Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menyebabkan Penuaan Dini, Penting Diperhatikan

Posted on

Kebiasaan Buruk Penyebab Penuaan Dini – Sama seperti usia, seiring berlalunya waktu kulit juga bisa ikut menua secara natural. Meskipun demikian, faktanya ada beberapa kulit wajah yang bisa lebih cepat menua dibandingkan usianya. Dengan bertambahnya usia, jaringan kolagen dan keelastisan kulit menjadi melemah sehingga menyebabkan penuaan dini.

Terdapat beberapa faktor dan kebiasaan yang menyebabkan penuaan dini. Biasanya penuaan dini ditandai dengan munculnya kerutan, garis-garis halus, bintik hitam, dan kulit menjadi lebih kasar. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Kebiasaan yang Menyebabkan Penuaan Dini

Paparan Sinar Matahari
Selain menyebabkan kulit menjadi kering, terlalu sering terkena paparan sinar matahari juga menjadi penyebab utama penuaan pada kulit. Sebuah penelitian menyebutkan, ada sekitar 70% proses penuaan dini akibat paparan sinar matahari ke kulit. Hal ini disebabkan karena sinar matahari memiliki radiasi yang mempercepat penghancuran kolagen melalui proses oksidasi.

Proses oksidasi tersebut akan menghancurkan materi genetik pada kulit yang menyebabkan munculnya kulit kasar, tipis dan keriput. Dalam jangka waktu yang lama, kulit dapat menjadi kering dan sensitif.

Akibat Kurang Tidur
Kualitar tidur yang buruk juga dapat membuat pertumbuhan sel-sel kulit baru menjadi terhambat. Karena pada saat tidur, regenerasi sel kulit akan terjadi, dan selama tidur ormon-hormon yang memicu pembaharuan jaringan kulit muncul dan berkembang. Pada orang yang kurang tidur proses ini terjadi dan menyebabkan penuaan kulit terjadi lebih cepat.

Akibat Merokok dan Konsumsi Alkohol
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tanda-tanda penuaan dini juga terjadi akibat merokok dan konsumsi alkohol. Percepatan penuaan ini terjadi karena pada perokok vitamin C yang baik untuk kulit berkurang di dalam darah. Konsumsi alkohol juga menyebabkan kerusakan pada tekstur dan warna kulit. Alkohol juga membuat munculnya kapiler dan kemerahan pada pipi.

Konsumsi Makakan Tinggi Gula dan Karbohidrat
Pola makan tidak sehat juga dapat memberikan dampak buruk bagi kulit. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi gula dapat menyebabkan kulit menjadi kaku dan berkurangnya elastisitas kulit. Sedangkan kekurangan protein dan nutrisi dari buah dan sayur juga tidak baik untuk perkembangan kulit. Protein berfungsi untuk memproduksi kolagen sedangkan serat berfungsi untuk menjaga kesegaran kulit. Sedangkan jenis buah dan sayur tinggi antioksidan bermanfaat baik untuk memperlambat penuaan dini.

Stress
Tahukah jika stress dapat meningkatkan hormon kortisol dan adrenalin yang mempercepat proses penuaan. Depresi yang berkepanjangan juga membuat regenerasi kulit terhambat. Hal ini terjadi karena depresi membuat sel yang hendak tumbuh justru mati.

Tidak Menggunakan
Seperti yang kita ketahui jika paparan sinar matahari dapat menyebabkan radikal bebas yang dapat merusak kolagen , dan sel-sel kulit yang berujung pada penuaan dini bahkan dapat mengakibatkan kanker. Untuk menghindari paparan sinar matahari anda perlu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

Menggunakan Make-up saat Tidur
Menggunakan riasan berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Apalagi jika anda tidur tanpa terlebih dahulu menghapus make-up dapat menyebabkan penuaan dini lebih cepat.

Kurang Asupan Mineral
Sekitar 70% tubuh kita merupakan cairan, karena itulah tubuh yang kekurangan cairan dapat memicu beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah penuaan dini. Hal ini karena saat sirkulasi darah kurang baik mala sel pada wajah akan ikut terganggu sehingga mengakibatkan kulit wajah menjadi pucat, kusam dan muncul kerutan diwajah.

Itulah pembahasan singkat tentang Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menyebabkan Penuaan Dini yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..