22 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jengkol untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jengkol untuk Kesehatan – Jengkol adalah jenis tanaman spesies dalam keluarga kacang-kacangan dari Asia Tenggara. Jengkol terkenal dengan bau khas yang sangat menyengat namun banyak digerami oleh penggemarnya. Jengkol sering diolah dengan cara dibuat sambal, kari, rendang dan sebagai lalapan.

Jengkol adalah jenis tanaman polong-polongan dengan bentuk gepeng berbelit membentuk spiral dengan warna lembayung tua. Sedangkan biji jengkol berkulit ari tipis dengan warna coklat mengkilap.

Meskipun memiliki bau yang tidak sedap, jengkol memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut ini kandungan nutrisi pada jengkol.

Kandungan nutrisi pada jengkol antara lain kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, zat besi, air, dan saponin.

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Tinggi kandungan vitamin C
Pada 100gram jengkol mengandung 80mg vitamin C, sedangkan angak kecukupan gizi harian yang disarankan adala 75 mg untuk wanita dewasa dan 90 mg untuk pria dewasa. Vitamin C bermanfaat bagi tubuh antara lain untuk.

  1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
  2. Mengoksidasi fenilalanin menjadi tirosin
  3. Mereduksi ion ferri menjadi ferro dalam sistem pencernaan sehingga memudahkan zat besi untuk terserap dalam tubuh
  4. Melepaskan besi dari transferrin dalam plasma agar dapat bergabung ke dalam ferritin (simpanan besi) jaringan
  5. Mengubah asam folat menjadi bentuk yang aktif, yaitu asam folinat
  6. Berperan dalam pembentukan hormon steroid dari kolesterol

Tinggi Protein
Dalam 100gram jengkol mengandung sekitar 23,3 gr protein. Kandungan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein pada tempe. Selain untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan, protein juga berfungsi, antara lain:

  1. Membangun hormon, enzim dan imunitas tubuh
  2. Memberikan efek menenangkan pada otak
  3. Membantu otak bekerja lebih cepat menerima pesan
  4. Meningkatkan perkembangan otak pada anak
  5. Membangun sel-sel yang rusak

Tinggi Zat Besi
Dalam 100 gram jengkol memiliki 4,7gr zat besi. Zat besi bermanfaat mengatasi anemia atau kekurangan darah.

Tinggi Kalsium
Pada 100gram jengkol mengandung sekitar 140mg kalsium. Kalsium memiliki manfaat yang baik untuk membantu pembentukan tulang dan gigi serta mengatur proses biologis dalam tubuh.

Kandungan Fosfor
Dalam 100 gram jengkol mengandung 166,7mg fosfor yang juga berperan untuk proses pembentukan tulang dan gigi, sebagai penyimpanan dan pengeluaran energi.

Kandungan vitamin
Jengkol juga memiliki kandungan vitamin A, vitamn B1, B2 dan C.

  1. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata
  2. Vitamin B bermanfaat dalam penyerapan protein
  3. Vitamin B1 untuk menjaga kepekaan syaraf
  4. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh sekaligus menangkal
  5. virus dan bakteri penyebab penyakit.

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengkonsumsi jengkol memberikan efek bau tak sedap setelah mengkonsumsinya, baik dari bau mulut atau dari buang air kecil. Bau tak sedap pada jengkol ini berasal dari sulfur yang terkandung dalam asam amino. Saat dikunyah, jengkol akan menjadi komponen kecil yang menyebarkan bau tak sedap.

Tips untuk menghilangkan bau tak sedap pada jengkol anda dapat terlebih dahulu menrenda, jengkol dalam air selama 24 jam sebelum dimasak. Setelah itu rebus sampai jengkol lunak. Sebaiknya ganti air rebusan beberapa kali untuk hasil maksimal. Cara ini tidak bisa menghilangkan 100% bau jengkol, namun cukup mengurangi efek baunya.

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jengkol untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..