Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan Tubuh, Ketahui Disini

Posted on

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Bandeng – Ikan merupakan jenis protein hewani yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tak terkecuali juga dengan ikan bandeng yang akan memberikan manfaat baik jika dikonsumsi secara rutin dengan cara yang benar. Semua jenis ikan apapun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang bermanfaat baik untuk kesehatan dan dapat mudah dicerna secara baik oleh tubuh.

Ikan bandeng memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Karena kandungan gizinya tersebut membuat ikan bandeng memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui kandungan nutrisi dan manfaat apa saja yang didapatkan dari ikan bandeng, simak penjelasan dibawah ini.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Bandeng

Kandungan Nutrisi Ikan Bandeng

Jumlah kandungan gizi dalam 100 gram daging bandeng meliputi :

  • Vitamin A 150 IU
  • Vitamin B1 0,05 mg
  • Energi 129 kkal
  • Fosfor 150 mg
  • Kalsium 20 mg
  • Lemak 4,8 gr
  • Protein 20 gr
  • Zat Besi 2 mg

Mineral : zat besi, seng, magnesium, yodium, dan kalium.

Protein

Bermanfaat untuk

  1. Membantu pembentukan otot
  2. Mengencangkan otot
  3. Membantu proses mengikat lemak
  4. Memperkuat tubuh
  5. Menambah masa otot

Kalsium

Bermanfaat untuk

  1. Memperkuat dan memperkokoh tulang
  2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  3. Menambah tinggi badan
  4. Mencegah osteoporosis

Vitamin A

Bermanfaat untuk

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Mencegah terjadinya gangguan pada mata
  3. Menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh

Omega 3

Bermanfaat untuk

  1. Perkembangan fungsi kognitif
  2. Baik untuk ibu hamil
  3. Menjaga kesehatan janin
  4. Mengoptimalkan perkembangan janin

Zat besi

Bermanfaat untuk

  1. Mencegah terjadinya anemia
  2. Mengontrol produksi darah
  3. Mempercepat penyembuhan luka

Fosfor

Bermanfaat untuk

  1. Menjaga kesehatan tulang
  2. Memperkuat tulang dan gigi

Manfaat Ikan Bandeng

  1. Mengurangi Risiko Osteoporosis

    Umumnya osteoporosis menyerang seseorang dengan usia lanjut. Osteoporosis terjadi akibat pengeroposan tulang karena tubuh kekurangan kalsium. Mengkonsumsi ikan bandeng dapat dijadikan salah satu cara untuk mengurangi risiko osteoporosis, karena ikan bandeng memiliki jumlah kalsium yang cukup tinggi.

  2. Mengurangi Risiko Jantung Koroner

    Manfaat ikan bandeng lainnya yaitu untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebaiknya olah ikan bandeng dengan cara direbus untuk tetap mendapatkan kandungan manfaatnya. Konsumsi daging rebus ikan bandeng untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

  3. Mengurangi Risiko Hipertensi

    Selain mengurangi risiko jantung koroner, mengkonsumsi ikan bandeng rebus juga baik untuk membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain dengan ikan bandeng, untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda juga bisa mengkonsumsi ubi talas, daun katuk, bawang putih dan kubis.

  4. Mengurangi Risiko Alzheimer

    Alzheimer adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan berbicara, berpikir, dan daya ingat. Ikan bandeng dapat dijadikan solusi untuk membantu mencegah penyakit Alzheimer secara alami. Hal ini dikarenakan ikan bandeng memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu mengurangi risiko Alzheimer. Selain itu sifat omega 3 pada ikan bandeng tidak mudah hancur meskipun dimasak dalam suhu bertekanan tinggi.

  5. Meningkatkan Kesehatan Otak

    Manfaat ikan bandeng selanjutnya yaitu mampu meningkatkan kesehatan otak anak. Hal ini dikarenakan ikan bandeng memiliki kandungan omega 3 didalamnya. Asupan Omega 3 sangat diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang anak.

  6. Memenuhi Kebutuhan Protein

    Ikan bandeng memiliki kandungan protein yang mampu mencukupi asupan protein harian tubuh. Anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng secara teratur agar tubuh tercukupi asupan protein. Seperti yang kita ketahui tubuh kekurangan protein dapat menyebabkan malnutrisi.

  7. Menghaluskan Kulit

    Kandungan vitamin C dan D pada ikan bandeng bermanfaat baik untuk membantu meningkatkan kelembaban kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih. Karena itu kulit akan terasa lebih halus dan bersih.

  8. Mengencangkan Kulit

    Selain bermanfaat untuk menghaluskan kulit, ikan bandeng juga bermanfaat baik untuk membantu mengencangkan kulit. Dengan terjaganya keelastisan kulit maka kulit akan menjadi lebih kencang dan terhindar dari keriput serta penuaan dini.

  9. Menambah Berat Badan

    Ikan bandeng memiliki jumlah kalori dan protein yang cukup tinggi sehingga untuk anda yang sedang melakukan progam menambah berat badan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan bandeng. Namun sebaiknya didampingi dengan asupan karbohidrat dan serat yang cukup.

  10. Membesarkan Otot

    Salah satu cara untuk membesarkan otot adalah dengan mengkonsumsi asupan protein hewani. Ikan bandeng memiliki kandungan protein hewani cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi bagi anda yang ingin memiliki otot besar. Namun dengan cara pengolahan yang tepat.

  11. Mengatasi Edema

    Edema adalah masalah pembengkakan yang biasanya terjadi akibat tubuh kelebihan kadar cairan. Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi asupan vitamin B yang terbukti baik untuk menstabilkan cairan dalam tubuh. Ikan bandeng memiliki kandungan vitamin B yang juga bermanfaat baik menurunkan risiko edema.

  12. Menguatkan Pembuluh Kapiler

    Pembuluh kapiler yang mudah pecah akan menyebabkan tubuh mudah memar ketika terkena sedikit benturan. Karena itulah tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang dapat memperkuat pembuluh kapiler. Salah satunya dengan mengkonsumsi ikan bandeng.

Untuk mendapatkan manfaat diatas, sebaiknya anda juga memperhatikan cara pengolahannya agar kandungan nutrisi didalamnya tidak hilang.  Itulah penjelasan tentang Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan Tubuh . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.