58 Makan Super atau Super Food Terbaik di Indonesia yang Baik Untuk Energi dan Kesehatan

Posted on

Makan Super atau Super Food Terbaik di Indonesia yang Baik Untuk Energi dan Kesehatan – Superfood adalah kelompok makanan yang dianggap kaya nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Tren superfood memanfaatkan fakta bahwa pilihan gaya hidup sehat termasuk diet, dapat mengurangi risiko kita terhadap penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Meskipun tidak ada daftar kriteria yang disetujui dari sejumlah makanan tertentu untuk mementukan apakah makan tersebut tergolong dalam superfood atau tidak, saat ini kesadaran masyarakat untuk hidup sehat membuat superfood semakin banyak diburu.

Sebenarnya, pelabelan superfood untuk beberapa jenis produk tidaklah menjadi ukuran seseorang untuk tetap terjaga kesehatannya. Karena yang paling penting adalah kita harus cerdas memilih jenis makanan yang tinggi nilai gizi dan nutrisi bagi tubuh. Berikut ini beberapa pilihan atau daftar menu makan super atau “Super Food” yang dapat anda jadikan sebagai salah satu menu sehat anda sehari-hari.

  1. Brokoli
    Brokoli kaya senyawa magnesium dan vitamin C yang berkhasiat membantu melawan infeksi, virus dan menjadi salah satu nutrisi yang membantu meningkatkan imunitas tubuh.
  2. Quinoa
    Quinoa merupakan serealia semu yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Quinoa dapat dijadikan sebagai alternatif nasi yang memiliki kandungan protein lengkap, sedikit karbohidrat dan lemak sehat, asam amino yang disebut lisin, demikian pula dengan vitamin B6, tiamin, niasin, kalium, riboflavin, tembaga, zin, magnesium, dan asam folat.
  3. Kale
    Kale adalah sayuran hijau gelap tinggi serat, kaya vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selainitu kale juga mengandung lutein yaitu yang bermanfaat bagi kulit, wajah dan mencerahkan bagian lingkar mata.
  4. Blueberry
    Blueberry kaya akan vitamin, serat larut dan fitokimia. Nutrisi yang sama juga ditemukan dalam banyak jenis buah, termasuk stroberi dan cranberry. Asupan tinggi fitokimia atau flavonoid dapat mengurangi risiko kondisi jantung tertentu pada wanita muda.
  5. Kacang Pecan
    Kacang pecan memiliki kandungan antioksidan dan mineral yang cukup tinggi. Selain itu, kacang ini juga kaya akan vitamin E yang berfungsi menangkal radikal bebas. Vitamin E juga digadang dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia, penyakit perlemakan hati, katarak, diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker.
  6. Oat
    Oat memiliki protein yang tinggi. Oat gandum utuh juga diketahui dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, menurunkan kolesterol jahat dan membantu pengontrolan tekanan darah. oat mengandung serat bernama beta glucan yaitu serat larut dan sudah terbukti dalam beberapa penelitian mampu membantu upaya pencegahan penyakit jantung.
  7. Kefir
    Kefir adalah kombinasi fermentasi bakteri dan ragi yang memiliki kandungan nutrisi dan probiotik sehingga sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan perut.
  8. Sukun
    Sukun memiliki sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh, selain itu sukun juga mengandung protein super yang jauh lebih baik daripada sumber protein nabati lain. Sukun diperkaya dengan serat, antioksidan, vitamin, kalsium, zat besi, potassium, dan mineral.
  9. Kelor
    Daun kelor biasa dikenal akan manfaatnya untuk melancarkan produksi ASI. Tidak hanya itu, daun kelor juga kaya akan fitonutrien, vitamin, dan dan antioksidan yang bisa membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dan mencegah inflamasi. Kandungan Vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin K, vitamin B kompleks, dan beragam mineral dalam kelor dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.
  10. Ubi Ungu
    Ubi ungu tinggi kandungan vitamin A, sementara zat tepung dalam ubi ungu mampu merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen. Ubi ungu juga mengandung mangan, tembaga, asam pantotenat, vitamin B6, potasium, serat pangan, niacin, vitamin B1, vitamin B dan fosfor.
  11. Ciplukan
    Ciplukan kaya akan vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan kulit. Selain itu, ciplukan juga mengandung vitamin C dan B12.Penelitian membuktikan kalau ciplukan mampu mengurangi efek peradangan serta memiliki sifat anti-kanker.
  12. Ikan Berminyak
    Ikan berminyak adalah sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik, termasuk juga mineral seperti iodin, kalium, selenium, dan zinc. Jenis ikan berminyak seperti salmon liar, sarden, dan tuna adalah beberapa contoh ikan berminyak.
  13. Telur
    Telur memiliki kandungan protein yang berkualitas tinggi, termasuk mineral dan vitamin penting, seperti vitamin K, B12, dan asam folat. Satu butir telur mengandung sepertiga dari jumlah harian vitamin K yang direkomendasikan untuk wanita. Untuk manfaat kesehatan yang optimal, konsumsi telur dua-tiga porsi dalam seminggu.
  14. Rumput Laut
    Rumput laut adalah sumber antioksidan terbaik, yodium dan kalsium serta nutrisi lainnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan tubuh.
  15. Bawang Putih
    Bawang putih memang terkenal banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempromosikan pertumbuhan sel darah putih – pelawan kuman alami yang diproduksi tubuh. Bawang putih telah terbukti memperlambat pertumbuhan bakteri berbahaya, ragi, dan jamur.
  16. Bawang bombay
    Bawang bombay mengandung konsentrasi tinggi quercetin, antioksidan yang membantu melindungi dan memperkuat sel-sel yang rusak. Bawang bombay berguna untuk meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengencerkan darah, dan menangkal pembekuan darah.
  17. Chia Seed
    Chia Seed memiliki kandungan omega 3 lebih tinggi dibandingkan dengan salmon. Chia seed sering disebut juga sebagai superfood yang ideal untuk membantu ketahanan fisik karena sangat baik untuk membantu dengan hidrasi. Selain omega 3, chia seed juga memiliki kandungan protein dan asam amoni yang baik untuk menjadi alternatif protein hewani.

Makanan Nutrient & Density Score

Kangkung 100.00
Sawi 91.99
Chard 89.27
Bit Hijau 87.08
Bayam 86.43
Chicory 73.36
Daun Selada 70.73
Peterseli (Daun Sup) 65.59
Romaine lettuce 63.48
Daun Singkong 62.49
Lobak Hijau 62.12
Bok Choy 61.39
Endive 60.44
Lokio 54.80
Kubis 49.07
Dandelion Hijau 46.34
Cabe Merah 41.26
Gargir 37.65
Brokoli 34.89
Labu 33.82
Mini Kol 32.23
Daun Bawang 27.35
Kohlrabi 25.92
Kembang Kol 25.13
Kubis 24.51
Wortel 22.60
Tomat 20.37
Lemon 18.72
Iceberg lettuce 18.28
Stroberi 17.59
Lobak Merah 16.91
Winter squash (Labu Musim Dingin) 13.89
Jeruk 12.91
Jeruk Nipis 12.23
Jeruk Bali (pink dan merah) 11.64
Rutabaga 11.58
Lobak 11.43B
lackberry 11.39
Daun Bawang Putih 10.69
Ubi Kuning 10.51
Jeruk Bali (putih) 10.47 

Selain dengan mengkonsumsi makanan super food, untuk menjaga kesehatan tubuh juga perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat seperti berikut:

  • Sarapan Pagi
    Sarapan pagi berfungsi baik untuk meningkatkan energi tubuh untuk melakukan aktivitas setiap hari. Upayakan untuk mengkonsumsi sarapan dengan tinggi karbohidrat kompleks yang mengandung sedikit protein.
  • Makan dengan porsi kecil namun sering
    Mengkonsumsi makanan kecil seperti snack setiap 3-4 jam sekali bermanfaat untuk mempertahankan energi tubuh, hal ini bermanfaat untuk mencegah kelaparan hingga membuat anda makan dengan porsi berlebihan.
  • Penuhi asupan mineral 8 gelas air per hari
    Tubuh yang tercukupi asupan mineral 8 gelas perhari bermanfaat untuk menjaga pergerakan metabolisme tubuh serta memperlambat dehidrasi ringan dan penyerapan energi.
  • Tidur yang cukup
    Melakukan aktivitas sehari-hari membutuhkan banyak energi. Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh, diperlukan waktu setidaknya 8 jam perhari untuk tidur.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Makan Super atau Super Food Terbaik di Indonesia yang Baik Untuk Energi dan Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..