40 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Efektif untuk Membantu Menyembuhkan

Posted on

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi – Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah Suatu kondisi dimaana terdapat terlalu banyak kolesterol dalam darah yang melebihi kadar normalnya. Pada keadaan normal kadar kolesterol seseorang berkisar antara 160-200 mg, sedangkan dikatakan dalam fase berbahaya jika kadar kolesterol lebih dari 240 mg karena dapat menyebabkan stroke. Menurut laporan WHO pada tahun 2011, diperkirakan sekitar 35 persen penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal yang baik untuk kesehatan. Artinya sepertiga penduduk Indonesia berisiko tinggi terkena penyakit arteri.

Total Kolesterol

< 200 mg/dl—– – ideal
200-239 mg/dl— ambang batas resiko tinggi
240 > ————– risiko tinggi

Pada kondisi normal, kolesterol dalam tubuh berfungsi untuk membantu sel-sel baru agar tubuh dapat berfungsi secara normal. Kolesterol juga berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Sedangkan pada kondisi kolesterol yang tinggi akan lebih rentan terjangkit berbagai jenis penyakti seperti terjadinya penyempitan arteri (aterosklerosis), penggumpalan darah, stroke, dan serangan jantung. Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit didada bagian depan atau pada lengan ketika seseorang mengalami stress atau mengerjakan kegiatan fisik berat.

Dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein. Gabungan keduanya disebut dengan Lipoprotein. Terdapat dua jenis lipopreotein yaitu:

  • Lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang biasa disebut dengan kolesterol jahat
  • Lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) yang biasa disebut dengan kolesterol baik

LDL bekerja untuk mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel yang membutuhkan. Namun jika kolesterol yang diangkut melebihi kebutuhan, maka kolesterol akan mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit. Sedangkan HDL berkerja untuk mengangkut Kolesterol kembali ke dalam organ hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan atau dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran.

Jadi dapat disimpulkan jika semakin tinggi kadar LDL dalam tubuh maka semakin tinggi kemungkinan Anda terkena penyakit jantung. Dan sebaliknya, semakin tinggi kadar HDL dalam darah, semakin rendah kemungkinan Anda terkena penyakit jantung.

Timbulnya Berbagai Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Secara garis besar, diatas kita sudah menjelaskan tentang masalah kolesterol tinggi. Dalam pikiran anda pasti terlintas mengapa kolesterol tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit mengerikan? Simak penjelasan berikut.

Penyakit yang timbul akibat terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah arteri adalah penyakit jantung koroner. Plak tersebut terbentuk dari kolesterol/lemak, kalsium atau zat lain yang dapat menyumbat darah. Dan kondisi tersumbatnya darak akibat terbentuknya plak disebut dengan Aterosklerosis.

Semakin lama plak pada dinding pembuluh arteri akan menumpuk sehingga membatasi beredaran darah yang mengandung oksigen ke jantung. Akibat terbatasnya terbatasnya oksigen yang masuk kedalam jantung menyebabkan dinding darah tersebut mengeras dan mengalami keretakkan serta mengakibatkan penggumpalan dalam pembuluh darah. Jika penggumpalan darah terlalu besar maka akan membuat aliran darah pada pembuluh darah koroner tersebut benar-benar tersumbat.

Tersumbatnya aliran darah tersebut akan menyebabkan berbagai penyakit yang ditimbulkan karena bagian-bagian seperti jantung dan otak membutuhkan pasokan darah yang mengandung oksigen.

Kurangnya pasokan oksigen pada jantung dapat menyebabkan serangan jantung atau angina yang ditandai dengan bagian jantung terasa tertekan. Untuk kasus angina, rasa sakit ini dapat dirasakan juga pada bagian tubuh lain seperti tangan, lengan, leher, rahang, dan punggung. Serangan jantung terjadi apabila pasokan oksigen dalam darah pada otot jantung berkurang dan menyebabkan otot tersebut mati. Hal ini dapat menyebabkan kematian pada penderitanya apabila tidak ditangani secara serius.

Gejala Kolesterol Tinggi

Sebelum kita mengetahui cara untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu gejala yang sering muncul terjadi pada penderita kolesterol tinggi.

  1. Sering merasa kesemutan meskipun belum duduk terlalu lama
  2. Sering merasa mual dan muntah
  3. Sering merasa tidak nyaman, mulai hilang keseimbangan dan otot-otot mulai melemah
  4. Merasa nyeri pada bagian belakang leher dan punggung
  5. Terjadi perubahan emosi seperti mudah marah padahal disebabkan karena hal sepele
  6. Sama seperti pada hipertensi, penderita kolesterol tinggi juga menyebabkan sakit kepala
  7. Otot kaki terasa melemah yang disebabkan kekurangan pasokan darah ke otot kaki
  8. Merasa nyeri pada bagian dada
  9. Merasa sulit bernafas dan terasa berat

Mengingat betapa bahayanya masalah kolesterol tinggi. Jika anda memiliki gejala-gejala seperti diatas, langkah paling tepat adalah dengan melakukan pemeriksaan Dokter dan melakukan tes darah dikolesterol.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Ada banyak faktor yang menyebabkan kolesterol tinggi salah satunya adalah gaya hidup tidak sehat. Kategori beberapa gaya hidup sehat yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi diantaranya :

  1. Kebiasan hidup tidak sehat yang pertama adalah mengkonsumsi makanan tidak sehat. Tingginya kandungan lemak dalam makanan tersebut memiliki pengaruh besar terhadap kadar kolesterol tinggi. Beberapa jenis makanan dengan tinggi lemak jenuh seperti santan, jeroan, otak sapi, daging kambing, daging bebek dengan kulit, kulit ayam, kerang, udang, cumi, dan telur burung puyuh.
  2. Tidak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga
  3. Perokok akan lebih tinggi terserang kolesterol tinggi karena dalam rokok ditemukan zat kimia akrolein yang dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik atau HDL untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Sehingga timbunan lemak tersebut mengendap dan terjadi penyempitan arteri.
  4. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol.
  5. Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas

Makanan Penurun Kolesterol 

Cara paling mudah yang dapat anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah dengan mengubah kebiasaan gaya hidup tidak sehat dengan menggantinya lebih sehat, salah satunya adalah sengan memilih makanan yang anda konsumsi.

Jenis makanan yang baik untuk anda konsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) seperti :

1. Ikan Salmon
Ikan salmon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jika dimasak tanpa mengunakan minyak. Selain itu, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik untuk kesehatan jantung, sedangkan omega-3 untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL).

2. Ikan Omega-3
Jenis ikan yang mengandung omega 3 diantaranya seperti kan kembung, sarden, tuna, trout, makarel, dan salmon akan menurunkan kolesterol jahat. Omega 3 juga terdapat pada minyak canola. Selain memang baik untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi, ikan omega 3 juga baik untuk kesehatan jantung dan membantu menurunkan resiko terjadinya pembekuan darah serta resiko kematian.

3. Beras Merah
Untuk membantu menurunkan kadar lemak darah, anda dapat mengkonsumsi beras merah. Kandungan Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Sealin itu, kandungan serat yang tinggi akan membantu menurunkan gula darah.

4. Gandum
Gandum dapat anda konsumsi sebagai alternatif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Gandum adalah sereal begizi sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah.

5. Bayam
Untuk membantu menurunkan kolesterol, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi semangkuk sup bayam atau segela jus bayam, selain ampuh untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi, jus bayam uga baik untuk menurunkan darah tinggi. Sedangkan senyawa lutein dalam bayam berguna untuk menjaga kesehatan mata, selain itu bayam juga berfungi untuk menjaga kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak jahat dalam pembuluh darah.

6. Buncis
Buncis memiliki kadar lemak yang rendah serta memiliki sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh penderita diabetes.  Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda dapat mengkonsumsi jus buncis secara rutin.

7. Kedelai
Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat. Kacang kedelai dapat dikonsumsi melalui beberapa jenis olahan seperti dalam tahu, tempe, susu kedelai dan lainnya.

8. Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari atau kuaci memiliki kandungan sterol yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

9. Bawang Putih
Bawang putih memang dipercaya ampun untuk mengatasi masalah kesehatan, salah satunya yaitu untuk membantu menurunkan kolesterol jahat. Konsumsi bawang putih secara langsung dengan dikunyah terlebih dahulu secara rutin.

10. Seledri
Seledri tinggi akan kandungan antioksidan yang dikenal efektif untuk menurunkan resiko penyakit jantung atau mencegah oksidasi LDL. Anda dapat mengkonsumsi seledri melalui sup, tumisan atau di buat jus seledri.

11. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan seperti mede, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol. Kacang panjang akan mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Jenis kacang-kacang tersebut juga mengandung Vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berguna untuk kesehatan jantung. Namun hindari mengkonsumsi
jenis kacang-kacangan yang telah dicampur dengan garam dan gula.

12. Kacang Hazelnut
Kacang Hazelnut memiliki lemak monosaturated yang berkhasiat juntuk menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit sumbatan arteri jantung koroner.

13. Tomat
Kandungan likopen dalam buah tomat mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

14. Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung zat flavonoid yaitu senyawa yang mampu menghambat produksi LDL

15. Jambu Biji Merah
Jambu biji merah mengandung likopen yang memiliki peran untuk mengendalikan produksi kolesterol.

16. Delima
Kandungan senyawa yang terdapat dalam buah delima mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta menghilangkan plak dalam aliran darah. Selain itu, buah delima juga efektif untuk meningkatkan produksi oksida nitrat yang berperan untuk membersihkan plak dalam darah.

17. Mangga
Buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah kolesterol jahat teroksidasi sehingga menyebabkan plak dalam tubuh.

18. Jeruk Lemon
Jeruk lemon kaya akan vitamin C dan senyawa yang berperan untuk mengurangi produksi apo-b yaitu sejenis zat yang memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Selain itu, jeruk lemon juga memiliki anti oksidan yang berperang untuk mengurangi oksidan LDL.

19. Blueberry
Jenis buah berry mengandung pterostilbene yang memiliki fungsi sebagao antioksidan dalam tubuh. Sehingga akan
membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

20. Anggur
Senyawa flavonoid dalam buang anggur memiliki peran dalam membantu menurunkan kolesterol, mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan serat yang tinggi dan zat catechin dalam buah anggur juga berperan dalam membantu menurunkan kolesterol tinggi.

21. Buah Zaitun
Minyak zaitun kaya akan antioksidan (zat hydroxytyrosol) yan berperan tinggi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan tidak mengurangi tingkat kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Konsumsi minyak zaitun 2 sendok sehari atau campurkan pada salad.

22. Apel
Zat Beta-glucan dalam buah apel berperan untuk mengontrol produksi kolesterol dalam darah. Sumber serat larut yang menurunkan kolesterol mencegah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke.

23. Cuka Apel
Selain buahnya, cuka apel juga dapat anda manfaatkan untuk membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). KOnsumsi cuka apel secara rutin.

24. Semangka
Dalam buah semangkan mengandung senyawa likopen yang juga baik untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah.

25. Pir
Sama seperti buah apel, buah pir juga memiliki serat larut dan membentuk substansi seperti gel termasuk pektin. Kandungan pektin dalam buah pir lebih tinggi dibandingkan dalam buah apel, karena itulah buah pir dapat anda jadikan sebagai buah untuk membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, kandungan pektin dalam buah pir juga membantu membersihkan usus dan melancarkan buang air besar.

26. Pisang
Buah pisang tinggi akan kandungan serat yang baik anda konsumsi untuk membantu mengurangi kolesterol tinggi dalam darah. Kandungan kalium dalam pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, hingga menurunkan kelesterol dan menyehatkan jantung.

27. Brokoli
Brokoli memiliki kandungan flavonoid yaitu senyawa yang mampu menghambat produksi LDL. Konsumsi brokoli dengan cara dikukus atau direbus tanpa garam atau dibuat sebagai juice.

28. Biji ketumbar
Anda dapat memanfaatkan biji ketumbar untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dengan cara merebus 2 sendok ketumbar lalu minum air rebusannya pada pagi dan malam hari.

29. Kayu Manis
Kayu manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengurangi gula darah, trigliserida, kolesterol jahat yang berlebih pada penderita diabetes tipe 2. Cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati kolesterol dengankayu manis adalah sengan merebus 2 ikat kayu manis dalam satu panci air selama 20 menit, dan konsumsi rebusan tersebut 2 kali sehari.

30. Teh Hitam
Teh hitam selain berkhasiat untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker, juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hitam akan memberikan efek tenang, dan mencegah pembekuan darah pada pembuluh darah.

31. Teh Hijau
Selain teh hitam, teh hijau mengandung theanine, polifenol katekin yang dapat anda konsumsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah kolesterol jahat.

32. Juise Sanapis
Juice sanapis adalah kombinasi dari sayuran, nanas dan jeruk nipis. Kombinasi tersebut sangat baik untuk anda konsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. caranya dengan blender 3 jenis bahan tersebut dan konsumsi 2 kali sehari pada pagi dan sore.

33. Rimpang Jahe
Selain memiliki efek untuk menghangatkan, memberikan efek nyaman dalam tubuh, dan memelihara kesehatan jantung. Rimpang jahe ternyata baik untuk melancarkan sirkulasi darah, mengurangi kolesterol dan mengurangi risiko terkena stroke. Konsumsi minuma jahe secara rutin untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

34. Kacang Kenari
Kacang kenari memiliki banyak sekali nutrisi yang hampir seluruhkan berperan penting dalam tubuh. Seperti serat, asam lemak Omega-3 dan selenium, berperang penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL).

35. Oatmeal
Oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta-glucan, yang terdapat juga pada buah pir dan plum. Sarapan oatmeal setidaknya 3 gram dapat mengurangi kolesterol berlebih sebesar 8 – 23% pada orang yang memang memiliki kolesterol tinggi.

36. Kacang Almond
Kacang almond memiliki kandungan steroo yaitu senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalma tubuh. Namun jagan kongsumsi kacang almond secara berlebihan karena kacang ini juga kaya akan kalori yang dapat merusak kesehatan.

37. Coklat
Untuk anda pecinta coklat pasti akan sangat bahagia karna ternyata coklat mampu membantu menurunakan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Namun jenis cokelat yang baik adalah cokelat yang mengandung antioksidan tinggi dan flavonoid berkualitas yang biasanya memiliki rasa pahit.

38. Yoghurt
Yoghurt memiliki kandungan bebas lemak, dan kaya protein, kalsium, mikroorganisme (Lactoballius sp) yang membantu menurunkan kolesterol tinggi.

39. Rimpang Kunyit
Selain rimpang jahe, rimpang kunyit juga berperan untuk mencegah pembekuan yang diakibatkan penumpukan kadar kolesterol tinggi.

40. Olahraga Teratur
Lakukan aktivitas fisik setiap harinya untuk membantu menurunkan kadar Kolesterol LDL dan meningkatkan HDL. Anda dapat melakukan aktivitas fisik seperti jalan sehat, jogging, bersepeda dan lainnya untuk mengurangi adanya sumbatan dalam arteri.

Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi

Hindari jenis makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh atau lemak pada daging seperti:

  • Daging Kambing
  • Ikan Laut, Seafood Seperti Cumi – Cumi, Kepiting, Udang, Kerang Dan Siput
  • Makanan Bersantan
  • Jeroan
  • Keju
  • Mentega
  • Coklat manis Dan Susu
  • Kuning Telur
  • Telur Burung Puyuh
  • Junk Food (Hotdog, Burger, Pizza dll)

Saat kolesterol tinggi maka kolesterol akan membuat arteri makin menyempit, dan membuat aliran darah bisa terhambat. Hal ini akan mengurangi jumlah darah yang sampai ke jaringan tubuh. Kolesterol berlebihan bisa memicu penyakit lainya seperti :

  • Darah Tinggi
  • Penyakit Jantung
  • Stroke
  • Batu Empedu
  • Diabetes Melitus Tipe 2
  • Gangguan Sistem Pencernaan
  • Disfungsi Ereksi

Untuk terhindar dari masalah kolesterol tinggi, sebaiknya mulai sekarang ubah gaya hidup dan pola makan yang sehat. Itulah penjelasan tentang Makanan Penurun Kolesterol Tinggi . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.