Kandungan Nutrisi dan Manfaat Petai Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Petai Bagi Kesehatan – Buah petai adalah salah satu makanan yang memiliki bau menyengat dan banyak orang yang membencinya. Namun tahukah kalian, jika buah petai memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Buah yang memiliki bentuk dan warna hijau yang khas ini menimbulkan bau yang berasal dari kandungan asam amino yang mengandung unsur sulfur didalamnya. Di Indonesia biasanya petai disajikan sebagai pelengkap seperti lalapan atau sebagai pelengkap pada nasi goreng, kentang goreng balado, dan lainnya.

Di Amerika, petai menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki bau paling buruk. Meskipun demikian, petai memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang baik bagi kesehatan.

Nutrisi Kandungan Pada Petai

Berikut kandungan gizi dan nutrisi pada petai dikutip dari Your Healt Remedy

  • Protein 6,0-27,5 g
  • Lemak 1,6-13,3 g
  • Karbohidrat 13,2-52,9 g
  • Serat mentah 1,7-2,0 g
  • Energi 91,0-441,5 kcal
  • Kalsium 108,0- 265,1 mg
  • Zat besi 2,2-2,7 mg
  • Kalium 341,0 mg
  • Fosfor 115,0 mg
  • Mangan 42,0
  • Magnesium 29,0
  • Tembaga 36,7 ppm
  • Zinc 8,2 ppm
  • Vitamin C 19,3 mg
  • Thiamine 0,28 mg
  • α-tokoferol 4,15 mg

Manfaat Petai Bagi Kesehatan

1. Kandungan Antioksidan
Petai memiliki kandungan yang merupakan antioksidan. Antioksidan bermanfaat membantu melawan radikal bebas yang memicu berbagai penyakit seperti diabetes, kanker, dan aterosklerosis.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah
Petai memiliki kandungan beta-sitosterol dan stigmasterol yang memiliki peran mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, rasa pahit pada petai juga bisa menjadi obat ampuh untuk penderita kadar gula tinggi.

3. Melawan Bakteri
Ekstrak pada biji petai memiliki kandungan hexathionine dan trithiolane yang memiliki kemampuan antibakteri. Berdasarkan sebuah penelitian pada ekstrak biji petai paling efektif melawan golongan bakteri Gram-negatif.

4. Mengurangi Kolesterol
Kandungan antioksidan pada buah petai juga bermanfaat untuk membantu mengurangi kolesterol jahat secara cepat.

5. Membantu Mengatasi Sakit Jantung
Buah petai mampu mengurangi penyakit kolesterol dan hipertensi secara ampuh, dengan begitu hal ini juga dapat membantu mengurangi dan mengobati penderita sakit jantung.

6. Meredakan Depresi
Buah petai memiliki kandungan zat tryptopan yang menjadi faktor utama untuk membantu mengurangi tingkat depresi seseorang. Beberapa kelebihan zat tryptopan antara lain untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks, meningkatkan mood dan mengontrol emosi, serta meningkatkan ketenangan dan bahagia.

7. Mencegah Gejala PMS
Pre Menstrual Syndrome (PMS) biasanya akan merubah mood dan emosi pada wanita setiap bulannya. Untuk mencega gangguan PMS, anda dapat mengkonsumsi petai, karena petai mampu menstabilkan mood dan emosi yang kerap terjadi.

8. Mencegah Anemia
Petai tinggi kandungan vitamin B yang bermanfaat memperbaiki stamina tubuh sehingga dapat mengobati anemia.

9. Menurunkan Hipertensi
Berdasarkan beberapa penelitian mengatakan jika mengkonsumsi petai juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tingi atau hipertensi.

10. Meningkatkan kemampuan kognitif
Petai memiliki kandungan kalium yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif berupa kemampuan daya ingat, kemampuan rekognisi pola dan kemampuan mempersepsikan dengan indera.

11. Mencegah sesak ketika kekenyangan
Mengkonsumsi petai juga dapat membantu mencegah rasa sesak ketika makan terlalu banyak atau sering disebut dengan efek antasida.

12. Menghilangkan rasa gagal
Kulit petai memiliki manfaat untuk membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Caranya dengan menggosokkan kulit petai pada kulit yang gatal.

13. Mencegah Kegemukan
Petai memiliki kandungan serat yang mampu mengikat lemak sehingga dapat mencegah tubuh menjadi gemuk.

14. Menyehatkan Lambung
Buah pete memiliki manfaat yang baik untuk lambung karena dapat membantu menetralisir asam lambung, mengurangi iritasi dan luka pada lambung serta mencegah infeksi lambung.

15. Menurunkan suhu tubuh
Pete merupakan salah satu buah yang memiliki sifat dingin sehingga bermanfaat baik untuk membantu menurunkan suhu tubuh.

16. Membantu berhenti merokok
Petai memiliki kandungan Vitamin B2, B12, magnesium, dan kalium yang dapat membantu anda untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

17. Mencegah penyakit stroke
Berdasarkan sebuah penelitian yang di ungkapkan oleh The New England Journal of Medicine, yang mengatakan bahwa mengatakan bahwa mengkonsumsi petai dapat membantu mengurangi resiko serangan stroke pada seseorang.

Untuk mendapatkan manfaat dari petai sebagai pengobatan bagi kesehatan tubuh dilakukan dengan proses sangat mudah yaitu bisa memakan langsung dengan kulit putihnya dan bisa direbus terlebiuh dahulu.

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan Nutrisi dan Manfaat Petai Bagi Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..