Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Sarden untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Sarden – Ikan sarden menjadi salah satu jenis ikan yang sering ditemukan sehingga sering dikonsumsi masyarakat luas. Ikan sarden memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga menjadi salah satu jenis ikan yang diolah menjadi bentuk kalengan yang praktis. Meskipun memiliki ukuran tidak besar, ikan sarden menyimpan banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Setiap sajian 100 gram ikan sarden ternyata mengandung 207 kalori bagi tubuhmu. Selain mengandung kalori, ikan sarden juga mengandung protein dan lemak yang penting untuk proses pembentukan energi dalam tubuh. Sedangkan jenis vitamin lainnya yang terkandung dalam ikan sarden, ada vitamin D yang akan membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuhmu. Menurut Harvard School of Public Health, kandungan vitamin D dalam sajian 100 gram ikan sarden sudah membantu memenuhi 9% kebutuhan tubuh akan jenis vitamin tersebut.

Sebuah Organisasi pangan dan pertanian dan Organisasi kesehatan dunia (FAO dan WHO) menetapkan ada 21 spesies ikan yang termasuk kedalam ikan sarden. Selain memiliki rasa yang enak dan banyak cara pengolahan yang dilakukan, ikan sarden menyimpan segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat ikan sarden untuk kesehatan antara lain:

Nutrisi dan Manfaat Ikan Sarden

Nutrisi Ikan Sarden

  1. Tinggi Lemak Tak Jenuh

    Ikan sarden memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu lemak tak jenuh juga berguna untuk menghindari pembekuan darah, meningkatkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanna darah tinggi, dan keluhan yang berkaitan dengan gangguan jantung.

  2. Omega-3

    Ikan sarden juga mengandung Omega-3 yang berfungsi baik untuk memberikan asupan pada otak, memaksimalkan kinerja dan memori otak. Selain itu, omega-3 juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan dan keluhan pada masalah persendian, serta mengontrol tekanan darah dan meningkatkan metabolisme tubuh.

  3. Mengandung vitamin A, B 12, dan vitamin D

    Sarden memiliki kandungan vitamin A yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin B12 nya bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah, dan membantu menghindari pembekuan darah yang berkaitan dengan kesehatan saraf. Kandungan vitamin D berfungsi untuk mempercepat penyebaran kalsium serta menguatkan tulang dan gigi serta mengurangi potensi kanker usus besar.

  4. Mengandung Minyak Ikan Sarden

    Ikan sarden memiliki kandungan minyak esensial yang membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga membuat sistem pertahanan tubuh menjadi lebih tinggi dan mampu mencegah beragam penyakit.

  5. Mengandung Beragam Mineral dan Tinggi Protein

    Ikan sarden mengandung beragam jenis mineral yang baik untuk kesehatan seperti kalsium, zat besi, fosfor serta potasium dapat berfungsi bagi pemeliharaan kesehatan tulang dan ginjal. Selain itu, ikan sarden juga tinggi protein asam amino yang berfungsi membangun otot dan mengurangi risiko diabetes.

  6. Rendah Kalori

    Ikan sarden memiliki kandungan rendah kalori sehingga sangat baik untuk membantu melancarkan program diet.

  7. Memiliki Zaat Antioksidan

    Ikan sarden juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan memelihara kesehatan organ. Selain itu, antioksidan juga berfungsi untuk meningkatkan energi fiisk terutama pada jantung.

Manfaat Ikan Sarden

  1. Mencegah Gangguan pada Jantung

    Ikan sarden tinggi kandungan omega 3 yang bermanfaat baik untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 mampu mencegah penyakit jantung karena memiliki sifat antiradang, mengurangi risiko pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, serta telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak sehat dalam tubuh.

  2. Mencegah Depresi dan Kecemasan

    Kandungan asam lemak omega 3 juga mampu mengatasi masalah gangguan depresi dan kecemasan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa omega 3 juga berperan untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang. Penelitian tersebut diperkuat dengan adanya fakta bahwa otak banyak tersusun atas lemak sehinga dengan memperoleh asupan lemak dengan jumlah yang tepat dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mencegah rasa cemas.

  3. Mengontrol Kadar Gula

    Ikan herring juga tinggi protein dan lemak sehat yang bermanfaat baik untuk kesehatan. Protein dan asam lemak bermanfaat untuk memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah. Anda dapat mengkonsumsi sarden dengan sumber karbohidrat lain untuk membantu tubuh untuk melepaskan glukosa (dari karbohidrat) lebih lambat ke dalam aliran darah sehingga bisa menghindari terjadinya lonjakan gula darah.

  4. Menjaga Berat Badan

    Jika anda ingin menjaga berat badan ideal, anda dapat mengkonsumsi ikan sarden. Karena ikan sarden memiliki kandungan protein dan lemak sehat yang dapat mengontrol kadar gula darah, sarden juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Penting Diperhatikan

Meskipun memiliki banyak manfaat, ikan sarden tidak dianjurkan untuk dikonsumsi beberapa orang seperti:

  1. Tidak direkomendasikan untuk pengidap asam urat karena ikan sarden memiliki kadar purin tinggi. Zat purin adalah struktur dasar DNA dan RNA tersebut dapat memecah diri dan berubah menjadi asam urat. Sedangkan tingginya kadar asam urat seseorang dapat memicu tekanan pada ginjal,
  2. Tidak direkomendasikan untuk ibu hamil karena ikan sarden rentan terhadap polusi seperti paparan merkuri akibat limbah di lautan. Hal ini pernting diperhatikan karena dapat mengganggu perkembangan janin dalam kandungan.
  3. Dalam beberapa kasus, mengkonsumsi ikan sarden dapat memicu alergi karena adanya kandungan senyawa organik. Alergi yang muncul seperti penyempitan otot usus, pusing dan sakit kepala, asma, penyempitan pembuluh darah, tingginya tekanan darah, mengencangnya denyut jantung, bronkus dan lain-lain. Konsumsi berlebihan terhadap natrium dapat meningkatkan risiko stroke, tekanan darah tinggi serta gangguan ginjal.

Itulah penjelasan tentang  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Sarden untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.