19 Khasiat dan Kandungan Susu Sapi Segar Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Khasiat dan Kandungan Susu Sapi Segar Untuk Kesehatan Tubuh – Susu sapi murni adalah susu yang sudah siap dikonsumsi tanpa mengalami proses pengawetan dengan bahan kimia dan tanpa proses yang terlalu lama. Proses pembuatan susu sapi murni dilakukan dengan cara paling sederhana dibandingkan dengan jenis susu lainnya seperti susu UHT, susu kental manis, susu evaporasi atau jenis susu lainnya. Susu sapi murni didapatkan langsung dari pemerasan dan langsung disaring untuk menghilangkan kotoran lalu setelah itu dihangatkan dengan tujuan untuk menghilangkan bakteri jahat dalam waktu singkat agar kandungan gizi tetap terjaga.

Susu sapi murni hanya mengalami proses yang cukup singkat, maka jenis susu segar harus segera dikonsumsi setelah di hangatkan karena susu murni mudah rusak dan basi. Jadi sebelum dikonsumsi, sebaiknya terlebih dahulu perhatikan warna susu, jika sudah berubah warna seperti kekuningan sebaiknya jangan dikonsumsi.

Susu sapi murni diolah tanpa mengalami penambahan nutrisi atau pengurangan nutrisi sehingga sudah dapat dikatakan jika susu sapi murni lebih memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh dibandingkan dengan jenis susu lainnya yang cenderung mengalami proses pengolahan yang cukup panjang.

Kandungan Susu Sapi Segar

Hal ini terbukti dalam 100 ml susu sapi murni setidaknya mengandung berbagai nutrisi sebagai berikut ini.

  • Energi 60 kkal
  • Lemak 3,25 gram
  • Kalium 132 mg
  • Karbohidrat 5,26 gram
  • Kalsium 113 mg
  • Protein 3,4 gram

Selain itu, susu murni juga mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti, potasium, kalsium, fosfor, iodium, seng, zat besi, tembaga, magnesium, vitamin A, B, C, dan D, serta asam amino yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Susu Sapi Segar untuk Kesehatan

1. Kandungan Yodium, seng dan leticin pada susu sapi murni bermanfaat untuk meningkatkan keefisiensian kerja otak besar.

2. Gabungan dari kandungan zat besi, tembaga dan vitamin A dalam susu sapi murni bermanfaat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

3. Susu sapi murni memiliki kadnungan tyrosine yang bermanfaat baik untuk meningkatkan kualitas tidur.

4. Kandungan kalsium pada susu sapi murni cukup tinggi sehingga berguna untuk menjada kekuatan tulang dalam tubuh.

5. Kandungan magnesium didalamnya bermanfaat baik untuk menjaga jantung dan system saraf serta mengatasi kelelahan.

6. Susu sapi murni juga memiliki kandungan seng yang bermanfaat baik untuk mempercepat penyembuhan luka.

7. Kandungan vitamin B2 pada susu murni berfungsi untuk meningkatkan ketajaman dan penglihatan mata.

8. Kandungan kalsium, protein dan fosfor pada susu murni bermanfaat untuk melindungi lapisan email gigi dan merangsang air liur dalam menetralisir asam dalam mulut.

9. Susu segar juga mengandung enzim seperti enzim katalase, lisozim dan laktoperoksidase yang mampu membuat kandungan dalam susu tetap aman dari berbagai bakteri sehingga tetap aman untuk dikonsumsi.

10. Susu murni memiliki berbagai kandungan nutrisi dan mineral yang berperan dalam mengatur kadar insulin sehingga dapat membantu pencegahan penyakit diabetes melitus.

11. Susu sapi segar memiliki kandungan protein dengan kualitas yang baik sehingga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan massa otot dan membantu memperbaiki otot. Dengan demikian mengkonsumsi susu segar bermanfaat baik dalam membantu pembentukan otot.

12. Susu sapi murni memiliki kandungan potassium yang bermanfaat untuk menggerakkan dinding pembuluh darah sehingga menjaganya agar tetap stabil serta menjaga tubuh terhindar dari masalah hipertensi dan jantung.

13. Susu murni segar memiliki kandungan tyrosine yang mendorong kerja hormone serotonin untuk terus mengucur sehingga mempengaruhi tingkat kebahagiaan andan dan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks.

Waktu Terbaik Mengkonsumsi Susu Murni Segar

  1. Jangan konsumsi susu segar bersamaan dengan konsumsi obat
  2. Jangan konsumsi susu bersamaan dengan zat besi karena masing-masing kandungan tidak akan terserap secara maksimal.
  3. Konsumsi susu murni segar tanpa tambahan zat-zat lain
  4. Jangan memanaskan susu murni, sebaiknya cukup dihangatkan saja dengan api kecil
  5. Boleh didinginkan namun tidak dianjurkan untuk dipanaskan

Cara Penyimpanan Susu Murni

Karena mengalami proses pengolahan yang cukup singkat, sebaiknya simpan susu murni dalam lemari pendingin antara suhu 1-4 derajat celcius dan hanya tahan dalam 3-4 hari tergantung penyimpanan.

Itulah penjelasan tentang Khasiat dan Kandungan Susu Sapi Segar Untuk Kesehatan Tubuh  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.