Makanan dan Minuman Terbaik yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Saat Menstruasi

Posted on

Makanan dan Minuman Terbaik yang Dianjurkan Saat Menstruasi –  Pada masa menstruasi biasanya dapat mengakibatkan perubahan pada tubuh wanita. Wanita pada masa menstruasi biasanya lebih ingin ngemil makanan yang manis-manis seperti cokelat atau cake. Hal tersebut disebabkan karena pada saat menstruasi hormon wanita sedang tidak stabil, sehingga kebutuhan gizi dalam tubuhnya ikut berubah-ubah.

Namun tahukah anda, jika tidak semua makanan baik dikonsumsi pada saat menstruasi. Penting untuk menjaga dan memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi pada sebelum, saat dan sesudah menstruasi. Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang baik dikonsumsi pada saat masa menstruasi.

Jenis Makanan dan Minuman yang Baik saat Menstruasi

1. Jeruk
Sebuah penelitian menyebutkan, wanita yang memiliki tingkat kalsium dan vitamin D tinggi cenderung tidak mengalami gejala menstruasi yang terlalu intens. Hal ini karena kalsium dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan otak, sedangkan vitaminD berfungsi mengatur enzim yang mengubah triptofan menjasi serotonin (neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati).

2. Selai Almond
Mengkonsumsi selai almond dapat meningkatkan asupan serat dan protein yang membantu menstabilkan gula darah. Dengan begitu akan membantu mengurangi keinginan untuk ngemil makanan yang kurang sehat.

3. Roti Gandum
Gandum memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Gandum merupakan sumber magnesium karena dapat membantu mengurangi ketegangan otot, serta mengandung vitamin B dan E yang telah ditunjukkan dapat melawan rasa lelah dan depresi, terutama ketika menstruasi.

4. Pisang
Kandungan vitamin B6, magnesium dan kalium tinggi yang dapat membantu mengurangi retensi air dan perut kembung yang biasa terjadi pada saat haid.

5. Semangka
Saat masa menstruasi biasanya seseorang ingin mengkonsumsi makanan manis. Untuk itu, lebih baik konsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti buah semangka, buah ara, atau buah plum. Jenis buah tersebut juga dapat membantu melawan perut kembung dan diare yang kadang terjadi pada saat menstruasi.

6. Konsumsi Teh Chamomile
Mengkonsumsi teh chamomile bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa cemas dan mengurangi rasa mudah tersinggung pada saat menstruasi. Namun hindari teh chamomile jika perut sudah merasa kembung.

7. Teh Jahe
Kandungan fitronutrien pada jahe dapat memberikan manfaat mengatur hormon dan enzim. Sedangkan pada saat menstruasi, jahe dapat memberikan manfaat melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sebagai anti peradangan yang mampu mengurangi resiko nyeri saat menstruasi.

8. Jus Pepaya dan Apel
Mengkonsumsi jus campuran buah pepaya dan buah apel memiliki manfaat meningkatkan asupan vitamin dan mineral yang tinggi serta membantu melancarkan menstrasi. Hal ini karena kandungan zat dan gizi pada pepaya tersebut mampu merangsang peluruhan sel saat menstruasi pada dinding rahim.

9. Minuman rempah
Mengkonsumsi minuman rempah memberikan manfaat luar biasa dalam tubuh pada saat menstruasi. Hal ini karena kandungan fitronutrien dan antioksidan yang tinggi, serta dapat memberikan sensasi hangat pada tubuh.

10. Konsumsi jamu kunyit
Mengkonsumsi jamu kunyit juga bermanfaat untuk menjaga tubuh saat menstruasi. Selain itu, jamu kunyit juga mengandung antiseptik atau antibakteri alami. Mengkonsumsi jamu kunyit juga bermanfaat sebagai pereda nyeri dan anti peradangan. Hal ini ampuh untuk mengusir rasa sakit saat menstruasi.

Itulah penjelasan tentang Makanan dan Minuman Terbaik yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.