16 Makanan Penghancur Batu Ginjal Alami Efektif dan Aman Dilakukan Tanpa Efek Samping

Posted on

Makanan Penghancur Batu Ginjal Alami – Ginjal memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh, karena itu jika ginjal mengalami masalah maka akan menimbulkan masalah atau komplikasi penyakit lain. Ginjal memiliki fungsi utama yaitu membentuk urin untuk mengeluarkan berbagai zat-zat beracun dari dalam tubuh. Zat-zat beracun tersebut merupakan sampah dari sisa hasil metabolisme tubuh yang tidak terpakai dan dikeluarkan dalam bentuk urine.

Itulah fungsi kerja ginjal yang paling utama dalam tubuh manusia. Namun adakala kodisi tubuh manusia tidak selalu dalam keadaan sehat. Adakalanya ginjal tidak berfungsi dengan baik, salah satu penyebab ginjal tidak berfungsi dengan baik adalah karena adanya batu ginjal yang menghambat kinerja ginjal. Masalah batu ginjal biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak sehat serta tubuh mengalami dehidrasi.

Penderita batu ginjal biasanya paling ampuh diatasi dengan melakukan operasi untuk mengangkat batu ginjal. Meskipun dinilai aman dan efektif, cara ini dianggap mahal dan tidak praktis karena butuh prosedur panjang yang harus dilewati sebelum melakukan operasi. Cara lain untuk mengangkat batu ginjal adalah dengan mengkonsumsi makanan penghancur batu ginjal.

Makanan Penghancur Batu Ginjal

Salah satu cara untuk menghancurkan batu ginjal adalah dengan menghacnurkan atau meluruhkan batu ginjal. Penghancuran batu ginjal dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada sebagian mereka yang menggunakan bahan kimia untuk menghancurkannya, ada pula yang menghindari penggunaan obat kimia yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk menghancurkan batu ginjal. Untuk menghancurkan batu ginjal dengan bahan alami, anda dapat menggunakan beberapa cara berikut ini, antara lain:

1. Apel
Apel dapat meluruhkan batu ginjal karena kandungan antioksidan yang ada di dalam apel. Beberapa antioksidan tersebut berupa vitamin A dan juga vitamin C. Jenis vitamin tersebut dapat meluruhkan adanya batu ginjal. Cara mengonsumsi buah apel ini supaya meluruhkan batu ginjal dapat keluar adalah mengonsumsi 2 buah apel segar secara rutin setiap hari.

2. Semangka
Semangka sangat tinggi kandungan air, hingga semangka dijadikan sebagai alternatif bagi anda yang sulit minum. Banyak mengkonsumsi semangka juga akan memudahkan batu ginjal luruh dari saluran kandung kemih. Selain itu, mengkonsumsi semangka juga membantu membilas bagian dalam ginjal tanpa merasakan sakit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, dianjurkan untuk mengkonsumsi semangka sebanyak 300-500gram/hari. Mengkonsumsi semangkan terlalu banyak dapat menyebabkan darah rendah dan memicu diare.

3. Anggur
Anggur memiliki manfaat juga untuk membantu meluruhkan batu ginjal, hal ini karena anggur memiliki kandungan nutrisi yang dapat menyembuhkan penyakit secara alami. Cara menyembuhkan batu ginjal dengan anggur adalah dengan mengkonsumsi anggur beserta kulit dan bijinya setiap hari. Biji anggur memiliki antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya sehingga aman dikonsumsi.

4. Asparagus
Asparagus mempunyai kandungan senyawa asparagin. Senyawa asparagin merupakan senyawa yang berfungsi untuk memecah batu ginjal sehingga memudahkan batu ginjal keluar dari saluran kandung kemih. Mengonsumsi asparagus secara rutin setiap hari akan sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi Anda yang memiliki penyakit batu ginjal.

5. Minyak Zaitun dan Jus Lemon
Kombinasi Minyak Zaitun dan Jus Lemon menghasilkan minuman menyegarkan dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Kombinasi keduanya dipercaya mampu mengurangi keluhan batu ginjal dalam waktu 24 jam. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan minyak zaitun dan jus lemon dengan perbandingan yang sama dan minum secara teratur 1 kali setiap hari saat menjelang tidur malam.

6. Bunga Dandelion
Bunga dandelion biasa tumbuh liar didataran tinggi. Namun, siapa sangka jika bunga dandelion memiliki manfaat sebagai tanaman herbal yang dapat membantu mengatasi batu ginjal. Untuk meluruhkan batu ginjal secara alami, anda dapat mengonsumsi bunga dandelion dengan mengubahnya menjadi ramuan khusus.

7. Buah Berry
Buah berry buah yang dikenal dengan rasanya yang lezat. BUah berry memiliki bentuk kecil nan imut ini memiliki banyak jenis seperti stroberi, blackberry, blueberry, cranberry, dan lain sebagainya. Jenis buah berry yang banyak mengandung manfaat untuk mengatasi penyakit ginjal adalah cranberry dan blueberry.

8. Lemon
Lemon memiliki manfaat untuk mengurangi batu ginjal yang sudah telanjur terbentuk di dalam tubuh. Lemon berfungsi untuk mencairkan batu ginjal yang berukuran kecil-kecil lalu membuangnya keluar tubuh. Kandungan citrus dari lemon yang berkhasiat untuk mencairkan batu ginjal.

9. Cuka Apel
Cauka sari apel juga bermanfaat untuk menghancurkan batu ginjal, ia bekerja dengan mencairkan batu ginjal serta mengelurakannya dari dalam tubuh. Cuka sari apel juga mencegah penyakit batu ginjal kambuh lagi dimasa mendatang. Kandungan asam sitrat dari cuka apel yang berperan untuk mencairkan batu ginjal. Agar hasilnya maksimal, cuka sari apel dikonsumsi dengan cara dimasukkan sebanyak dua sendok makan ke dalam air putih. Lalu minum tiga kali sehari, pagi, siang dan sore setiap hari.

10. Delima
Buah delima memiliki kandungan astrigen yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Selain itu delima juga mampu mencegah batu ginjal jenis tertentu terbentuk dan antioksidannya dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Sebaiknya meminum jus buah delima sebanyak satu atau dua gelas setiap harinya untuk hasil maksimal.

11. Alpukat
Alpukat merupakan buah dengan kandungan magnesium tinggi. Magnesium dalam alpukat berguna untuk menghambat bersatunya oksalat dengan kalsium. Sehingga dengan mengkonsumsi alpukat dapat mencegah dan mengurangi pembentukan batu ginjal jenis oksalat.

12. Melon
Buah melon kaya akan potasium. Zat ini merupakan sejenis garam yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Melon juga merupakan jenis buah diuretik yang dapat membantu mengeluarkan urin.

13. Pisang
Sama seperti alpukat, pisang juga tinggi magnesium yang merupakan zat yang berguna untuk memperlambat pembentukan batu ginjal. Cara terbaik untuk mengkonsumsi pisang untuk penyembuhan batu ginjal adalah dengan dibuat smoothie. Minum smoothie pisang setiap hari pada malam hari sampai batu ginjal dapat dikeluarkan. Mencampur buah alpukat dan buah pisang juga sangat berkhasiat untuk mengobati batu ginjal. Buat smoothie dari dua buah ini dan tambahkan dua sendok madu.

14. Jeruk
Jeruk memiliki kandungan sitrat didalamnya yang bermanfaat mencegah pembentukna batu ginjal dengan caram menambah sitrat dan mengurangi tingkat keasaman pada urin.

15. Kurma
Kurma mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini mampu menurunkan resiko pembentukan batu ginjal. Kurma juga mengandung magnesium yang baik untuk pembersihan ginjal. Cara terbaik dalam mengkonsumsi kurma untuk penyembuhan batu ginjal adalah dengan merendamnya di dalam air selama semalam, lalu dikonsumsi dengan terlebih dahulu membuang bijinya.

16. Cranberi
Cranberi adalah buah yang berasal dari tumbuhan rawa di Amerika utara. Bentuk tumbuhannya adalah belukar. Buahnya mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Meminum jus cranberi dapat meningkatkan magnesium dan sitrat di dalam urin.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Makanan Penghancur Batu Ginjal Alami yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..