Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Bilis untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Bilis – Ikan bilis atau sering disebut ikan teri adalah salah satu jenis ikan tawar berukuran kecil endemik yang hanya ditemukan di Pulau Sumatera. Ikan bilis merupakan konsumsi utama warga lokal daerah Sumatera Barat.Umumnya ikan bilih diolah dengan cara dikeringkan dan diasinkan sehingga awet untuk waktu yang lama.

Meskipun memiliki ukuran kecil, ikan bilis memiliki segudang manfaat yang didapatkan dari kandungan nutrisi seperti mineral, selenium, vitamin A, D, dan E, asam lemak tak jenuh, kalium, kalsium, protein dan kandungan nutrisi lainnya. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari ikan bilis, antara lain:

Nutrisi dan Manfaat Ikan Bilis

Nutrisi Ikan Bilis

  1. Asam Lemak Tak Jenuh

    Ikan bilis mengandung nutrisi asam lemak tak jenuh yang membantu proses penyerapan beragam vitamin larut seperti Vitamin A, D, E dan K, selain itu asam lemak juga berfungsi membangun tubuh serta mendukung proses metabolisme tubuh.

  2. Tinggi Selenium

    Ikan bilis mengandung banyak selenium yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi ikan bilis juga dapat membantu mengurangi risiko kanker dan mencegah penuaan dini akibat adanya kandungan selenium tersebut.

  3. Vitamin

    Ikan bilis memiliki kandungan vitamin A, D dan E yang merupakan jenis vitamin larut lemak yang penting untuk tulang dan kulit. Seperti vitamin E berperan untuk menjaga keelastisan kulit, vitamin A berperan untuk menjaga kesehatan mata, dan vitamin D membantu kepadatan tulang.

  4. Kalium

    Kalium merupakan mineral yang berperan untuk membantu metabolisme tubuh, menjaga fungsi jaringan saraf dan otot, Selain itu manfaat lain kalium yaitu untuk menjaga otot jantung dan sebagai elektrolit tubuh.

  5. Kalsium

    Ikan bilis juga mengandung kalsium yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

  6. Protein

    Ikan bilis merupakan sumber protein yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Ikan Bilis

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

    Ikan bilis memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat melawan kolesterol jahat. Selain itu asam lemak omega 3 yang ada pada ikan bilis dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dan menghambatnya mengikat dinding arteri.

  2. Menjaga Kesehatan Tulang

    Ikan bilis memiliki kandungan kalsium yang mampu mengurangi degradasi tulang. Selain kalsium, vitamin dan mineral pada ikan bilis juga mampu menguatkan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis dan masalah kesehatan tulang lainnya.

  3. Menjaga Kesehatan Mata

    Ikan bilis tinggi vitamin A yang sudah pasti baik untuk menjaga kesehatan mata. Rutin mengkonsumsi ikan teri dapat mencegah penurunan fungsi mata seperti masalah katarak.

  4. Menurunkan Berat Badan

    Ikan bilis mengandung rendah kalori yang sangat bagus dikonsumsi mereka yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, protein pada ikan bilis juga akan membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah anda untuk makan berlebihan.

  5. Mencegah Keracunan

    Ada banyak jenis ikan yang dapat menyebabkan alergi hingga keracunan, hal ini dikarenakan adanya kandungan merkuri dan limbah dari lingkungan yang menjangkiti ikan. Sedangkan ikan bilis memiliki ukuran kecil yang memiliki lebih sedikit kemungkinan zat berbahaya seperti merkuri dalam ikan bilis. Sedangkan kandungan nutrisi yang ada pada ikan besar tidak kalah dengan kandungan nutrisi yang ada pada ikan bilis.

Meski ikan bilis bagus dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis, namun mereka yang menderita asam urat harus waspada. Pasalnya, kandungan protein yang tinggi membuat hasil metabolisme dari protein berbentuk purin yang akan meningkatkan kandungan asam urat dalam darah. Sebaiknya ikan ini tidak terlalu sering dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit asam urat.

Itulah penjelasan tentang Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Bilis untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.