Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Gurame untuk Kesehatan, Ketahui Disini

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Gurame untuk Kesehatan –  Ikan gurame adalah jenis ikan air tawar yang banyak orang dan menjadi salah satu menu masakan populer dibanyak rumah makan. Ikan gurame memiliki bentuk pipih dan lebar dengan memiliki pola makan yang unik. Saat masih kecil, gurame cenderung bersifat karnivora dengan memakan kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, blood worm dan hewan kecil lainnya. Saat menginjak remaja, mereka lebih menyukai makan dedaunan seperti daun keladi/talas/sente, daun pepaya, kangkung, daun singkong, daun ubi jalar dan daun-daun lainnya.

Ikan gurame memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, meskipun sebenarnya semua jenis ikan juga memiliki kandungan yang hampir mirip. Beberapa kandungan yang dimiliki ikan gurame seperti Omega-3, asam lemak, vitamin: D dan B2 (riboflavin), kalsium, fosfor dan Mineral: seng, zat besi, magnesium, yodium, dan kalium.

Manfaat Ikan Gurame

1. Tinggi Protein
Ikan gurame memiliki kandungan protein sebanyak 19%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan lele, ikan nila, dan ikan mas yang hanya berkisar antara 18,2%, 16,1% dan 16%. Seperti yang kita ketahui bahwa protein memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Kulit
Ikan gurame memiliki kandungan protein dan kandungan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi ikan gurame secara benar dapat membantu membuat kulit tetap halus.

3. Meregenerasi Sel Kulit
Setiap hari kulit mengalami kerusakan yang jika akan terjadi terus menerus tanpa dilakukan perawatan maka akan menyebabkan penuaan dini. Untuk itu disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak protein, salah satunya dengan mengkonsumsi ikan gurame. Protein merupakan sumber zat yang mampu menggantikan sel-sel yang rusak di dalam tubuh.

4. Mencegah Kwashiorkor
Kwashiorkor adalah tubuh yang kehilangan nutrisi seperti protein sehingga dapat menyebabkan tertundanya pertumbuhan pada anak, bengkak pada perut dan sering mengalami infeksi. Umumnya penyakit ini sering menyerang anak dimasa pertumbuhan usia 1 hingga 13 tahun. Ciri-ciri anak memiliki penyakit mallnutrisi ini adalah nafsu makan menurun, memiliki rambut tipis dan mudah rontok.

5. Mencegah Degeneratif
Degeneratif adalah penyakit yang biasa terjadi pada saat usia tua yang meliputi penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan kanker. Beberapa penyebab penyakit tersebut yaitu akibat adanya penumpukan kolesterol jahat yang tidak terkontrol. Ikan gurame memiliki kandungan protein tinggi dan mengandung kolesterol yang sangat rendah yaitu 55mg/10gr sehingga baik untuk mencegah masalag degeneratif.

6. Mencegah Marasmus
Maramus adalah gangguan nutrisi yang terjadi pada balita berusia 0-2 tahun yang disebabkan karena kekurangan protein dan kalori. Biasanya anak-anak pengidap maramus akan memiliki kondisi tulang terbungkus kulit dengan perut buncit. Ikan gurame memiliki kandungan protein yang dapat membantu memperbaiki kekurangan nutrisi pada anak, namun harus dengan cara pengolahan yang tepat agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

7. Mencegah Cachexia
Cachexia adalah kondisi tubuh kekurangan protein yang mengakibatkan tubuh mudah merasa kelelahan padahal hanya melakukan aktivitas ringan. Biasanya Cachexia akan muncul gejala seperti penipisan otot, kurangnya protein, penuruman berat badan secara abnormal, bahkan dapat pula memicu kanker usus, hati dan lambung. Ikan gurame memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat dijadikan salah satu makanan untuk membantu pencegahan cachexia.

8. Membantu Perkembangan Otak
Ikan gurame memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk membantu perkembangan sel otak terutama pada anak-anak. Seperti sebuah penelitian menyebutkan jika anak yang diberi nutrisi minyak ikan atau asam lemak dari ikan akan mampu memicu perkembangan sel otak dan kecerdasan serta membuat anak mudah mengingat semua hal.

9. Membantu Pertumbuhan Otot
Selain membantu dalam perkembangan otak, kandungan protein pada ikan gurame juga berperan penting dalam pembentukan otot anak.

10. Menghaluskan Kulit
Beberapa jenis kosmetik kecantikan terdapat kandungan protein didalamnya. Hal ini karena protein juga berperan penting untuk meregenerasi kulit dengan proses penyerapan yang lebih cepat. Ikan gurame memiliki kandungan protein yang berperan baik untuk membantu menghaluskann kulit.

11. Sumber Energi Tubuh
Ikan gurame memiliki banyak kandungan asam amino esensial yang berperan sebagai pengganti energi dalam tubuh yang mengalami kerusakan. Selain karena asam amino esensialnya, karbohidrat dan lemak dalam ikan gurame juga mendukung energi dalam tubuh.

12. Mempercepat Penyembuhan Luka
Kandungan protein pada semua jenis ikan tawar memiliki unsur fibrinogen dan tromboplastin yang berperan untuk membantu pembekuan darah akibat terjadinya luka. Tromboplastin berperan untuk menghentikan darah yang keluar akibat luka sedangkan fibrinogen berperan untuk membentuk jaringan baru sebagai pengganti jaringan rusak.

Itulah penjelasan tentang Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Gurame untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.