37 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan – Jamur kuping adalah salah satu jenis jamur yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Jamur kuping memiliki 2 jenis varian yaitu jamur kuping putih dan jamur kuping hitam. Namun yang paling banyak dikenal adalah jenis jamur kuping hitam.

Jamur kuping memiliki tekstur yang lebih renyah dan kenyal dibandingkan dengan jenis jamur pada umumnya. Jamur kuping sangat populer pada jenis masakan Asia. Selain enak dan mudah diolah, jamur kupin juga memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan jamur kuping memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang menunjang kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi pada Jamur Kuping

Berikut ini rincian informasi kandungan nutrisi dan gizi pada jamur kuping segar.

Dalam 100gr jamur kuping segar mengandung.

  • Kandungan Energi = 15 kkal
  • Kandungan Protein = 3,8 gr
  • Kandungan Lemak = 0,6 gr
  • Kandungan Karbohidrat = 0,9 gr
  • Kandungan kalsium = 3 mg
  • Kandungan fosfor = 94 mg
  • Kandungan zat besi = 2 mg
  • Kandungan Vitamin A = 0 IU
  • Kandungan vitamin B1 = 0,1 mg
  • Kandungan vitamin C = 5 mg

Mineral yang terkandung dalam jamur kuping ialah kalsium 159 mg, besi 5.88 mg, magnesium 83 mg, fosfor 184 mg, kalium 754 mg, natrium 35 mg, seng 1.32 mg, tembaga 0.183 mg, mangan 1.951 mg, dan selenium 128 mcg.

Sedangkan jenis vitamin pada 100gr jamur kucing meliputi thiamin 0.015 mg, riboflavin 0.844 mg, niacin 6.267 mg, asam pantotenat 0.481 mg, vitamin B6 0.112 mg, dan folat 38 mcg.

Manfaat Jamur Kuping

Banyaknya kandungan gizi dan nutrisi pada jamur kuping, maka banyak pula manfaat yang didapatkan. Berikut ini beberapa manfaat jamur kuping untuk kesehatan, antara lain.

1. Menangkal Zat racun dalam tubuh
Jamur kuping yang dipanaskan akan menghasilkan lendir yang bermanfaat sebagai penangkal zat-zat racun dalam tubuh yang terbawa oleh makanan yang dikonsumsi, baik itu dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, maupun racun berbentuk logam berat.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Kandungan senyawa pada lendir jamur kuping yang dipanaskan juga efektif untuk membantu proses perhambatan pada pertumbuhan karsinoma dan sarkoma atau sel kanker hingga 80-90% serta berfungsi sebagai zat anti koagulan (mencegah dan menghambat proses penggumpalan darah).

3. Manfaat lendir jamur kuping
Selain manfaat diatas, beberapa manfaat dari lendir jamur kuping lainnya yaitu untuk menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan saraf, dapat mengurangi stress, berfungsi sebagai antioksidan, dan juga antitumor.

4. Mencegah Alzheimer
Alzheimer adalah penyakit progresif atau penurunan daya ingat secara perlahan-lahan (pikun), serta perubahan perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk membantu mencegah penyakit Alzheimer, anda dapat mengkonsumsi jamur kuping. Hal ini karena dalam jamur kuping terdapat ekstrak polisakarida yang dapat menghambat salah satu enzim penyebab alzheimer.

5. Menurunkan kolesterol darah
Kandungan senyawa polarisakarida yang ada pada jamur kuping juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Untuk penderita kolesterol , anda dapat mengkonsumsi jamur kuping namun hindari memasaknya dengan memberi tambahan minyak karena dapat memicu kenaikan kadar kolesterol.

6. Mencegah Anemia
Salah satu peyebab anemia adalah tubuh kekurangan zat besi. Jamur kuping memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, karena itu mengkonsumsi jamur kuping secara rutin akan membantu memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit anemia.

7. Menangkal radikal bebas
Jamur kuping memiliki kandungan vitamin B2 (riboflavin) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Seperti yang kita ketahui jika radikal bebas dapat memicu munculkan berbagai permasalahan seperti penuaan dini hingga perkembangan sel kanker.

8. Mencegah penyakit jantung
Manfaat jamur kuping selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini karena dalam jamur kuping mengandung senyawa yang dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga dapat mencegah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

9. Mencegah penyakit Stroke
Selain bermanfaat mencegah penyakit jantung, konsumsi jamur kuping juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit stroke. Stroke adalah penyakit yang disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah menuju otak. Dalam hal ini masih berkaitan dengan kandungan lendir pada jamur kuping yang dapat mengencerkan kembali peredaran darah yang mengumpal dalam tubuh.

10. Meredakan sakit kepala
Mengkonsumsi jamur kuping secara rutin juga dapat membantu meringankan sakit kepala. Hal ini terkait adanya kandungan vitamin B1 pada jamur kuping, untuk itu konsumsi jamur kuping secara rutin untu mengobati sakit kepala.

11. Menurunkan Trigliserida
Manfaat selanjutnya jamur kuping adalah untuk menurunkan trigliserida yaitu salah satu jenis lemak. Trigliserida adalah jenis lemak yang jika kadarnya naik dalam tubuh dapat menyebakan penyakit diabetes. Konsumsi jamur kuping untuk mencegah penyakit tersebut.

12. Menurunkan Panas
Terdapat jenis tanaman yang dapat membantu menjaga kesehan dan menurunkan demam, salah satunya adalah jamur kuping. Mengkonsumsi jamur kuping juga bermanfaat untuk membantu menurunkan panas akibat demam.

13. Menjaga kesehatan tulang
Kandungan mineral seperti kalsium pada jamur kuping bermanfaat utnuk menjaga kesehatan tulang. Bukan hanya menjaga kepadatan tulang agar tidak keropos, kalisum dalam jamur kuping juga bermanfaat untuk menjada dan membentuk struktur tulang pada masa pertumbuhan.

14. Meningkatkan tinggi badan
Manfaat selanjutnya kalsium pada jamur kuping yaitu untuk meningkatkan tinggi badan, hal ini karena kalsium dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang, dalam hal ini juga dibantu dengan adanya kandungan vitamin D pada jamur kuping.

15. Menjaga kesehatan liver
Hati memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh, karena Hati berfungsi menetralkan racun yang ada dalam tubuh sehingga tidak membahayakan tubuh. Agar hati tidak bekerja dnegan berat, anda dapat mengkonsumsi jamur kuping untuk membantu proses detoksifikasi organ hati.

16. Melancarkan sirkulasi darah
Sirkulasi darah yang tidak lancar akan menyebabkan oksigen dalam tubuh menjadi berkurang sehingga dapat menyebabkan tubuh menjadi lesu dan kurang konsentrasi. Untuk membantu melancarkan sirkulasi udara dalam tubuh anda dapat mengkonsumsi jamur kuping secra rutin.

17. Menjaga fungsi syaraf
Kesehatan syaraf juga perlu di perhatikan, karena syaraf berfungsi untuk menyampaikan informasi pada seluruh tubuh dari perintah otak.

Manfaat Jamur Kuping Lainnya..

  1. Mencegah iritasi dan peradangan
  2. Mencegah Terjadinya Gangguan Neurologis
  3. Menyeimbangan Kadar Asam dan Basa Tubuh
  4. Menghilangkan Selulit
  5. Sebagai agen antithrombotik
  6. Mengatur Keseimbangan Cairan
  7. Menurunkan resiko stres
  8. Mengobati hipertensi
  9. Mengatasi Ambeien
  10. Mencegah Sembelit
  11. Mengatasi Aterosklerosis
  12. Memperbaiki Suasana Hati
  13. Menjaga Kesehatan Mata
  14. Membuat Mood Jadi Baik
  15. Berpotensi merawat sel-sel tubuh
  16. Menyembuhkan Luka Bakar
  17. Meningkatkan Nafsu Makan
  18. Mencegah Terjadinya Asam Urat
  19. Mempercepat Proses Pembekuan Darah
  20. Meningkatkan daya tahan tubuh

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..