Manfaat Alpukat Bagi Perawatan Kulit Wajah EFEKTIF Lebih Bersinar dan Bercahaya

Posted on

Manfaat Alpukat Bagi Wajah  – Seperti yang kita ketahui bahwa alpukat memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Alpukat tinggi kandungan lemak sehat dan berbagai vitamin lainnya yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan namun bermanfaat juga untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah.

Kandungan vitamin C dan E, serta lemak tak jenuh dan nutrisi lain didalamnya bermanfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal efek sinar UV dan radikal bebas, melembabkan serta melindungi kesehatan kulit wajah. Buah alpukat biasa dimanfaatkan dengan digunakan sebagai masker untuk wajah.

Manfaat Alpukat Bagi Kecantikan

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih
Jenis minyak berminyak dapat menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat diwajah. Tahukah anda jika alpukat juga bermanfaat untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih diwajah. Cara yang digunakan untuk mengurangi produksi minyak diwajah adalah dengan gunakan lemon, putih telur dan alpukat, lumatkan lalu aplikasikan pada wajah sebagai masker, diamkan hingga 15-20 menit lalu bilas hingga bersih.

Menghaluskan Kulit Wajah
Alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menghaluskan kulit wajah akibat radikal bebas dan paparan sinar UV terlalu lama. Penggunaan masker alpukat berperan untuk mempercepat proses regenerasi kulit dengan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan terasa lebih halus dan lembut.

Menyehatkan Kulit Wajah
Kandungan dalam alpukat seperti vitamin E, K, seng, zat besi dan nutrisi lainnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit seperti menjaga kesehatan wajah. Kesehatan wajah menjadi hal yang diperhatikan khususnya bagi wanita karena meningkatkan rasa percaya diri. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi alpukat secara langsung atau dengan menggunakan alpukat sebagai masker wajah.

Membersihkan Kotoran di Wajah
Saat sedang menggunakan masker alpukat, saraf-saraf pada wajah akan beristirahat sehingga menjadi lebih tenang. Setelah masker dibersihkan, otomatis kotorang pada wajah akan ikut terbuang melalui sisa-sisa masker. Hal inilah yang membuat wajah menjadi lebih bersih. Wajah yang bersih akan terhindari dari berbagai macam gangguan kesehatan kulit seperti bejerawat hingga minyak berlebih.

Melembabkan Kulit
Alpukat memiliki kandungan mineral penting yang bermanfaat baik untuk mengatasi masalah kulit kering. Mengaplikasikan masker alpukat pada wajah bermanfaat baik untuk melembabkan kulit wajah sehingga wajah akan terlihat lebih segar dan sehat. Perawatan rutin dengan alpukat bermanfaat baik untuk menjaga kelembaban kulit wajah dalam waktu cukup lama sehingga anda tidak perlu menambahkan make up sebagai pelembab wajah.

Mencegah Penuaan Dini
Salah satu kandungan dalam alpukat yang baik untuk kesehatan wajah adalah kolagen. Dengan rutin menggunakan masker alpukat, maka kandungan kolagen didalamnya akan bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, kolagen juga bermanfaat untuk mencegah munculnya kerutan di lingkar mata.

Menjaga Kekenyalan Kulit
Alpukat tinggi kandungan mineral dan kalium yang keduanya bermanfaat baik untuk menjaga kecantikan wajah. Rutin melakukan perawatan wajah dengan alpukat akan membuat kulit terjaga elastisitasnya sehingga terhindar dari kerusakan. Selain itu, masker alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kulit wajah tetap kenyal sehingga akan tampak awet muda.

Membuat Wajah Tampak Bersinar
Alpukat memiliki banyak kandungan manfaat yang baik untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk membuat wajah tampak lebih bersinar. Selain membersihkan kotoran diwajah, masker alpukat juga dapat meremajakan kulit sehingga membuat wajah akan tampak bersinar.

Sumber Antioksdian Alami
Alpukat tinggi kandungan vitamin E dan karotenoid yang berperan untuk menagkal radikal. Selain itu, lutein dalam alpukat juga berperan untuk menjaga kulit tetap elastis. Seperti yang kita ketahui jika radikal bebas sangat berbahaya bagi kulit seperti mampu mempercepat penuaan dini hingga menyebabkan kanker kulit.

Cara Membuat Masker Alpukat

Jenis kulit setiap orang-orang pastilah berbeda, maka cara perawatan yang dilakukan juga berbeda. Bagi anda pemiliki kulit normal mungkin akan baik-baik saja menggunakan perawatan apapun, namun untuk jenis kulit berminyak dan kulit kering ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti komposisi bahan yang digunakan. Berikut ini adalah masker alpukat untuk jenis kulit kering dan kulit berminyak yang bisa digunakan. Sedangkan untuk jenis kulit normal, anda dapat menggunakan kedua jenis resep masker dibawah ini.

Masker Alpukat Kulit Berminyak
Untuk jenis kulit berminyak, dalam membuat masker alpukat anda dapat menambahkan beberapa bahan lain seperti putih telur dan lemon untuk meningkatkan hasil yang didapat. Caranya dengan siapkan 1 buah alpukat, 1 sdt air lemon dan 1 butih putih telur. Camput ketiga bahan tersebut lalu haluskan. Setelah halus, aplikasikan secara merata pada wajah, hindari area mata. Biarkan masker mengering sekira 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

Masker Alpukat Kulit Kering
Untuk kulit kering anda dapat menggunakan masker alpukat dengan mencampurkan 1/2 sdt minyak zaitun. Caranya adalah dengan haluskan buah alpukat lalu tambahkan minyak zaitun. Setelah itu oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit hingga mengering lalu bilas dengan air dingin.

Variasi Masker Alpukat

Selain dengan memperhatikan jenis kulit yang anda miliki dalam penggunaan masker alpukat, anda juga dapat menambahkan beberapa bahan berikut ini. Penambahan bahan-bahan dibawah ini bermanfaat untuk memaksimalkan atau mengoptimalkan khasiat yang didapatkan. Beberapa bahan yang digunakan dalam variasi masker alpukat seperti:

  • Madu , madu memiliki senyawa alami yang berfungsi sebagai antioksidan, sehingga dengan menambahkan madu pada masker alpukat akan meningkatkan hasil yang didapatkan untuk kecantikan seperti melembabkan dan menjaga keelastisan kulit wajah.
  • Yogurt Plain, Yogurt memiliki kandungan asam laktat zink yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi garis halus diwajah. Selain itu campuran alpukat dan yogurt bermanfaat baik untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah.
  • Tomat, Tomat memiliki senyawa likopen yang bermanfaat baik untuk kecantikan seperti menyingkirkan produksi minyak berlebih diwajah. Mengkombinasikan tomat dan alpukat bermanfaat baik untuk membuat kulit menjadi lebih rileks dan cerah.
  • Susu Murni, Mencampurkan alpukat dan susu bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah. Hal ini dikarenakan adanya moisturizer yang tinggi pada susu. Selain itu, kombinasi tersebut juga mampu menghilangkan flek-flek hitam diwajah sehingga wajah tampak cerah alami.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Alpukat Bagi Perawatan Kulit Wajah  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.