Kehamilan Kosong, Gejala, Penyebab dan Bahayanya Bagi Wanita

Posted on

Kehamilan Kosong, Gejala, Penyebab dan Bahayanya – Kehamilan kosong adalah jenis kehamilan yang berbeda dengan hamil anggur atau hamil diluar kandungan. Kehamilan ini sering disebut dengan kehamilan palsu, atau dalam dunia medis disebut dengan Blighted Ovum.  Peluang terjadinya kehamilan kosong sama sekali tidak bisa diduga. Kasus kehamilan seperti ini dapat menyebabkan rasa kecewa dan kerap membuat wanita mengalami depresi.

Kehamilan Kosong

Lalu, apakah yang disebut dengan kehamilan kosong? Kehamilan kosong adalah jenis kehamilan yang terjadi ketika sel telur yang berhasil dibuahi sperma dan menempel dalam dinding rahim, namun embrio tidak dapat berkembang. Dalam proses kehamilan, sel yang telah dibuahi akan membentuk kantung embrio, namun dalam proses tersebut embrio tidak berbentuk atau tidak berkembang.

Pada awal kehamilan kosong memang sama seperti pada kehamilan nyata serta menyebabkan munculnya tanda-tanda kehamilan. Pada kehamilan kosong juga akan mengalami ketika palcenta terbentuk dan terus tumbuh namun tidak memiliki embrio, hal tersebutlah yang menyebabkan tubuh ibu juga mengalami perubahan seperti kenaikan HCG.

Gejala Kehamilan Kosong

Tanda atau gejala kehamilan kosong diawali dengan munculnya gejala seperti orang hamil pad anormalnya, seperti kerap muntah dan mual. perut membesar secara perlahan dari hari-kehari, test peck menunjukkan hasil positif.

Namun pada saat usia kehamilan mencapai umur 6 hingga 7 minggu, secara tiba-tiba perut mengecil dan mengeluarkan darah atau cairan kental berwarna merah.

Kehamilan kosong juga ditandai dengan keluar darah dalam jumlah banyak seperti darah menstruasi atau keguguran namun darah tidak terlalu hitam.

Jika sudah terdapat tanda-tanda seperti diatas, anda dapat melakukan pemeriksaan menggunakan USG untuk melihat perkembangan dalam rahim anda, apakah masih ada tanda-tanda kehamilan atau tidak.

Penyebab Kehamilan Kosong

Kehamilan kosong bisa juga terjadi ketika tubuh mengenali adanya bagian kromosom yang tidak dikenal atau tidak normal yang berkembang dalam janin maka secara alami tubuh memberikan respon dengan tidak melanjutkan perkembangan janin.

Penyebab lain kehamilan kosong yaitu adanya sel membelah dengan tidak sempurna akibat kualitas sel sperma dan sel telur buruk. Karena terjadinya kehamilan dipengaruhi faktor genetik dari suami dan istri.

Bahaya Kehamilan Kosong

Kehamilan kosong tidak mungkin dipertahankan, karena dapat memicu dan berkembang menjadi keganasan. Pada kehamilan muda atau awal, biasanya kehamilan kosong akan keluar secara alami dengan keluarnya darah seperti pada masa menstruasi. Sedangkan pada kehamilan yang lebih tua seperti lebih dari 16 minggu, kehamilan kosong memerlukan tindakan kuretase agar jaringan yang tertinggal dalam rahim dapat dibersihkan. Kuretase adalah tindakan mengerok jaringan di lapisan dalam rahim.

Namun, sebenarnya pada kehamilan kosong disarankan untuk melakukan kuretase, karena tindakan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi dalam rahim, mendeteksi kelainan yang bersifat genetik serta memeriksa kelainan kromosom. Selain itu, tindakan kuretase bertujuan untuk mencegah terjadinya kembali kehamilan kosong dimasa yang akan datang.

Kehamilan kosong tidak mempengaruhi kesuburan atau rahim anda. Seseorang yang pernah mengalami kehamilan kosong dapat hamil normal. Setelah melakukan kuretase, disarankan untuk menunda kehamilan selama kurang lebih 6 bulan. Hal tersebut bertujuan agar rahim benar-benar telah pulih dan siap untuk dibuahi kembali. Namun, jika anda mengalami kehamilan kosong secara berulang, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan pengobatan, karena dikhawatirnkan terdapat kelainan kromosom dalam tubuh anda maupun pasangan.

Itulah penjelasan tentang Kehamilan Kosong, Gejala, Penyebab dan Bahayanya Bagi Wanita . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.