Maag Kronis – Komplikasi, Ciri-Ciri, dan Perawatan Penderita Maag Kronis dengan Tepat dan Benar

Posted on

Penyakit Maag Kronis – Sakit maag adalah kondisi medis yang timbul akibat dari adanya peradangan pada lambung karena infeksi bakteri Helicobacter pylori yang kemudian menimbulkan tukak atau luka pada lambung.

Dalam ilmu kesehatan sakit maag disebut dengan istilah Gastritis atau biasa juga dikenal dengan istilah tungkak lambung. Terjadinya sakit maag karena adanya peningkatan kadar asam lambung, yang dalam keadaan normal zat asam dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan dalam mengolah makanan yang masuk kedalam tubuh.

Meningkatnya kadar asam lambung akan menyebabkan peradangan yang mengakibatkan luka pada permukaan lambung yang disebuh dengan sakit maag. Namun banyak orang yang menganggap sepele tentang penyakit maag, mereka meyakini bahwa penyakit maag bisa ditangani sendiri tanpa harus berkonsultasi ke dokter. Padahal jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat penyakit maag dapat berkembang menjadi penyakit kronis yang bisa menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya.

Komplikasi pada Penyakit Maag

Berikut ini beberapa komplikasi yang terjadi jika penyakit maag tidak ditangani dengan tepat dan cepat, antara lain:

1. Penyempitan esofagus
Penyempitan esofagus bisa terjadi pada seseorang yang sering mengalami sakit maag akibat refluks asam. Ketika asam lambung naik ke kerongkongan akan menimbulkan jaringan parut di kerongkongan dan mempersempit saluran tersebut. Gejala yang muncul akibat penyempitan esofagus antara lain sulit menelan dan dada terasa nyeri.

2. Esofagus Barrett
Hampir sama dengan penyempitan esofagus, Esofagus Barrett disebabkan oleh paparan asam lambung di kerongkongan secara terus-menerus. Dalam kasus Esofagus Barrett, sel-sel pada lapisan bagian bawah kerongkongan dapat berubah menjadi sel kanker. Perubahan sel tersebut dapat mengarah kepada kanker kerongkongan.

3. Stenosis pilorus
Terjadinya Stenosis pilorus disebabkan adanya paparan asam lambung pada area pilorus (bagian antara lambung dan usus halus) dalam jangka panjang. Papasa tersebut dapat menimbulkan jaringan parut dan mempersempit pilorus. Hal tersebut mengakibatkan makanan tidak dapat tercerna dengan baik, serta penderita akan mengalami muntah-muntah.

Penyakit maag dapat berubah menjadi komplikasi yang lebih parah atau akut seperti menyebabkan kanker kerongkongan. Untuk itu mulailah untuk peduli dengan kesehatan anda dan jangan lagi mengabaikan penyakit maag.

Ciri-Ciri Maag Kronis

Penting bagi anda untuk mengetahui ciri-ciri dari penyakit maag kronis agar dapat dengan cepat memberikan penanganan yang cepat dan tepat. Berikut ini beberapa ciri-cici dari penyakit maag kronis, antara lain :

  1. Sakit perut bagaian atas yang disebabkan karena adanya pembengkakan pada bagian selaput perut yang menyebabkan tubuh tidak mau menerima makanan dan tubuh akan terasa lemak karena kekurangan nutirisi.
  2. Perut terasa penuh dan kembung yang disebabkan adanya peradangan pada lambung sehingga membuat penderita tidak merasa nyaman.
  3. Penderita maag kronis biasanya akan terlihat lebih kurus karena tubuh tidak mau menerima makanan dengan baik.
  4. Sering mual dan muntah agak asam hingga pada kondisi lebih berat lambung dapat mengelupas hingga mengakibatkan muntah darah.
  5. Nafsu makan menurun sehingga membuat wajah menjadi pucat, keluar keringat dingin dan terasa pusing.
  6. Sering bersendawa karena tubuh kekurangan asupan nutrisi namun nafsu makan tidak ada
  7. Kesulitan tidur karena adanya gangguan rasa sakit pada daerah perut sebelah atas (ulu hati).

Kondisi tersebut sering dialami anda jika anda telah memiliki riwayat penyakit maag. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Perawatan untuk Maag Kronis

Untuk meredakan gejala maag kronis, anda dapat melakukan perawatan sendiri terlebih dahulu dirumah sebelum menemui dan berkonsultasikan ke dokter. Berikut beberpa perawatan yang perlu anda lakukan, antara lain:

  1. Mengurangi dan menghentikan konsumsi zat kafein atau alkohol, karena keduanya menjadi salah satu penyebab terjadinya maag kronis.
  2. Menghindari konsumsi jenis makanan pemicu sakit maag, seperti makanan terlalu pedas dan asam.
  3. Hindari stress dan sebaik mungkin kendalikan stress dengan baik untuk mencegah dan menghindari maag kronis.
  4. Menghentikan konsumsi ibuprofen atau aspirin jika sakit maag disebabkan oleh obat-obat tersebut.
  5. Hindari kebiasaan makan terlalu cepat karena makan terlalu cepat dapat membuat lambung bekerja lebih keras.
  6. Hindari konsumsi penggunaan obat yang menyebabkan peradangan karena dapat menyebabkan penyakit maag yang semakin parah.
  7. Perhatikan pola makan yang baik dan sehat
  8. Cukupi tubuh dengan istirahat yang berkualitas serta hindari stress
  9. Hindari sering konsumsi makanan bersifat alkali seperti jeruk, lemon, tomat, kacang almond dan alpukat.
  10. Hindari minuman bersoda karena dapat memancing produksi asam lambung berlebihan
  11. Batasi konsumsi susu yang mengandung kalsium tinggi karena membuat lambung sulit menerimanya.

Maag kronis sering dianggap sebgai sebagai penyakit maag biasa sehingga banyak dari mereka yang mengabaikan tanpa memberikan penanganan yang tepat. Padahal kondisi tersebut bisa menyebabkan penyakit komplikasi yang lebih buruk hingga kematian. Untuk itu, anda perlu memperhatikan dan melakukan perawatan maag dengan tepat dan benar.

 Itulah penjelasan tentang Komplikasi, Ciri-Ciri, dan Perawatan Penderita Maag Kronis. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.