Kandungan Nutrisi dan Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Spirulina – Pernahkah anda mendengar kata Spirulina? Spirulina merupakan suplemen yang dapat membantu meningkatan kesehatan tubuh dan digadang-gadang sebagai salah satu “superfood” atau makanan super yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Spirulina adalah jenis cyanobacteria atau bacteri yang mengandung klorofil sebagai organisme untuk melakukan fotosintesis guna membuat makananya sendiri. Spirulina juga sering diartikan sebagai ganggang renik (mikro alga) alami bersel tunggal dan memiliki warna hijau kebiruan.

Warna kehijau biruan pada spirulina disebabkan karena adanya pigmen khusus yang disebut dengan phycocyanin. Pigmen tersebut juga yang diduga menjadikan spirulina memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Spirulina memiliki karakteristik berbentuk spiral dan memiliki pH sekitar 8,5-11.

Terdapat berbagai macam jenis spirulina, namun hanya ada 2 jenis yang dapat diolah menjadi makanan, yaitu spirulina platensis (Arthrospira platensis) dan spirulina maxima (Arthrospira maxima).

Spirulina sudah ada sejak berabad-abad lalu dan telah dimanfaatkan oleh suku aztec di Amerika Tengah, tepatnya di Meksiko sebagai bahan makanan. Sedangkan saat ini spirulina sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai bentuk olahan seperti suplemen, masker wajah bahkan coffee latte. Hal ini karena banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada spirulina.

Kandungan Nutrisi Spirulina

Dalam 100gram Spirulina mengandung berbagai nutrisi seperti

Jumlah per 100gram

  • Kalori 289 kcal
  • Lemak 8 gram
  • Lemak jenuh 2,7 g
  • Lemak tak jenuh ganda 2,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0,7 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 1.048 mg
  • Kalium 1.363 mg
  • Jumlah Karbohidrat 24 g
  • Serat pangan 3,6 g
  • Gula 3,1 gProtein 57 g
  • Vitamin A 570 IU
  • Vitamin C 10,1 mg
  • Kalsium 120 mg
  • Zat besi 28,5 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0,4 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 195 mg

Selain kandungan nutrisi diatas, spirulina juga kaya nutrisi makro dan mikro, zeaxhantin, beta-karoten dan phycocyanin yang sangat berkhasiat dalam tubuh. Karena banyaknya kandungan nutrisi penting didalamnya, makan banyak yang menganggap spirulina sebagai makanan super.

Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan

1. Kaya Nutrisi untuk kesehatan
Kandungan gizi dan nutrisi pada spirulina tidak dapat diragukan lagi. Ganggang berwana hijau kebiruan ini memiliki macam macam nutrisi penting bagi tubuh. Diantaranya meliputi asam amino, vitamin A, vitamin B12, B1, B2, B3, B6 dan vitamin E. Kandungan zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, mangan dan selenium juga menyumbang “kekayaan” pada tanaman ini.

2. Sebagai suplemen alami
Dalam spirulina terdiri dari 62% asam amino serta tinggi protein yang dapat dijadikan sebagai suplemen alami bagi mereka yang tidak mendapatkan asupan kalori dan protein. Biasanya suplemen spirulina dikonsumi oleh para atlit dan pada mereka yang sedang menjalankan program diet.

3. Tinggi Antioksidan
Spirulina tinggi kandungan antioksidan yang bermanfaat baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Spirulina juga memiliki efek antiperadagan bagi DNA dan sel tubuh yang mengalami kerusakan oksidatif. Spirulina juga mampu mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran udara dihidung atau thinitis.

4. Menurunkan Kolesterol Jahat
Sebuah penelitian menyebutkan memberikan 1 gram spirulina setiap hari pada penderita kolesterol tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

5. Menurunkan Tekanan Darah
Mengkonsumsi spirulina sebanyak 4,5gram setiap hari secara rutin dapay membantu menurunkan tekanan darah yang disebabkan dengan meningkatnya produksi nitrit oksida yang membuat pembuluh darah melebar dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

6. Meningkatkan sistem imun
Nutrisi dalam spirulina yang berupa phycocyanin merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat baik untuk meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh. Sedangkan sel darah putih memiliki peranan yang penting dalam sistem kekebalan tubuh karena mampu menghasilkan antibody yang melindungi tubuh dari serangan bakteri.

7. Mengendalikan kadar gula darah
Manfaat selanjutnya spirulina bagi kesehatan selanjutnya yaitu mampu mengontrol kadar gula darah. Selain menurunkan kadar gula darah, mengkonsumsi spirulina juga dapat mengendalikan dan mencegah kenaikan gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian dari School of Pharmaceutical Sciences di Tiongkok mengatakan bahwa kandungan serat dan asam linoleat gamma selain mampu menurunkan kadar kolesterol juga bisa menurunkan kadar glukosa darah.

8. Mengatasi Alergi
Mengkonsumsi spirulina juga bermanfaat baik untuk melawan reaksi alergi pada tubuh. Hal ini karena terdapat manfaat dari spirulina yang dapat mencegah pelepasan histamin atau zat yang dapat menimbulkan alergi.

9. Mengatasi penyakit liver
Spirulina juga mampu mengatasi kerusakan pad liver dan sirosis (gagal liver) yang terjadi pada hepatitis kronis.

10. Sebagai anti kanker
Berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan University of Maryland Medical Center, menyatakan jika spirulina mampu meningkatkan produksi antibodi, potein penangkal infeksi, dan sel lain yang mampu meningkatan kekebalan tubuh dalam menangkal infeksi dan penyakit kronis seperti kanker.

Selain itu menurut para imuwan Republik Ceko menunjukkan bahawa spiruline mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, spirulina juga kaya akan senyawa tetrapirrolika yang terkait erat dengan molekul bilurubin, antioksidan kuat dan agen anti-proliferatif.

11. Mengurangi resiko stroke
Sebuah penelitian menyebutkan jika dalam suplementasi spirulina dapat membantu menurunkan permukaan aorta intimal sebesar 33% menjadi 48%. Dan hal ini menunjukkan bahwa tanaman ini mampu mencegah aterosklerosis dan stroke.

12. Mengurangi gejala sinusitis
Manfaat selanjutnya dari spirulina adalah mampu mengurangi peradangan termasuk masalah sinusitis. Spirulina juga dianggap efektif untuk mengurangi gatal, bengkak hidung, hidung terseumbat hingga bersin-bersin.

13. Meringankan gejala PMS
Menurut beberapa ahli mengatakan jika mengkonsumsi spirulina juga efektif untuk mengurangi gejala PMS, seperti kelelahan, kram, kembung dan perubahan mood.

14. Menjaga kesehatan tulang
spirulina memiliki tinggi kandungan kalsium yang diklaim mampu digunakan sebagai penganggi susu untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang.

15. Mendetoksifikasi tubuh
Kandungan fitonutrien termasuk klorofil, phycocyanin dan polisakarida yang terdapat didalam spirulina dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh.

Namun sebaiknya gunakan spirulina yang terbebas dari kontaminasi, karena menurut webMD menyebutkan jika spirulina yang terkontaminasi dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti sakit perut, mual, muntah, haus, denyut jantung yang cepat bahkan dapat menyebabkan kematian.

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan Nutrisi dan Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..