20 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Mengatasi Berbagai Macam Masalah Kesehatan TERBUKTI

Posted on

Manfaat Air Kelapa Muda – Air kelapa menjadi salah satu minuman yang diminati banyak orang, apalagi dinikmati saat siang hari yang panas. Selain karena menyegarkan air kelapa sering dijadikan sebagai pengganti ion tubuh, namun tidak hanya itu saja. Air kelapa ternyata memiliki banyak kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Tanaman pohon kelapa adalah tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi manusia, tidak hanya airnya, mulai dari akar, batang, daun, buah dan air nya bisa dimanfaatkan oleh manusia. Namun kali ini kita hanya akan membahas manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi air kelapa muda.

Sudah sejak dahulu, air kelapa dikenal sebagai minuman yang bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh karena kandungan mineral yang dimilikinya. Berikut ini beberapa kandungan yang ada pada air kelapa antara lain :

Kandungan Per 100 gramDaging Buah MudaDaging Buah MatangDaging Buah TuaAir Kelapa
Kalori (kal)36.04101.23202.4617
Air (g)44.1537.124.8695.5
Protein (g)0.532.121.80.2
Lemak (g)0.487.9518.390.1
Karbohidrat(g)7.425.37.423.8
Mineral (g)0.420.530.530.4
Kalsium(mg)3.714.2411.1315
Fosfor (mg)15.929.1551.948
Zat Besi (mg)0.530.691.060.2
Vit. C (mg)2.122.121.061

Selain kandungan diatas, nutrisi utama dari air kelapa muda adalah Potasium sebesar 600 mg yang diandalkan sebagai salah satu minuman elektrolit. Air kelapa muda juga mengandung beragam vitamin seperti A, B6, B12, C, D, E, K, thiamin, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolin, dan betaine. Kandungan hormon sitokinin dalam air kelapa muda dapat berfungsi sebagai anti-kanker.

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada air kelapa, sudah tentu banyak juga manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi air kelapa muda. Berikut ini adalah manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi air kelapa muda khususnya kelapa hijau.

1. Menambah Energi
Air kelapa mengandung cairan isotonik yang serupa dengan komposisi elektrolit dan cairna dalam tubuh yang bisa mengurangi efek dehidrasi dan kekurangan cairan tubuh. Air kelapa dapat meningkatkan energi dalam tubuh anda karena air kelapa mengandung karbohidrat, asam amino, vitamin, dan ion yang mampu memberi energi bagi tubuh.

2. Menetralisir racun
Air kelapa memang mengandung antidotum yang bermanfaat membantu mengeluarkan racun jika masih terdapat dalam lambung dengan cara memuntahkan atau membilasnya. Namu jika racun telah masuk kedalam darah, senyawa antidotum pada air kelapa akan mengencerkan racun tersebut dan akan dikeluarkan melalui ginjal.

3. Mengobati Batu ginjal
Air kelapa berfungsi sebagai diuretik yang dapat mengeluarkan baru ginjal pasien dengan cara memecah batu ginjald an mengeluarkannya melalui urine.

4. Mengobati Demam Berdarah (DBD)
Penyakit demam berdarah berkaitan erat dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Konsumsi air kelapa dibutuhkan oleh penderita DBD karena air kelapa mengandung cairan isotonik tubuh yang menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga membuat penderita DBD tidak merasa lemas.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan zat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Dalam jumlah kecil air kelapa juga mengandung glutamin dan arginin yang mampu membantu melawan virus. Konsumsi air kelapa dapat diandalkan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Mengurangi efek alkohol
Air kelapa muda dapat dikonsumsi untuk mengeluarkan minuman alkohol yang masuk kedalam tubuh, selain mengeluarkan, air kelapa juga dapat mengencerkan kadar minuman keras, hingga efeknya menjadi lemah. Hal tersebut dikarenakan air kelapa berfungsi sebagai antidotum atau penawar zat-zat tertentu.

7. Menurunkan tekanan darah
Kandungan potasium dalam air kelapa muda yang bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Saat masuk dalam tubuh, potasium akan menetralkan efek dari sodium sehingga tekanan darah menurun.

8. Menurunkan berat badan
Konsumsi air kelapa tanpa tambahan gula dapat membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut karena air kelapa mengandung bebas lemak dan memiliki sedikit kadar karbohidrat mapun gula.

9. Meningkatkan performa bagi altet
Kandungan potasium pada air kelapa memiliki peran untuk menggantikan elektrolit yang hilang didalam tubuh. Sehingga air kelapa cocok dikonsumsi oleh atlet atau olahragawan.

10. Menurunkan kolesterol
Kandungan potasium, kalsium, dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa muda mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Kandungan tersebut juga ampuh untuk menyembuhkan serangan jantung.

11. Meredakan otot kaku / stress
Ketika saat stress dan otot terasa kaku cobalah untuk mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa mengandung kalsium dan magnesium yang bermanfaat meredakan stress dan otot kaku. Kandungan kalsiumnya dapat merileksasi otot dan menurunkan resiko jantung, sedangkan magnesiumnya bekerja sebagai mineral alami yang merangsang produksi hormon serotonin.

12. Mencegah penuaan dini
Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kedua senyawa tersebut memiliki peran signifikan terhadap anti penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu meminimalkan penuaan dini, menyeimbangkan tingkat pH dan menjaga jaringan kulit.

13. Mangatasi Mual
Air kelapa muda bermanfaat untuk ibu hamil karena dapat meredakan ‘Morning Sickness’ atau gangguan mual pada pagi hari. Selain itu kandungan elektrolit, kalsium, potasium, sodium, dan kandungan Vitamin C juga dibutuhkan selama waktu kehamilan.

14. Menjaga kesehatan kulit
Manfaat air kelapa selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit, sperti mencegah dan mengatasi jerawat, melembabkan kulit dan menutrisi kuliy. Caranya yaitu dengan mengoleskan air kelapa muda pada wajah lalu diamkan selama semalaman, cuci pada pagi harinya dan gunakan secara ruitn untuk mendapatkan hasil maksimal.

15. Melancarkan pencernaan
Kandungan enzim bioaktif pada air kelapa seperti sam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya, berfungsi membantu memudahkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Selain itu, air kelapa memiliki kandungan kalsium mangan dan seng seperti buah-buahan termasuk jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.

16. Mengatasi Disfungsi Ereksi
Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah bermanfaat untuk mengatasi disfungsi efeksi. Konsumsi air kelapa muda hijau secara rutin untuk melancarkan peredaran darah pada daerah sekitar mr.P, dan menyeimbangkan hormon bagi pria.

17. Mengatasi sperma encer
Manfaat lain dari air kelapa adalah utnuk meningkatkan kerja testis dan merangsang hormon testosteron sehingga lebih bergairah serta meningkatkan kualitas sperma yang dihasilkan.

18. Memulihkan tenaga setelah berhubungan
Setelah melakukan hubungan badan dengan pasangan, tubuh akan kehilangan tenaga dan stamina. Untuk memulihkan tenaga dan stamina konsumsi air kelapa muda setelah melakukan hubungan dengan pasangan.

19. Menjernihkan air ketuban
Pada ibu hamil, kandungan eletrolit dan antioksidan pada air kelapa berfungsi untuk menjernihkan air ketuban. Ke-2 zat itu dapat menyerap lendir dan kotoran yang ada di air ketuban.

20. Melindungi tekanan darah pada kehamilan
Kandungan elektrolit seperti klorida, magnesium, natrium, serta riboflavin yang ada di air kelapa hijau dapat melindungi tekanan darah supaya tetaplah normal. Dan berperan untuk melindungi kesehatan jantung.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.