16 Kebiasaan Penyebab dan Tanda Menurunnya Sistem Imunitas Dalam Tubuh

Posted on

Penyebab dan Tanda Menurunnya Sistem Imunitas –¬†Sistem imunitas tubuh adalah bagian penting dalam tubuh yang berguna untuk melawan penyakt dan infeksi. Menurunnya sistem imunitas dalam tubuh seseorang dapat menyebabkan kondisi tubuh seseorang juga ikut menurun, seperti menyebabkan infeksi atau flu. Sistem imun juga berfungsi untuk meindungi tubuh terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme seperti virus, bakteri, parasit dan protozoa. Sistem imun juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain.

Menurunnya sistem kekebalan tubuh dapat meningkatkan resiko terserang beragam penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti flu hingga terserang virus HIV. Pada dasarnya, tubuh memiliki sistem kekebalam alami untuk melindungi berbagai serangan virus. Namun, karena kebiasaan dan gaya hidup yang kurang sehat serta pola makan yang tidak seimbang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

Karena pentingnya peranan sistem imunitas dalam tubuh, berikut ini adalah beberapa kebiasaan penyebab menurunnya sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang sebaiknya diketahui dan diperhatikan.

Penyebab Sistem Imunitas Menurun

1. Akibat Polusi Udara
Kekebalan tubuh juga dapat menurun akibat terkontaminasi dari udara yang kotor. Seperti pada mereka yang hidup dilingkungan perkotaan yang udaranya terkontaminasi zat berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan anda.

2. Terlalu Lama Terkena Sinar Matahari
Telalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kulit terbakar meskipun telah menggunakan tabir surya. Sebuah penelitian menunjukkan hubungan antara radiasi UV dan kerusakan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, paparan sinar matahari berlebih juga mampu meningkatkan resiko kanker kulit.

3. Akibat Duduk Terlalu Lama
Penyebab menurunnya sistem kekebalan tubuh selanjutnya adalah terlalu banyak menghabiskan waktu duduk dikursi sehingga memperlambat sistem metabolisme tubuh. Karena metabolisme tubuh yang rendah menyebabkan tubuh lemah dalam meyerap nutrisi penting bagi sistem imunitas.

4. Akibat Kurang Tidur
Tubuh yang kekurangan waktu tidur dan kurang istirhat juga dapat membuat menurunnya sistem kekebalan dalam tubuh. Tidur mampu mengembalikan dan mengisi bahan bakar termasuk meningkatkan kekebalan tubuh. Membatasi jumlah waktu tidur secara konsisten dapat meningkatkan resiko terkena infeksi, serta beberapa kondisi serius lainnya seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes dan obesitas.

5. Kurang Konsumsi Air Mineral
Dalam tubuh, air mineral berfungsi untuk membantu fungsi keseluruhan organ dalam tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh. Dalam tubuh, air mineral juga berfungsi untuk membilas racun dalam sistem imun tubuh. Mencukupi konsumsi air mineral dapat memberikan kesempatann kepada sistem kekebalan tubuh untuk beristirahat dan membatu melakukan tugasnya.

6. Terlalu Banyak Konsumsi Protein
Telalu kelebihan protein dalam tubuh, khusunya dari protein hewani menyebabkan produksi hormon IGF1 lebih banyak dari jumlah seharusnya. Hormon tersebut adalah hormon yang mempercepat penuaan dini, serta mengurangi ketahanan sistem imunitas.

7. Kebiasaan Merokok
Tidak hanya meningkatkan resiko penyakit paru-paru, merokok juga dapat melemahkan sistem kekebalan dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena terdapat ribuan racun yang ada dalam asap rokok yang dapat mempengaruhi sel-sel kekebalan dalam tubuh dan merusak fungsinya.

8. Konsumsi Alkohol
Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menghancurkan antibodi tubuh yang diperlukan untuk melawan sel yang terinfeksi oleh virus. Alkohol dapat menyebabkan kecanduan sehingga dapat memicu terjadinya infeksi serius dan penyakit seperti tuberkulosis.

9. Tubuh Terlalu Gemuk
Berdasarkan penelitian para ilmuan, menemukan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Karena itulah, konsumsilah makanan sehat dengan rutin dan lakukan olahraga untuk mengurangi resiko komplikasi kesehatan.

10. Akibat Kurang Latihan Fisik
Kurang latihan fisik seperti tidak pernah olahraga dan melakukan pemanasan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan resiko penyakit dan infeksi virus. Menurut sebuah penelitian, rutin melakukan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan sel darah putih yang berguna untuk membantu melawan serangan penyakit.

11. Akibat Terlalu Berlebihan Olahraga
Selain karena tidak pernah olahraga, terlalu berlebihan melakukan aktifitas fisik menyebabkan masalah pada sistem kardiovaskular dan membebani sistem kekebalan tubuh. Karena itulah, lakukan aktifitas olahraga tanpa berlebihan untuk tetap menunjang sistem kekebalan dalam tubuh tidak menurun.

Tanda Menurunnya Sistem Imunitas

Saat tubuh kekurangan sistem kekebalan tubuh, maka akan muncul tanda-tanda seperti berikut ini:

1. Dehidrasi
Tubuh memerlukan cukup cairan untuk membuag racun dalam tubuh. Air juga diperlukan untuk mengatur suhu tubuh dan membantu proses peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, tubuh memerlukan asupan cairan untuk membuang racun-racaun berbahaya dalam tubuh. Sedangan kekurangan asupan cairan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menuruh dan rentan terserang dehidrasi. Cukupi kebutuhan mineral minimal 2 liter perhari agar daya tahan tubuh seimbang.

2. Mudah Terserang Penyakit
Menurunnya daya tahan dalam tubuh dapat memicu tubuh terserang berbagai virus penyebab penyakit seperti flu, demam, herpes, dan beberapa jenis penyakit lainnya. Ketika daya tahan tubuh menurun, maka kekuatan imunitas tubuh juga ikut melemah, sehingga mikroorganisme penyebab penyakit mudah menyerang.

3. Tubuh Lemas
Ketika sistem kekebalan tubuh menurun, maka tubuh akan merasa lemas dan mudah merasa lelah meskipun telah beristirahat dengan cukup.

4. Konsentrasi Berkurang
Sistem kekebalan tubuh yang menurun juga menyebabkan konsentrasi berkurang dan fokus berkurang. Hal ini disebabkan karena tubuh merasa lemah dan lesu. Biasanya menurunnya sistem kekebalan tubuh juga bisa disebabkan karena stress.

5. Sering Tidak Enak Badan
Sistem kekebalan tubuh yang menurun juga menyebabkan tubuh menjadi terasa lebih berat dan merasa tidak enak, biasanya karena faktor kelelahan. Cukupi istirahat dan konsumsi makanan tinggi vitamin C untuk mengurangi rasa lelah dalam tubuh.

Itulah penjelasan tentang Penyebab dan Tanda Menurunnya Sistem Imunitas Dalam Tubuh  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.