48 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan – Mentimun memiliki banyak kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, mulai untuk mendetoksifikasi tubuh, mencegah dehidrasi hingga mendinginkan tubuh ketika pada musim panas.

Mentimun adalah jenis sayuran yang masih dalam keluarga labu dan semangka. Di Indonesia sendiri, mentimun banyak dikonsumsi sebagai lalapan seperti rujak atau lalapan. Banyak kandungan nutrisi pada mentimun yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut kandungan nutrisi pada mentimun.

Kandungan Nutrisi

Dalam 100gram mentimun mengandung berbagai nutrisi seperti:

  • Gula – 1,67 gm,
  • Karbohidrat – 3,63 gm,
  • Serat Diet – 0,5 gm,
  • Riboflavin (Vitamin B2) – 0,033 mg,
  • Niacin (Vitamin B3) – 0,098 mg,
  • Asam Pantothenic (Vitamin B5) – 0,259 mg,
  • Thiamin (Vitamin B1) – 0,027 mg,
  • Vitamin B6 – 0,040 mg,
  • Lemak – 0,11 gm,
  • Protein – 0,65 gm,
  • Vitamin C – 2,8 mg,
  • Asam Folat (Vitamin B9) – 7 μg,
  • Zat besi – 0,28 mg,
  • Calcium – 16 mg,
  • Magnesium – 13 mg,
  • Fosfor – 24 mg,
  • Zinc- 0,20 mg,
  • Potassium – 147 mg.

Tips memilih mentimun adalah dengan memilih mentimun yang masih berwarna hijau pekat dan masih muda, karena mentimun yang masih muda memiliki kandungan air dan serat lebih banyak.

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat yang terdapat pada buah mentimun, hal ini terkait dengan adanya kandungan nutrisi yang beragam pada mentimun. Berikut beberapa manfaat mentimun bagi kesehatan, antara lain:

1. Melindungi Otak
Mentimun memiliki sejumlah kandungan flavanon (fisetin) yang bermanfaat untuk meningkatkan memori dan melindungi sel-sel saraf dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dnegan usia. Senyawa fisetin juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan secara agresif terhadap gangguan Alzheimer.

2. Menyehatkan Jantung
Jus mentimun memiliki kandungan kalium yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

3. Asupan Antioksidan
Mentimun memiliki jenis antioksidan seperti flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin, kaempferol, vitamin C dan beta karoten. Antioksidan juga membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

4. Tinggi kandungan air
Mentimun memiliki sekitar 96% kadar air sehingga dapat menghindarkan diri dari dehidrasi dan membantu menetralkan toksin dalam tubuh.

5. Menjaga Berat Badan
Satu cangkir jus mentimun hanya mengandung 16 kalori, dalam mentimun mengandung 8 jenis serat larut yang dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama dan menjadi salah satu makanan yang dapat mengkontrol berat badan anda.

6. Mengatasi penyebab rematik dan asam urat
Campuran Jus mentimun dan Jus wortel mengandung vitamin A, B, Folat, Kalium dan Magnesium yang bermanfaat meredakan nyeri astritis dan kadar asam urat dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi campuran wortel dan mentimun bermanfaat membantu mencegah penyakit asam urat dan rematik.

7. Menjaga kesehatan pencernaan
Mentimun memiliki kandungan serat dan tinggi air yang bermanfaat baik untuk membantu menjaga sistem pencernaan dan membersihkan racun yang ada dalam usus. Kulit mentimun juga memiliki kandungan serat larut yang melancarkan buang air besar.

8. Menjaga gigi dan gusi
Mengunyah mentimun dapat membantu merangsang lebih banyak kelenjar air liur yang bermanfaat mengurangi asam pada rongga mulut serta bakteri yang tumbuh didalamnya,

9. Melawan kanker
Mentimun memiliki 3 kandungan lignan seperti pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol. Kandungan itu dapat membantu mengurangi resiko berbagai jenis kanker, seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker rahim.

10. Menkontrol kadar gula
Manfaat mentimun selanjutnya yang paling baik adalah untuk membantu mengkontrol kadar gula dalam darah pada penderita diabetes. Mengkonsumsi jus mentimun dapat meningkatkan hormon khusus yang di perlukan oleh sel pakreas untuk memproduksi insulin.

11. Mengurangi sakit kepala dan mabuk
Mengkonsumsi mentimun dapat membantu mengurangi sakit kepala dan mabuk saat pagi hari. Karena adanya kandungan vitamin B, gula dan elektrolit yang penting bagi tubuh.

12. Menurunkan kolesterol
Mentimun memiliki kandungan sterol yaitu senyawa yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

13. Mengontrol tekanan darah
Mentimun memiliki kandungan magnesium, kalium dan serat yang bermanfaat mengontrol tekanan darah sehingga tekanan darah menjadi stabil.

Manfaat Mentimun untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, Kandungan vitamin Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin A, biotin dan potasium serta kadar air pada mentimun juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit wajah.

Dalam pemanfaatannya, mentimun dapat dijadikan sebagai masker untuk wajah dengan mencampurkan beberapa bahan tambahan seperti yoghurt, jeruk nipis, oatmeal, atau madu. Berikut beberapa manfaat mentimun untuk kecantikan, antara lain:

  1. Menghilangkan lingkaran hitam di bagian mata
  2. Mencerahkan kulit wajah
  3. Mengatasi wajah berminyak
  4. Mengecilkan pori-pori wajah
  5. Merawat kulit wajah sensitif
  6. Mengatasi kulit wajah kering
  7. Mencegah penuaan dini
  8. Mencegah kerutan pada kulit
  9. Mengurangi bintik hitam
  10. Menghilangkan selulit
  11. Mengatasi rambut rontok
  12. Meningkatkan cahaya pada rambut
  13. Menghilangkan komedo
  14. Merawat kaki pecah-pecah
  15. Mengatasi mata bengkak
  16. Memudarkan bekas luka
  17. Membantu kulit kering

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan Nutrisi dan Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..