Makanan Penyebab Penyakit Usus Buntu Yang Perlu Diwaspadai dan Dihindari

Posted on

Makanan Penyebab Penyakit Usus Buntu – Meskipun bukanlah satu-satunya penyebab munculnya penyakit usus buntu, ada beberapa jenis makanan tertentu yang dapat memperburuk dan berpengaruh pada masalah usus buntu.

Salah satu faktor mengapa makanan tertentu dapat menyebabkan penyakit usus buntu karena jenis makanan tertentu sulit dicerna sehingga menyebabkan pembentukan feses keras dan memiliki peluang besar tersangkut atau masuk ke umbai cacing alias usus buntuk dan menyebabkan peradangan.

Karena itulah, anda perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi untuk terhindar dari masalah penyakit usus buntu. Untuk mencegah terjadinya penyakit usus buntu, berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan penyakit usus buntu, antara lain:

Makanan Penyebab Penyakit Usus Buntu

Pada dasarnya tidak ada makanan yang menyebabkan peradangan pada usus buntu hanya saja ada beberapa makanan yang berpotensi mengganggu kelancaraan saluran pencernaan sehingga dapat menyebabkan sembelit, feses keras, hingga beresiko menyebabkan radang usus buntu hingga kanker usus.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan peradangan usus buntu, antara lain:

1. Pisang Muda
Pisang masak sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan, namun tidak dengan pisang muda. Pisang muda menyebabkan kontipasi dan mampu memicu radang usus buntu. Hal ini karena pisang muda masih memiliki kandungan zat tepung yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Pisang muda juga mengandung serat (pectin) yang akan menyerap dalam saluran cerna sehingga menyebabkan sembelit yang dapat memicu radang usus buntu.

2. Permen Karet
Menelan beberapa buah permen karet dalam jangka waktu berdekatan dapat menyebabkan masalah pencernaan apalagi jika dibarengi dengan mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna seperti biji-bijian yang dapat memperparah kondisi usus hingga terjadi peradanga pada usus buntu.

3. Kafein
Kafein juga termasuk salah satu makanan yang berpotensi menyebabkan radang usus buntu. Pada dasarnya kafein dapat menjadi stimulan yang dapat membuat seseorang menjadi sering buang air besar atau diare, namun dalam kondisi tubuh dehidrasi, minuman mengandung kafein seperti kopi, cola, teh hitam atau coklat dapat memicu sembelit karena menyebabkan feses menjadi keras.

4. Gluten
Jenis makanan selanjutnya yang dapat memicu peradangan usus buntu adalah Gluten. Gluten adalah protein yang dapat ditemukan dalam gandum, gandum hitam dan barley. Proteini tidak berbahaya bagi seseorang, namun pada seseorang yang memiliki alergi dan sensitif pada gluten dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, atau disebut dengan penyakit celiac. Oleh karena itu, pada penderita penyakit celiac tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan mengandung gluten karena dikhawatirkan dapat menyebabkan sembelit hingga radang usus buntu.

5. Kesemek
Kesemek adalah salah satu buah selanjutnya yang dapat memicu peradangan usus buntu. Rasa manis pada buah kesemek tidak terlalu berbahaya, namun rasa asam dan sepat pada buah ini dapat memperlambat pergerakan makanan dalam usus sehingga dapat menyebabkan radang usus buntu.

6. Daging Merah
Daging merah memiliki kandungan lemak dan tinggi zat besi yang dapat menyebabkan makanan ini lebih lama dicerna oleh usus. Karena itulah mengkonsumsi daging merah pada umumnya dapat menyebabkan sembelit di awal dan jika dibiarkan dapat meningkatkan resiko peradangan pada usus buntu.

7. Produk Olahan Susu
Mengkonsumsi produk olahan susu seperti keju, yogurt, susu dan es krim dalam jumlah banyak dapat meningkatkan peningkatan gas dan sembelit. Hal tersebut menyebabkan kondisi pencernaan menjadi kurang lancar sehingga memperbesar resiko terjadinya radang usus buntu.

8. Alkohol
Selain kafein, alkohol juga dapat memicu peradangan usus buntu. Hal ini karena alkohol menyebabkan dehidrasi dan memperlambat pencernaan sehingga dapat mengiritasi usus dan memperburuk gejala sembelit dan memicu radang usus.

9. Junk Food
Junk food seperti burger hingga kentang goreng memiliki kandungan tinggi lemak dan sedikit serat. Lemak pada junk food menyebabkan proses pencernaan menjadi lambat dan jika di konsumsi secara rutin dan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan konstipasi dan menyebabkan radang usus buntu.

10. Suplemen Makanan
Beberapa jenis suplemen makanan tinggi kalsium dan zat besi dipercaya dapat memicu terjadinya konstipasi dan jika dibiarkan dapat menyebabkan radang usus buntu. Jika memang anda dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen ini, sebaiknya harus diimbangi sengan konsumsi makanan kaya serat agar kondisi pencernaan tetap lancar.

11. Makanan Pedas
Mengkonsumsi makanan pedas juga dapat memicu peradangan usus buntu, karena makanan pedas memiliki sifat panas yang jika dikonsumsi berlebihan akan membuat usus terasa perih.

12. Makanan tinggi vetsin dan tinggi garam
Penyebab radang usus buntu selanjutnya yang paling sering terjadi adalah dari makanan yang mengandung penyedap rasa tinggi seperti vetsin dan tinggi daram, misalnya pada mie instan. Selain itu, makanan tersebut juga dapat memicu munculnya kanker ganas. Garam juga dapat menyebabkan iritasi pada usus.

Selain beberapa jenis makanan tersebut yang menjadi penyebab radang usus buntu, sebaiknya anda juga harus tetap menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola hidup sehat dan pola makan yang baik.

Itulah penjelasan tentang Makanan Penyebab Penyakit Usus Buntu  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.