18 Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Bayi serta Cara Mengolah Air Tajin dengan Benar

Posted on

Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Bayi  – Air tajin adalah sari pati beras yang diperoleh dengan cara merebus beras. Air kental saat memasak nasi itulah dikatakan sebagai air tajin. Air tajin menjadi salah satu minuman yang begitu familiar di Indonesia, sebagian besar masyarakat menganggap bahwa air tajin bisa dimanfaatkan sebagai pengganti ASi untuk bayi.

Air tajin mengandung kalori dan air yang hanya membuat bayi menjadi gemuk namun tidak bisa untuk mengantikan peran ASI. Meskipun begitu, air tajin memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, karena air tajin mengandung Glukosa, 2 macam Poliglukosa, magnesium (Mg),Kalsium (Ca) dan Protein.

Manfaat Air Tajin

Air tajin bisa diperoleh dari rebusan beras putih atau dari beras merah, yang keduanya memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Berikut ini beberpaa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi air tajin.

1. Menambah energi dalam tubuh
Air tajin kaya akan kandungan karbohidrat yang diperlukan tubuh sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Mengkonsumsi air tajin bermanfaat menambah energi secara aman karena berasal dari bahan alami. Air tajin dapat dikonsumsi oelh bayi hingga pada orang dewasa. Konsumsi air tajin sebelum melakukan aktivitas sehingga bisa menyediakan cadangan energi dalam tubuh.

2. Menstabilkan kolesterol
Air tajin mengandung karbojidrat dan vitamin yang tidak mengandung laktosa sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kolesterol tetap dalam kadar normal.

3. Baik untuk diet
Air tajin mengandung mineral dan karbohidrat sehingga baik dikonsumsi anda untuk membantu menurunkan berat badan dan menunda rasa lapar.

4. Meningkatkan sistem imun
Air tajin mengandung mineral yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Air tajin juga baik untuk melindungi tubuh dari alergi dan serangan virus.

5. Menjaga kesehatan jantung
Air tajin memiliki kandungan vitamin E dan magnesium yang sangat baik untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung.

6. Mengatasi luka bakar akibat sinar UV
Oleskan air tajin pada luka bakar akibat paparan sinar matahari untuk menenangkan dan mendinginkan kulit anda.

7. Mencerahkan bibir
Bibir dengan warna cerah akan menambah tingkat kepercayaan diri. Untuk mencerahkan bibir, anda dapat mengoleskan air tajin secara rutin untuk mendapatkan warna bibir yang merona dan cerah.

8. Mengatasi masalah pencernaan
Konsumsi air tajin bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti mengatasi maagh dan sembelit yang disebabkan karena produksi asam lambung yang berlebih. Air tajin dipercaya dapat menetralkan asam lambung.

9. Menyembuhkan diare
Selain sembelit dan magh, air tajin juga bermanfaat untuk menyembuhkan diare. Air tajin dapat bekerja sebagai elektrolit dan efektif untuk membantu menyembuhkan diare. Bahkan beberapa penelitian menyatakan bahwa air tajin ini lebih efektif dalam menyembuhkan diare dibandingkan dengan larutan elektrolit yang biasa digunakan untuk obat diare.

10. Menyembuhkan panas dalam
Panas dalam adalah salah satu masalah tenggorokan yang membuat penderita merasa tidak nyaman dan merasa terganggu. Untuk mengatasi panas dalam, anda dapat dengan rutin mengkonsumsi air tajin untuk membantu meredakan dan menyembuhkan panas dalam.

11. Mencegah alzheimer
Nutrisi dalam air tajin memiliki peran dalam mengembangkan neurotransmitter sehingga dapat mencegah terjadinya pikun atau alzheimer. Sebaiknya bagi penderita pikun mengkonsumsi air tajin di pagi hari beserta melatih aktivitas otak secara seimbang agar tidak mudah pikun.

12. Menjaga kesehatan kulit wajah
Selain untuk kesehatan bagian dalam, air tajin juga bermanfaat sebagai masker untuk wajag yang dipercaya dapat melembutkan wajah. Cara menjaga kesehatan wajah dengan air tajin adalah dengan mencampurkan sedikit madu pada air tajin dan gunakan sebagai masker wajah secara rutin.

Manfaat Air Tajin untuk Bayi

Air tajin mengandung pati yang terbentuk sebelum nasi matang dan bermanfaat untuk kesehatan bayi. Apalagi air tajin juga dianggap ekonomis karena tidak memerlukan biaya mahal untuk membuatnya. berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari memberikan air tajin pada bayi.

  1. Meredakan diare pada bayi
  2. Menyembuhkan eksim atau ruam-ruam pada kulit bayi
  3. Menurunkan demam pada bayi
  4. Karbohidrat bermanfaat untuk membuat anak menjadi lebih berenergi dan aktif
  5. Kaya nutrisi yang memabntu menguatkan tulang anak
  6. Karbohidrat pada air tajin mampu menambah berat badan bayi

Namun perlu diingat, berikan air tajin pada bagi diatas usia 6 bulan. Perkenalkan air tajin secara bertahap dengan memasukkannya dalam menu MPASI anak atau sebagai campuran jika anak minum susu formula.

Cara Mengolah Air Tajin

Cara membuat air tajin siapkan 1 genggam beras dan 2 gelas air. Cuci bersih beras dan rebus menggunakan 2 gelas air, aduk sesekali hingga mengental. Angkat dan saring airnya. Dinginkan dan siap untuk dikonsumsi. Agar lebih mudah, anda juga dapat memasak nasi menggunakan magic com namun diberi tambahan air, jika nasi yang dimasak mendidih, anda bisa ambil air tajin tersebut secukupnya, dengan takaran nasi yang dimasak masih tetap bagus.

Kekentalan yang digunakan tergantung dari selera anda, namun jika terlalu kental akan membuat perut terasa lebih kenyang dan menjadi malas untuk makan nasi.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Bayi . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.