22 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan Tubuh Serta Efek Samping Yang Perlu Diketahui

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan – Lada hitam atau sering disebut dengan merica hitam adalah salah satu jenis merica dan rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan oleh masyarakat Indonesia seperti dalam pembuatan sop. Jika dikonsumsi secara teratur, anda dapat merasakan sensasi dan manfaat lada hitam bagi kesehatan.

Lada hitam berasal dari India selatan dan telah menyebar ke tempat lainnya yang merupakan daerah tropis. Pada zaman dahulu lada hitam menjadi salah satu rempah-rempah yang paling banyak diperdagangkan di dunia,karena lada hitam adalah salah satu rempah yang umum ditambahkan ke masakan seluruh dunia. Pada masa lalu lada hitam memiliki harga yang sangat tinggi sehingga menjadi salah satu penyebab penjajahan bangsa Eropa ke Asia Timur untuk menguasai perdagangan.

Lada memiliki kandungan zat kavisin yang membawa sifat pedas. Didalam tubuh senyawa tersebut dapat bekerja unuk meredam aktivitas otak saat menerima sinyak rasa sakit yang disalurkan dari sitem saraf dan mampu mengurangi rasa sakit.

Kandungan Nutrisi Lada Hitam

Lada hitam memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti kandungan Vitamin K, Vitamin B1, B2, B3, Vitamin E, Serat, Kalsium, Besi, Kalium, Manggan, Magnesium, Seng.

Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan

1. Mencegah Kanker
Lada hitam memiliki kandungan zat piperine yang memiliki manfaat
untuk mencegah perkembangan sel kanker, apa lagi jika dikombinasikan dengan kunyit, maka akan 2kali lipat lebih manjur. Selain itu, lada hitam juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, flavonoid, karoten dan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab sel kanker.

2. Melancarkan Pencernaan
Selain mencegah kanker, kandungan piperine pada lada hitam juga berfungsi melancarkan pencernaan dan merangsang perut yang kemudian membantu mencerna protein dalam makanan. Agar makanan lebih cepat dicerna dalam tubuh anda dapat menambahkan lada hitam pada makanan yang akan anda konsumsi.

3. Meredakan Flu Batuk
Lada hitam memiliki senyawa anti bakteri yang dapat membantu menyembuhkan flu dan batuk. Menambahkan lada hitam dalam satu sendok madu dapat dijadikan pilihan untuk menyembuhkan flu dan batuk.

4. Menurunkan Berat Badan
Lada hitam memiliki kandungan fitonutrien yang dapat membantu memecah sel-sel lemak dan meningkatkan metabolisme. Mengkonsumsi lada hitam akan membuat tubuh menjadi mudah berkeringat yang membantu menyingkirkan kelebihan air dan toksin dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Menambahkan lada hitam pada scrub dapat bertindak sebagai exfoliant yang dapat membantu mengelupas sel kulit mati, merangsang sirkulasi dan memberikan lebih banyak oksigen untuk menutrisi kulit. Sifat antibakteri dan anti inflamasi pada lada hitam mampu membantu dan menjaga kulit dari infeksi seperti jerawat.

6. Mengatasi Ketombe
Mencampurkan lada hitam dengan yogurt plain dapat digunakan sebagai masker rambut yang mampu memberantas ketombe dikulit kepala. Hal ini disebabkan karena adanya sifat antiinflamasi dan antibakteri pada campuran kedua bahan tersebut. Gunakan masker ini secara merata pada kulit kepala selama 30 menit lalu bilas dengan bersih. Namun perlu diingat, hindari menggunakan lada hitam terlalu banyak karena dapat menyebabkan kulit kepala terbakar.

7. Membantu penderita anoreksia
Lada hitam dipercaya dapat membantu meningkatkan pencernaan dan merangsang selera makan seseorang. Lada hitam juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk penderita anoreksia dengan membantu mendapatkan kembali selera makan mereka. Dengan menambahkan bubuk lada hitam pada makanan mereka, secara perlahan dapat menyembuhkan penderita anoreksia.

8. Sebagai antidepresan
Manfaat lada hitam lainnya adalah dapat membantu menutrisi tubuh agar lebih efisien, karena lada hitam dikenal memiliki sifat yang dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. Berdasarkan The Journal of Food and Chemical Toxicolgy menyatakan jika senyawa piperin pada lada hitam mampu meningkatkan fungsi kognitif otak dan membantu menurunkan depresi.

9. Mengurangi Gangguan Kognitif
Salah satu komponen senyawa yang penting dalam lada hitam adalah piperin. Piperin terbukti mampu mengurangi gangguan memori dan kerusakan kognitif. Dalam beberapa penelitian menyebutkan jika lada hitam bermanfaat pula bagi penderita alzheimer dan penderita demensia.

10. Meningkatkan Penyerapan Gizi
Piperin juga bermanfaat untuk meningkatkan bioavailabilitas berbagai nutrisi seperti vitamin A dan vitamin C, selenium, betakaroten dan lainnya. Bioavailabilitas mengacu pada jumlah nutrisi atau suplemen yang diserap oleh tubuh. Dengan kata lain lada hitam juga bermanfaat meningkatkan penyerpan gizi sehingga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

11. Mengobati Arthritis
Senyawa piperin pada lada hitam juga bermanfaat untuk mengobat arthritis karena memiliki sifat anti inflamasi dan anti rematik. Lada hitam juga mampu meningkatkan sirkulasi sehingga mampu mencegah dan mengurangi nyeri yang disebabkan karena sirkulasi yang buruk.

12. Mengatasi Penyakit akibat Bakteri
Lada hitam juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Kandunga vitamin C pad alada hitam dapat membantu mengobati flu, batuk dan sinusitis yang terjadi akibat virus atau bakteri yang menyerang tubuh. Selain itu, vitamin C pada lada hitam juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

13. Mengatasi Vitilingo
Vitilingo adalah suatu kondisi tubuh yang kehilangan melanin sehingga pigmen kulit menjadi memudar dan terdapat bercak putih dalam bentuk tidak teratur yang semakin lama dapat membesar dan mempengaruhi penampilan. Untuk membantu mengurangi masala tersebut, anda bisa menggunakan lada hitam. Lada hitam dapat digunakan dalam minyak Ayurvedic dan salep sebagai aplikator eksternal untuk mendorong peningkatkan produksi melanin. Selain itu, lada hitam juga merupakan campuran Allopathy yang berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

14. Mengatasi Penyakit Lambung
Mengkonsumsi lada hitam juga bermanfaat untuk mengurangi kadar gas dalam lambung yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung serta menghilangkan racun dalam tubuh melalui keringat yang keluar. Senyawa piperin pada lada hitam juga dapat meningkatkan sekresi asam klorida dalam lambung dan membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

Efek Samping Lada Hitam

Lada hitam memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti kandungan antioksidan, enzim, protein dan vitamin. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping yang serius. Berikut ini beberapa efek samping pengunaan lada dalam kadar banyak.

  1. Dapat membuat sensasi terbakar didalam perut juga pada kulit luar dan mata
  2. Mengkonsumsi lada hitam secara langsung dapat menyebabkan kematian, gunakan lada hitam sebagai tambahan untuk makanan.
  3. Pada pasien yang memakai siklosporin A, kolinergik, digoxin, dan sitokrom P450 harus menghindari dalam mengkonsumsi lada hitam, karena dapat menyebabkan kontraindikasi.
  4. Mampu menyebabkan gangguan gastrointestinal pada orang yang sakit pencernaan.
  5. Lada hitam dapat menyebabkan iritasi kulit dengan gejala seperti gatal-gatal, bengkak, dan kemerahan pada kulit.
  6. Lada dapat membuat kesulitan selama kehamilan dan menyusui.
  7. Jangan banyak dikonsumsi saat musim panas karena dapat meningkatkan suhu tubuh menjadi lebih panas.
  8. Mengkonsumsi jumlah banyak lada hitam dapat meningkatkan kulit lebih kering.

Lada hitam tidak harus diambil dalam konsentrasi tinggi, dan jika Anda menunjukkan tanda-tanda reaksi alergi, hentikan penggunaan dan segera konsultasikan dengan dokter.

Itulah penjelasan tentang Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan Tubuh Serta Efek Samping. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.