Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Herring untuk Kesehatan, Ketahui Disini

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Herring untuk Kesehatan – Ikan herring adalah jenis ikan yang memiliki warna cerah keperakan dengan bentuk yang mirip dengan ikan bandeng namun dengan tubuh yang lebih pendek. Didalam lautan ikan herring hidup bergerombol hingga membentuk gunung-gunung ikan sehingga sering menjadi santapan bagi predator laut seperti ikan tuna, ikan hiu dan jenis ikan yang memiliki ukuran lebih besar lainnya.

Ikan herring adalah salah satu jenis ikan rendah merkuri dengan tinggi kandungan omega 3 dan menjadi salah satu jenis ikan yang direkomendasikan oleh Yayasan Jantung Amerika Serikat. Dalam satu bagian ikan herring yang telah dimasak dengan berat 300 gram mengandung sekitar 20gram protein.

Meskipun memiliki ukuran yang tidak begitu besar, ikan herring menyediakan banyak manfaat dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Di Jepang, biasa menyantap ikan herring mentah dengan sake dan saus, sedangkan diberbagai negara di Eropa termasuk di rman, Skandinavia, orang Baltik dan Timur Slavia, ikan herring menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki bagian penting dari banyak jenis masakan.

Selain karena banyaknya nutrisi yang ada, ikan herrig memiliki daging yang lembut sehingga sering dijadikan sebagai bahan utama berbagai macam olahan makanan. Untuk mengetahui apa saja kandungan nutrisi dan manfaat ikan herring untuk kesehatan, simak penjelasan dibawah.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Herring untuk Kesehatan

Kaya Nutrisi
Ikan herring dianggap memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat memberikan manfaat penting bagi tubuh seperti yodium, selenium, seng dan kalium. Yodium sangat penting untuk kelenjar tiroid, dan selenium berfungsi membuat enzim yang dapat membantu melindungi kita dari kanker. Belum lagi, Ikan dan kerang umumnya juga merupakan sumber vitamin, termasuk vitamin A dan D.

Tinggi Protein
Dalam 300gram daging ikan herring terdapat sekitar 20gram protein. Protein dibutuhkan untuk menjalan hampir semua fungsi tubuh, seperti metabolisme tubuh, membentuk dan memperkuat sistem imunitas, menghasilkan tenaga, meningkatkan energi hingga untuk kebutuhan-kebutuhan khusus yang dibutuhkan ibu hamil.

Tinggi Omega 3
Mengkonsumsi 300gram daging ikan herring, tubuh dapat menyerap 1.950 mg omega 3. Jumlah tersebut lebih tinggi dibadningkan omega 3 yang dimiliki ikan salmon dan ikan tuna. Seperti yang kita ketahui omega 3 dibutuhkan tubuh untuk perkembangan dan pertumbuhan anak, mengurangi kardiovaskular, baik untuk ibu hamil dan janin serta beragam manfaat lainnya.

Memiliki Kadar Merkuri Rendah
Merkuri adalah salah satu senyawa beracun yang umumnya berasal dari lombah industri yang dapat menjangkiti jenis-jenis ikan di laut lepas. Namun tidak dengan ikan herring, karena ikan ini cenderung hidup di perairan tengah dan dalam sehingga kontak dengan senyawa berbahaya terbilang rendah. Karena itulah masyarakat Jepang sering mengkonsumsi ikan herring tanpa diolah seperti diolah menjadi sashimi dan lainnya.

Mengandung DHA dan EPA
DHA dan EPA adalah 2 zat anggota asam lemak omega 3 yang berperan untuk menjaga kesehatan otak. Meskipun ikan herring berukuran kecil, namun ikan jenis ini tinggi kandungan DHA dan EPA.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Mengkonsumsi ikan herring matang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil hingga melancarkan masa persalinan. Selain itu, ikan herring juga mampu mencegah morning sicness dan mencegah pecah ketuban dini hingga mencegah kelahiran prematur.

Mencegah Gangguan Otak
Ikan herring memiliki kandungan omega 3 yang memiliki fungsi signifikan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Selain itu, omega 3 juga mampu meningkatkan fungsi otak dan daya konsentrasi otak, karena itulah mengkonsumsi ikan heriing sangat bagus untuk mereka yang membutuhkan fokus tinggi dalam pelajaran maupun pekerjaan.

Mencegah Gangguan pada Jantung
Omega 3 pada ikan herring juga bermanfaat untuk terhindari dari serangan jantung secara mendadak, stroke atau gangguan jantung lainnya. Hal ini berkaitan karena omega 3 memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga menyehatkan jantung dan menjaga organ-organ inti lainnya. Ikan herring juga berfungsi untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes yang menjadi penyebab awal munculnya gangguan kesehatan jantung.

Mencegah Kanker
Ada dua jenis kanker yang dapat dijinakkan dengan omega 3, yaitu jenis kanker pankreas dan kanker ovarium. Kandungan omega 3 yang tinggi pada ikan herring dipercaya dapat mencegah perkembangan sel kanker ovarium dan kanker pankreas. Karena itulah jangan ragu untuk mengkonsumsi ikan herring.

Meningkatkan Perkembangan Otot
Protein menjadi salah satu unsur utama penyusun tubuh manusia karena seluruh jaringan dalam tubuh merupakan himpunan protein-protein yang kompleks. Ikan herring memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi ikan herring dengan cara pengolahan yang benar akan membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otot.

Meningkatkan Kesehatan Sistem Saraf
Dalam setiap porsi ikan herring menawarkan 2,8gram DHA dan EPA, serta asam lemak omega 3 yang berguna dalam tubuh untuk meningkatkan fungsi otak. Sedangkan merekan yang memiliki kadar omega 3 rendah akan lebih beresiko mengalami gangguan alzheimer. Selain itu, kalium yang ada pada ikah herring juga berguna untuk membantu sel-sel saraf dalam mengirim sinyak ke sebuah proses sentral dalam otak.

Menjaga Kesehatan Kulit
Mengkonsumsi ikan herring secara rutin juga mampu meningkatkan kesehatan kulit, selain itu omega 3 juga dapat melindungi kulit dari sengatan sinar UV ternyata juga dapat membantu meringankan beberapa masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.

Mencegah Anemia
Anemia biasanya dipicu ketika tubuh kekurangan asupan mineral seperti zat besi dan vitamin B12. Mengkonsumsi ikan herring bisa dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mencegah anemia karena ikan ini mengandung protein yang berfungsi sebagai sumber asam amino, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Setiap bagian 6-ons ikan herring menawarkan hingga 28 gram protein serta 1,9 miligram zat besi dan 17 mikrogram vitamin B-12.

Menjaga Kesehatan Mata
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa asam lemak omega-3 dapat memberikan perlindungan mata anda dari penyakit menurunnya penglihatan seperti degenerasi makula (AMD), suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan sel-sel khusus dalam makula retina sehingga penglihatan menjadi kabur. Ikan dan makanan laut umumnya juga mengandung retinol, bentuk lain dari vitamin A yang bermanfaat meningkatkan penglihatan mata.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin
Ikan herring memiliki tinggi omega 3 yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, seperti mencegah morning sicness, mencegah pecah ketuban dini, mencegah kelahiran prematur, meningkatkan perkembangan otak janin dan banyak manfaat lainnya.

Mencegah Stress dan Depresi
Stress dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan lesu untuk melakukan aktivitas. Untuk mencegahnya anda dapat mengkonsumsi ikan herring, karena ikan herring memiliki kandungan Serotonin dan Dopamin tinggi yang berfungsi sebagai anti stress dan mood stabilizer.

Itulah penjelasan tentang  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Herring untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.