penyakit hati
Para penderita penyakit hati namun bukan karena konsumsi alkohol dapat menggunakan angkak untuk membantu mengobatinya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengonsumsian angkak dapat menurunkan kadar enzim hati. Kadar enzim hati yang tinggi dapat memicu kerusakan hati. Selain itu, ini juga tidak baik bagi kadar lipid darah khususnya pada penderita diabetes.

13. Mengobati disentri dan gangguan pencernaan
Mengkonsumsi angkak mampu mencegah dan mengobati kondisi gangguan pencernaan dan juga disentri.

14. Meningkatkan daya tahan tubuh
Angkak dapat meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh. Dengan meningkatnya imunitas dan daya tahan tubuh, maka bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

15. Anti stroke alami
Angkak juga termasuk dalam makanan anti stroke alami. Biji angkak mampu mencegah gejala stroke yang sering terjadi ketika tubuh tidak sehat, terutama bagian persendian dan tulang yang sering terasa nyeri.

16. Menenangkan mood
Mood yang tenang akan membuat lebih rileks tanpa banyak pikiran. Jika sering mengalami mood yang tidak stabil, coba konsumsi sari angkak.

17. Mengatasi pusing dan sakit kepala
Jika kalian mengalami pusing dan sakit kepa berkepanjangan, coba mulai konsumsi angkak dengan teratur, angkak ini dapat mengatasi sakit kepala dan gejals pusing di tubuh.

18. Menurunkan kolesterol
Menurut penelitian, angkak mengandung sejumlah senyawa yang mirip dengan bahan aktif dalam obat resep kolesterol tinggi yang disebut statin. Statin ini biasanya diresepkan untuk menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat angkak lainnya:

19. Mengatasi kesulitan BAB
20 Menyembuhkan mulas pada perut
21. Melancarkan buang air kecil
22. Meningkatkan kelancaran sirkulasi darah

Efek Samping Angkak

Kandungan lovastatin dalam angkak memang baik untuk jantung namun ini bisa menimbulkan efek samping pada ibu hamil. Lovastatin dalam angkak bisa membahayakan kondisi janin dan kehamilan. Studi menunjukkan pengonsumsian angkak pada binatang yang sedang hamil dapat menimbulkan cacat saat lahir.

Di samping itu, ibu menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi angkak. Meskipun belum diketahui dampak angkak terhadap kualitas air susu ibu , menghindari konsumsi angkak pada ibu menyusui akan lebih aman untuk bayi.

Efek samping angkak juga dapat memicu terjadinya reaksi alergi seperti gatal-gatal, ruam kulit, sulit bernapas, sakit kepala, mual, dan muntah. Kalian juga perlu waspada karena angkak bisa menurunkan imunitas apabila dikonsumsi berlebihan.

Beberapa efek samping angkak yang cukup sering terjadi di antaranya yaitu sakit perut, perut kembung, dan masalah otot. Manfaat angkak memang baik untuk hati namun kandungan lovastatin dalam angkak bisa menimbulkan kerusakan hati.

Demikian artikel tentang “22 Manfaat Angkak Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya yang Perlu Diketahui“, semoga bermanfaat