62 Kandungan Manfaat dan Bahaya Ikan Lele Bagi kesehatan Perlu di Ketahui

Posted on

Kandungan manfaat dan Bahaya Ikan Lele Bagi kesehatan –¬†Lele adalah jenis ikan tawar yang sangat mudah dijumpai dipasar. Ikan lele juga memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga sering dikonsumsi oleh masyarakat. Meskipun mudah didapatkan, ikan lele memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi ikan lele berasal dari kandungan nutrisi didalamnya. Kandungan nutrisi pada ikan lele antara lain:

Kandungan Gizi Ikan Lele Per 159gram

Informasi Kalori

  1. Kalori 151 (632 kj) 8%
  2. Dari Lemak 40.4 (169 kj)
  3. Dari Protein 111 (465 kj)

NOTE : KJ (Kilo Joules)

Vitamin

  1. Vitamin A 79,5 IU (2%)
  2. Retinol 23.8 mcg
  3. Aktivitas Retinol Setara 23.8 mcg
  4. Vitamin C 1.1 mg (2%)
  5. Vitamin D 795 IU (199%)
  6. Thiamin 0,3 mg (22%)
  7. Riboflavin 0,1 mg (7%)
  8. Niasin 3.0 mg (15%)
  9. Vitamin B6 0,2 mg (9%)
  10. Folat 15.9 mcg (4%)
  11. Makanan Folat 15.9 mcg
  12. Aset Folat Setara 15.9 mcg
  13. Vitamin B12 3.5 mcg (59%)
  14. Asam pantotenat 1.2 mg (12%)

Mineral

  1. Kalsium 22.3 mg (2%)
  2. Besi 0.5 mg (3%)
  3. Magnesium 36.6 mg (9%)
  4. Fosfor 332 mg (33%)
  5. Kalium 569 mg (16%)
  6. Sodium 68.4 mg (3%)
  7. Seng 0,8 mg (5%)
  8. Tembaga 0,1 mg (3%)
  9. Mangan 0.0 mg (2%)
  10. Selenium 20.0 mcg (29%)

Protein 26.0 g (52%)

  1. Tryptophan 291 mg
  2. Threonine 1141 mg
  3. Isoleusin 1201 mg
  4. Leusin 2116 mg
  5. Lisin 2391 mg
  6. Metionin 771 mg
  7. Sistin 280 mg
  8. Fenilalanin 1016 mg
  9. Tirosin 879 mg
  10. Valin 1342 mg
  11. Arginine 1558 mg
  12. Histidin 766 mg
  13. Alanine 1576 mg
  14. Asam aspartat 2666 mg
  15. Asam glutamat 3888 mg
  16. Glycine 1250 mg
  17. Proline 921 mg
  18. Serine 1062 mg

Manfaat Ikan Lele

1. Menjaga kesehatan pencernaan
Lele memiliki kandungan air cukup banyak yaitu sekitar 76gram/100gram. Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup agar organ ginjal dapat berfungsi dengan baik. Selain didapatkan dari mengkonsumsi air putih, anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air agar lebih mudah dicerna dalam tubuh. Makanan yang mudah dicerna tidak akan mengiritasi rongga dalam tubuh. Sehingga organ pencernaan akan tetap sehat.

2. Membantu pembentukan otot
Terbentuknya otot dalam tubuh didukung oleh tercukupnya asupan protein dalam tubuh. Lele memiliki kandungan 17gram protein dari 100gram dagingnya. Protein pada lele dapat dijadikan alternatif untuk membantu proses pembentukan otot.

3. Mencegah Penyakit Kolesterol
Lele memiliki kandungan lemak sekitar 4,5gr/100 gram. Lemak tersebut adalah jenis lemak tak jenuh (HDL), yang dapat dicerna dalam tubuh dengan baik dan tidak meninggalkan akumulasi plak kolesterol pada pembuluh darah, sehingga berkhasiat untuk mencegah penyakit kolesterol.

4. Baik untuk Kesehatan Gigi
Kerusakan pada gigi dapat membahayakan kesehatan serta membuat tidak nyaman. Lele memiliki kandungan kalsium sebanyak 20gram/100gram daging lele. Mengkonsumsi ikan lele dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

5. Menjaga Kepadatan Tulang
Lele memiliki kandungan fosfor sebanyak 200mg, yang baik dikonsumsi untuk menjaga kepadatan tulang.

6. Melancarkan Metabolisme dan Peredaran Darah
Lele juga memiliki kandunganan zat besi. Zat besi dalam tubuh perlu diperhatikan karena memiliki kaitan erat dengan metabolisme tubuh dan menjaga sirkulasi darah.

7. Menjaga Kesehatan Mata
Lele memiliki kandungan vitamin A sekitar 150IU/100 gram. Vitamin A sangat bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan mata, menjernihkan dan membuat mata tetap bersinar.

8. Menjaga Antibodi
Seseorang yang memiliki ketahan tubuh, sistem imunitas, dan antibodi yang menurun, biasanya akan di rekomendasikan untuk mengkonsumsi vitamin B1. Lele memiliki kandungan vitamin B1 yang sangat baik untuk menjaga antibodi atau sistem ketahanan tubuh.

9. Tinggi Protein
Lele memiliki kandungan protein cukup tinggi yaitu sekitar 25% dari tubuhnya. Protein pada lele tidak hanya bermanfaat untuk menambah asupan protein dalam tubuh melainkan juga sebagai pelengkap mutu protein pada menu makan harian. Jenis protein yang terkandung dalam lele antara lain asam amino esensial (lisin), metionin dan leusin dengan kadar protein yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan protein yang terdapat pada susu dan daging.

Leusin bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan anak, membantu pembentukan otot dan perombakan otot. Sedagkan lisin membantu proses pertumbuhan, dan menyembuhkan penyakit herpes.

10. Tinggi Kandungan Phospor
Lele memiliki kandungan phospor mencapai 167mg/100gram. Kandungan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan telur yang hanya memiliki kandungan phospor sekitar 100mg. Phospor bermanfaat untuk membantu memberikan kekuatan dan enegi dalam proses metabolisme lemak dan pati, menunjang kesehatan gigi dan gusi, membanti sistesis DNA, dan membantu penyerapan kalsium.

untuk ibu hamil, phospor dibutuhkan untuk membantu proses pembentukan tulang pada janin, Kondisi ibu hamil yang kekurangan phospor dapat menyebabkan janin akan mengambil phospor dari tulang sang ibu. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab terjadinya osteporosis.

11. Tinggi Kalium
Perbandingan kandungan kalium dan natrium pada ikan lele yaitu 24,7 : 1, hal tersebut sangat baik untuk menjaga kesahatan cardio dan pembuluh darah. Salah satu syarat dari sebuah makanan dikatakan sehata dan baik untuk menjaga kesehatan jantung adalah jika perbandingan kalium dan natrium didalamnya lebih dari 6:1.

Fungsi kalium dalam tubuh lainnya antara lain:

  • Membantu pengendalian tekanan darah
  • Memusnahkan CO2 (karbondioksida) yang terkandung di dalam darah
  • Memicu simpul syarat dan kerja otot
  • Melancarkan oksigen menuju ke otak
  • Melancarkan keseimbangan cairan dalam tubuh

12. Tingggi Omega-3
Lele juga memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Omega 3 membantu proses perkembangan otak pada janin pda ibu hamil. Selain itu juga penting untuk perkembangan fungsi penglihatan dan saraf pada bayi.

Bahaya Ikan Lele

Selain memiliki banyak kandungan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan, hal penting yang harus diketahui juga adalah ikan lele juga dapat membahayakan kesehatan. Hal ini disebabkan karena lele masih bisa bertahan hidup meskipun berada pada tempat yang buruk dan kotor sekalipun. Lele juga dapat hidup ditempat yang mengandung limbah rumah tangga yaitu dengan kapasitas kandungan oksigen rendah yaitu 6 ppm, Co2 kurang dari 12 ppm, sedangkan suhu yang cukup stabil antara 23 sampai 26 derajat, dan bertahan pada lokasi yang mengandung NH3 kurang dari 1 ppm. Hal inilah yang menyebabkan lele dapat membahayakan kesehatan. Beberapa bahaya lele bagi tubuh antara lain:

Menyebabkan Hipertiroid
Hipertiroid adalah salah satu jenis penyakit tiroid yaitu kondisi jumlah hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid berlebih sehingga tubuh kelebihan hormon tiroid yang menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

Lele dapat menyebabkan hipertiroid akibat kandungan logam berat yang masuk pada daging ikan lele. Hal ini sering disebabkan karena lele mengkonsumi bangkai hewan, kotoran hewan yang tempatnya berdekatan dengan kolam lele, atau dari limbah rumah tangga yang mengandung logam berat. Karena itulah sebagai konsumen kita harus cerdas memilih jenis ikan lele yang berasal dari tempat yang sehat.

Menyebabkan Pertumbuhan Sel Abnormal
Cara mengolah ikan lele yang tidak benar juga dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Seperti mengolah ikan lele menggunakan minyak bekas yang telah berulang kali digunakan akan mengandung radikal bebas yang didalamnya terdapat asam lemak jenuh yang padat dan bersifat korinogenik pemicu munculnya sel abnormal didalam DNA tubuh. Terllu sering mengkonsumsi ikan lele yang diolah dengan minyak bekas yang mengandung racun trans 2 hidroksiloktenal(HNE) yang terbukti berpotensi menyebabkan seseorang terserang kanker hati, Kanker lambung dan lain lain.

Mengandung Merkuri
Faktor lingkungan yang semakin terabaikan dan tercemari dari banyak limbah menyebabkan banyak ikan yang mengandung merkuri, tak terkecuali pada ikan lele yang masih dapat bertahan hidup dalam berbagai kondisi perairan.

Mengandung Bakteri Berbahaya
Lele dapat berkembang biak diperairan kotor dan rendah oksigen yang sudah tentu banyak mengandung bakteri berbahaya seperti E.coli, Shigella dan Salmonella. Namun bakteri-bakteri tersebut dapat kita hilangkan dengan cara pengolahan yang tepat. Pastikan anda mencuci lele dengan bersih dan mengolahnya dengan pemanasan yang tepat karena bakteri pada lele bisa mati karena pemanasan.

Terlepas dari bahaya yang ada pada ikan lele, masih terdapat banyak manfaat dan kandungan gizi yang ada pada ikan lele.  Itulah penjelasan tentang Kandungan dan Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan Tubuh yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..