31 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan dan Bayi

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Labu Kuning  – Labu kuning atau lebih dikenal dengan nama waluh adalah salah satu buah dengan warna dan bentuk khas yang sering dijadikan salah satu makanan wajib pada bulan puasa untuk dijadikan berbagai hidangan untuk berbuka. Sedangkan di luar negeri, pada Hallowen tiba labu kuning dimanfaatkan sebagai hiasan yang menakutkan dengan dibuat ukiran mata dan mulut yang menyeramkan.

Labu kuning memiliki sifat daging buah yang dingin dan membuat pencernaan menjadi lebih sejuk. Buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi lengkapnya meliputi lemak, protein, kalori, beta karoten, seng, tembaga, kalium, natrium, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitaim E, vitamin K, vitamin B6, lutein, niasin, dan masih banyak gizi lainnya.  Mengkonsumsi labu secara rutin dapat membantu tubuh terhindari dari berbagai macam penyakit.

Kandungan Nutrisi pada Labu

Dalam 100 gram labu kuning mengandung beberapa gizi dan nutrisi, antara lain meliputi.

  • Energi 29 kkal
  • Protein 0,6 gram
  • Lemak 0,1 gram
  • Karbohidrat 6,5 gram
  • Kalsium 21 mg
  • Fosfor 25 mg
  • Zat besi 0,8 mg
  • kalium 340 mg
  • Serat 0,5 gram
  • Gula 2,8 gram
  • Vitamin A 8 mg
  • Vitamin C 9 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B12 0 µg
  • Vitamin B6 0,1 mg
  • Magnesium 12 mg

Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan

1. Menjaga kesehatan mata
Labu kuning dapat menjaga kesehatan mata karena labu kuning memiliki sumber nutrisi vitamin A yang baik untuk membuat penglihatan menjadi lebih tajam.

2. Menurunkan kadar kolesterol
Mengkonsumsi labu kuning juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Labu kuning memiliki kandungan fitosterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 75% dan meningkatkan kadar kolesterol HDL hingga 15%. Fitosterol menghambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh dan membuatnya langsung dikeluarkan dari dalam tubuh.

3. Mengatasi penyakit diabetes
Labu kuning memiliki indeks glikemik rendah sehingga menjadi salah satu makanan yang baik untuk penderita diabetes. Labu kuning membantu produksi insulin dan membantu proses penyembuhan pankreas. Selain itu, kandungan omega 3 pada biji labu kuning baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Menangkal radikal bebas
Labu kuning juga bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas dengan memberikan pertahanan tubuh menjadi lebih kebal terhadap berbagai penyebab dan pemicu kanker. Kandungan vitamin C pada labu kuning bekerja dengan membersihkan efek radikal bebas yang membahayakan tubuh.

5. Mencegah penuaan dini
Manfaat selanjutnya labu kuning selanjutnya yaitu mencegah penuaan dini sehingga wajah akan tampak awet muda. Hal ini karena adanya kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit wajah sehingga mencegah penuaan dini yang muncul terlalu cepat.

6. Mencegah kanker
Labu kuning mengandung antioksidan seperti karotenoid yang membantu menghambat metabolisme sel-sel kanker. Dengan rutin mengkonsumsi labu kuning dapat membant mencegah penyakit kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru, kanker usus besar, dan kanker kulit.

7. Mengatasi Hipertensi
Mengkonsumsi labu kuning juga bermanfaat untuk mengatasi masalah hipertensi. Hal dikarenakan adanya kandungan kalium yang mampu mengurangi resiko penyakit hipertensi.

8. Mengatasi Sembelit
Sembelit adalah salah satu penyakit yang menyerang pencernaan yang menyebabkan susah buang air besar. Mengkonsumsi labu kuning secara rutin dapat membantu untuk mengatasi masalah sembelit, karena labu kuning memiliki banyak kandungan serat yang melancarkan proses pencernaan.

9. Baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi
Labu kuning memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang keduanya bekerja untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi. Itulah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi labu kuning pada masa pertumbuhan.

10. Sebagai anti inflamasi
Labu kuning memiliki kandungan betakaroten yang baik sebagai zat anti inflamasi dan bermanfaat baik untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pada tubuh.

11. Mengurangi resiko stroke
Mengkonsumsi labu kuning juga mampu menghancurkan endapatan pada dinding arteri sehingga mampu mengurangi resiko terjadinya stroke.

12. Mengatasi Anemia
Seseorang yang biasanya sering melakukan aktivitas berlebihan dapat menyebabkan anemia. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan banyak mengonsumsi waluh atau labu kuning. Kandungan zat besi 0,8 mg, meskipun tidak terlalu banyak bisa membantu untuk proses pembentukan sel darah merah anda.

13. Memulihkan energi
Labu kuning mengandung gula sebanyak 2,76 gram yang mampu mengembalikan energi dalam tubuh. Kandungan gula pada labu kuning tidak menyebabkan kegemukan karena gula akan diolah menjadi energi yang disimpan di otot.

14. Membantu sistem imunitas
Mengkonsumsi labu kuning juga mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Kandungan vitamin C pada labu kuning serta proliferasi limfosit limpa bekerja penuh untuk membunuh sel racun sampai sel kanker.

15. Menjaga kesehatan jantung
Labu kuning mengandung lemak dan rendah kolesterol, dalam satu cangkir labu kuning mengandung 0,2 mg lemak. Hal tersebut mampu membantu mengurangi asupan lemak dan kolesterol yang menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, magnesium pada labu kuning juga terbukti mampu mengurangi serangan jantung dan stroke.

Manfaat Labu Kuning untuk Bayi

Labu kuning dapat dijadikan sebagai makanan penadamping ASI ketika bayi memasuki usia 6 bulan. Hal ini dikarenakan labu kuning memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan bayi. Untuk bayi, labu kuning diolah dengan cara dijadikan sebagai puding atau bubur labu kuning. Berikut beberapa manfaat labu kuning untuk bayi, antara lain:

1. Vitamin A dan betakaroten
Kandungan vitamin A dan betakaroten pada labu kuning berguna untuk menjaga kesehatan mata bayi, menjaga kekebalan tubuh bayi sehingga tumbuh kembang bayi akan berjalan sengan baik.

2. Vitamin C
Kandungan vitamin C pada labu kuning dibutuhkan untuk membantu metabolisme tubuh bayi. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan pada bayi.

3. Zat Besi
Kandungan zat besi pada labu kuning bermanfaat sebagai proses pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Zat besi juga berfungsi untuk membantu tumbuh kembang bayi.

4. Kalium
Kandungan kalium pada labu kuning juga bermanfaat untuk menunjang metabolisme tubuh bayi, hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi resiko sembelit pada bayi.

5. Karotenoid
Kandungan karotenoid pada labu kuning dapat berfungsi untuk menghilangkan radikal bebas, melawan stress oksidatif dan mencegah degenerasi makula dan penuaan serta menjaga kesehatan kulit.

6. Sifat Anthelmintic
Labu memiliki khasiat Anthelmintic yang berfungsi untuk mencegah berbagai infeksi dalam tubuh bayi.

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan Nutrisi dan Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan dan Bayi yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..