Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Kod untuk Kesehatan, Ketahui Disini

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Kod – Ikan kod atau biasa pula disebut Cod adalah salah satu jenis ikan yang dapat ditemukan di seluruh perairan di dunia. Hal ini dikarenakan ikan kod memiliki perkembangbiakan yang unik yaitu satu ekor betina bisa menghasilkan ratusan ribu telur dalam sekali waktu.

Ikan kod termasuk jenis ikan yang familiar ditelinga masyarakat, karena berkat kandungan minyak ikan kod banyak anak-anak yang menjadi nafsu makan. Namun tahukah kamu jika ikan kod ternyata telah diburu dan diperdagangnya sejak ratusan tahun silam. Pada zaman viking mereka sudah menggunakan ikan kod sebagai salah satu bahan dasar makanan yang paling penting.

Saat ini ada beragam olahan menggunakan bahan dasar ikan kod sebagai bahan utama. Selain dagingnya, hati ikan kod juga diambil minyaknya karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berdasarkan riset, dalam minyak ikan cod mengandung omega 3 dan omega 6 yang dipercaya dapat membuat balita menjadi jenius. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa manfaat dan nutrisi yang ada pada ikan cod.

Nutrisi dan Manfaat Ikan Kod / Ikan Cod

Sumber Omega 3 dan Omega 6
Omega 3 dan Omega 6 adalah jenis asam lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan hanya bisa didapatkan melalui asupan makanan. Omega 3 dan Omega 6 dapat ditemukan pada ikan kod.

Omega 3 bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah, meningkatkan perkembangan sel otak, dan baik untuk bayi. Sedangkan omega 6 bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol jahat dan menjaga tekanan darah.

Tinggi Vitamin A dan D
Jenis vitamin A dan D adalah jenis vitamin larut lemak yang ada pada ikan kod. Gabungan kedua vitamin tersebut dengan lemak tak jenuh bermanfaat untuk membantu penyerapan tanpa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kuliy, dan vitamin D baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis.

Tinggi Kalsium
Kalsium adalah jenis mineral yang dapat membentuk otot-otot dan kesehatan saraf. Kalsium berperan penting terutama pada anak-anak untuk membantu tumbuh kembang pertumbuhan baik untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat dan sehat.

Memiliki Sifat Anti Inflamasi
Kandungan omega3 dan omgea 6 pada ikan kod dapat meredakan inflamasi, selain itu juga mengandung protein yang berguna untuk membangun sel-sel tubuh yang rusak, dengan mengkonsumsi ikan kod dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh dalam masa penyembuhan luka.

Mencegah Gagal Ginjal
Ginjal memiliki fungsi paling penting dalam tubuh, sedangkan gangguan yang terjadi pada ginjal umumnya disebabkan karena tubuh kekurangan asupan cairan. Ikan kod termasuk jenis ikan yang banyak mengandung air yang mampu memenuhi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Ikan kod memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang berfungsi baik untuk membantu menurukan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menyebabkan serangan jantung, stroke dan hipertensi.

Mencegah Hipertensi
Salah satu penyebab hipertensi yaitu akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan ini biasanya akan berbentuk partikel sehingga menyebabkan hipertesni. Ikan kod memiliki peran untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga akan terhindari dari penyakit hipertensi.

Meningkatkan Nafsu Makan
Minyak hati ikan kod memiliki kandungan vitamin B kompleks dan vitamin D yang dapat membantu membangkitkan nafsu makan anak dan secara signifikan akan meningkatkan kalori pada anak. Selain itu vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan mood seseorang yang dapat menyebabkan depresi.

Meningkatkan Kecerdasan Otak
Minyak hati ikan kod kaya dengan kandungan omega 3, yakni Eicosapentaenoic (EPA) dan asam Docosahexaenoic (DHA). Kedua zat gizi itu bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan sel-sel otak dan saraf, yang merupakan dasar dari kecerdasan anak. Meski begitu, kecerdasan anak tidak hanya ditentukan oleh asupan nutrisi, tapi juga faktor lainnya seperti stimulasi, kesehatan, dan lainnya.

Mempertajam Penglihatan
Selain mencerdaskan, kandungan DHA pada minyak hati ikan kod juga bermanfaat untuk mempertajamr etina mata anak, sehingga fungsi penglihatannya bisa lebih optimal.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat minyak ikan kod selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kandungan vitamin A pada ikan kod itulah yang membuatnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Itulah penjelasan tentang  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Kod untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.