52 Makanan Pelancar dan Penyubur ASI yang Bagus Untuk Ibu Menyusui

Posted on

Makanan Pelancar dan Penyubur ASI  – Kita semua tentu sudah memahami jika ASI memiliki peranan yang sangat penting bagi Bayi. Namun biasanya yang menjadi hambatan bagi ibu-ibu menyusui adalah produksi ASI mereka mengalami hambatan sehingga ASI tidak lancar dan hanya memproduksi sedikit ASI. Hal tersebut tentu saja berpengaruh pada kondisi kesehatan bayi.

Sebagai orang tua pasti kita akan memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta. Salah satunya adalah dengan berusaha memberikan ASI ekslusif pada bayi hingga usia 6 bulan. Jika produksi ASI tidak lancar, ibu akan berusaha mencari cara untuk melancarkan produksi ASI. Seperti mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat melancarkan ASI. Mengkonsumsi mekanan pelancar ASI lebih baik dilakukan dibanding dengan mengkonsumsi suplemen Pelancar ASI. Hal ini karena makanan memiliki senyawa Galakgogus, yaitu senyawa yang dapat merangsang peningkatan produksi ASI.

Menurut piramid yang dipopulerkan oleh dr Nila Amarila SpKK, ibu menyusui membutuhkaan nutrisi sektar 2500 kalori. Dari total tersebut disarankan untuk mendapatkan asupan kalori dari makanan sumber karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein dan lemak, serta kalsium dan zat besi.

Makanan Pelancar dan Penyubur ASI

Untuk melancarkan produksi ASI, berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu anda untuk melancarkan produksi ASI.

1. Kacang Almond
Kacang almond memiliki kandungan kalsium yang baik untuk meningkatkan kualitas ASI sehingga akan mempermudah anda untuk mencukupi asupan ASI ekslusif untuk buah hati anda.

2. Kacang Edamame
Kacang edamame memiliki kandungan vitamin K, asan folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium, yang bermanfaat untuk menambah ASI serta bagus untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui.

3. Pepaya
Pepaya memiliki kandungan 33% vitamin dan 50% kalium yang sangat baik untuk menyuburkan ASI. Kalium bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui, sedangkan kekurangan kalium berpotensi menyebabkan depresi dan akan mengganggu ketika menyusui bayi anda.

4. Bayam Merah atau Bayam Hijau
Bayam memiliki kandungan zat besi, vitamin B6, asam folat, thiamin, ribloflavin, protein, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, kalium hingga vitamin C, E dan K. Vitamin B6 mampu membangun sistem kekebalan tubuh bayi dan juga bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI. Selain itu, bayam juga rendah kalori dan tidak mengandung lemak.

5. Pare
Meskipun memiliki rasa pahit yang tidak disukai pare memiliki manfaat untuk melancarkan ASI. Hal ini karena pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia serta anti oksidan. Selain untuk melancarkan produksi ASI, mengkonsumsi pare juga membuat bayi cepat merasa kenyang dan kualitas ASI menjadi kental.

6. Semangka
Semangkan memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin ibu menyusui. Selain itu semangka juga tinggi vitamin C, kalium dan asam folat, kadar airy yang tinggi pada semangka juga baik untuk asupan cairan tubuh.

7. Ubi
Ubi yang berwarna orange sabgat baik dikonsumsi ibu menyusui, selain bermanfaat sebagai pelancar ASI, ubi juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI yang baik untukn buah hati.

8. Wortel
Wortel telah lama dikenal sebagai makanan pelancar ASi dan meningkatkan produksi ASI. Hal ini karena ASI mengandung enzim phytoestrogens yang berguna untuk memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak. Selain itu, wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, terutama beta karoten.

9. Asparagus
Asparagus memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk mempertahankan pasokan ASI sehingga produksi ASI tetap lancar dan mampu memenuhi kebutuhan bayi. Kandungan asam folat pada asparagus yang tinggi bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh.

10. Jambu Air
Jambu air memiliki kadar air yang tinggi dan bersifat mendinginkan serta dapat memberikan rasa tenang dan menetralisir rasa tertekan pada ibu pasca melahirkan. Selain itu, jambu air juga kaya kandungan vitamin A, C, kalsium, fosfor, dan zat besi yang bermanfaat mendukung kebutuhan kalsium yang juga mampu meningkatkan peranan otot dan saraf,sedangkan vitamin A bermanfaat untuk melindungi sistem kekebalan tubuh bayi dan meningkatkan ketahanan terhadap infeksi.

11. Oatmeal
Oatmeal memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang bisa memperbaiki kualitas ASI dan meningkatkan kualitas nutrisi pada ASI sehingga ibu yang menyusui terhindar dari penyakit anemia dan juga bayinya.

12. Kacang Hijau
Kandungan zat besi pada kacang hijau baik untuk tumbuh kembang bayi dan mencegah bayi terkena anemia. Selain itu kacang hijau juga dapat menstimulus hormon oksitosin, Seperti kita ketahui jika mood yang baik pada ibu menyusui akan memicu hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI.

13. Labu Siam
Labu siam dapat mencukupi 23% kebutuhan asam folat dalam tubuh yang berfungsi untuk pembentukan sel, hemoglobin dalam darah serta membantu perkembangan jaringan tubuh pada bayi. Selain itu, labu siam juga mengandung vitamin C, B Kompleks dan beberapa mineral seperti fosfor, seng dan tembaga.

14. Habbatussauda (Jinten Hitam)
Habbatussauda (Jinten Hitam) memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh dan memiliki struktural hormonal yang mampu melancarkan produksi ASI. Selain itu, Habbatussauda (Jinten Hitam) juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh ibu menyusui.

15. Daun Katuk
Daun katuk memiliki komposisi protein, kalium dan fosfor yang baik untuk melancarkan produksi ASI. Dengan mengkonsumsi daun katuk, dapat meningkatkan volume ASI hingga menyentuh prosentase sebesar 50%.

16. Daun Pepaya
Selain buahnya, daun pare juga dapat dijadikan sebagai salah satu makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI dan meningkatkan kualitas ASI untuk bayi anda.

17. Ikan Salmon
Ikan salmon banyak mengandung lemak DHA yang baik untuk perkembangan saraf bayi dan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan lemak DHA sekaligus membantu menyeimbangkan mood ibu menyusui.

18. Blueberry
Blueberry tinggi antioksidan yang dapat memenuhi kebutuhan ibu menyusui. Blueberry memiliki kandungan vitamin dan mineral serta karbohidrat untuk menjaga energi ibu hamil.

19. Daging merah
Daging sapi tanpa lemak bermanfaat untuk mengoptimalkan energi bagi ibu menyusui. Hal ini karena adanya kandungan zat besi, protein hewani dan vitamin B 12 pada daging sapi tanpa lemak.

20. Beras Merah
Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, mengkonsumsi beras merah saat menyusui juga bermanfaat untuk membantu melancarkan produksi ASI.

21. Telur
Telur bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan protein harian tubuh, selain itu protein juga bermanfaat untuk perkembangan tulang pada bayi dan menguatkan tulang sang ibu.

Makanan pelancar ASI lainnya

  1. Bawang putih
  2. Biji fenugreek
  3. Flaxseed
  4. Kacang-Kacangan
  5. Jeruk
  6. Roti Gandum
  7. Air
  8. Kurma
  9. Melon
  10. Pisang
  11. Jangung
  12. Minyak zaitun
  13. Biji adas
  14. Daun kelor
  15. Paha ayam
  16. Daun kemangi
  17. Aprikot
  18. Wijen
  19. Susu saou
  20. Daun Dill
  21. Biji poppy
  22. Barley
  23. Buncis
  24. Yoghurt
  25. Ikan kembung
  26. Labu kuning
  27. Kacang lentil
  28. Plum
  29. Alpukat
  30. Brokoli
  31. Kacang Arab

Selain dengan mengkonsumsi makan diatas untuk membantu melancarkan ASI, anda juga perlu mengimbangi dengan pola hidup sehat. Ibu menyusui juga harus menghindari konsumsi alkohol, mengandung kafein dan makanan yang mengandung merkuri.

Itulah penjelasan tentang  Makanan Pelancar dan Penyubur ASI . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.