Kandungan Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit yang Penting Diketahui

Posted on

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit  – Buah kesemek memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Hal ini karena buah kesemek memiliki banyak kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk tubuh. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui tentang manfaat buah yang dianggap tidak menarik oleh kebanyakan orang.

Pada umumnya buah kesemek memiliki bentuk bulat seperti buah apel, hanya saja bagian luar buah kesemek terdapat lapisan bubuk putih seperti bedak. Hal inilah yang menyebabkan buah kesemek sering disebut sebagai buah genit. Buah kesemek dapat dikonsumsi setelah benar-benar matang dengan rasa manis yang menyegarkan, karena ketika belum terlalu matang buah ini akan terasa sepat.

Selain memiliki rasa yang manis, buah kesemek juga memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh seperti kalsium, fosfos, dan banyak kandungan vitamin didalamnya, berikut ini kandungan gizi pada buah kesemek.

Kandungan Gizi dan Nutrisi pada Buah Kesemek

Berikut kandungan gizi dan nutrisi pada 100gram buah kesemek yang disajikan dalam tabel dibawah ini:

KandunganNilai GiziPersentase RDA
Energi70 Kkal3,5%
Karbohidrat18,59 g0.14
Protein0,58 g0.01
Lemak total0.19g0.01
Kolesterol0 g0
Serat makanan3,6 g9,5%
Vitamin
Kolin7,6 mg1,5%
Folat8 mcg0.02
Niasin0.100 mg0.01
Piridoksin0.100 mg7,5%
Riboflavin0,020 mg1,5%
Thiamin0,030 mg2,5%
Vitamin C7,5 mg12,5%
Vitamin A81 IU0.03
Vitamin E0,73 mg0.05
Vitamin K2,6 mcg0.02
Elektrolit
Sodium1 mg0
Kalium161 mg2,5%
Mineral
Kalsium8 mg0,8%
Tembaga0.113 mg12,5%
Besi0,15 mg0.02
Magnesium9 mg0.02
Mangan0,355 mg0.15
Fosfor17 mg4,5%
Seng0,11 mg0.01
Nutrisi Nabati
Karoten-a0 mcg
Carotene-ß253 mcg
Crypto-xanthin-ß1447 mcg
Lutein-zeaxanthin834 mcg
Likopen159 mcg

Manfaat Buah Kesemek untuk kesehatan

1. Mengontrol berat badan
Kesemek memiliki kandungan serat yang dapat mengelola berat badan serta membantu penurunan berat badan karena membuat kenyang lebih lama. Selain itu, kesemek juga mengandung gula cukup tinggi sehingga baik dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas fisik karena lebih mudah terserap oleh tubuh dan diubah menjadi energi.

2. Melindungi Retina Mata
Kesemek memiliki kandungan Lutein Zeaxanthin yaitu antioksidan yang umumnya terdapat pada karotenoid alami. Kandungan tersebut efektif untuk menjaga dan meningkatkan penglihatan yang bekerja pada lensa dan retina untuk mencegah kondisi yang terkait dengan dengan penyakit degeneratif seperti degenerasi makula dan katarak.

Selain itu kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K yang dikenal karena sifat anti-oksidan mereka. Nutrisi ini sangat penting untuk melindungi kerusakan retina pada mata.

3. Mencegah penyakit Kanker
Manfaat selanjutnya buah kesemek adalah untuk membantu mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan buah kesemek memiliki kandungan zat agen yang dapat menolak racun jahat masuk dalam peredaran darah yang dapat menyebabkan kanker. Sedangkan kandungan antioksidan pada buah kesemek berfungsi menangkal radikal bebas dalam tubuh.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Buah kesemek kaya senyawa asam askorbat yang dapat melemahkan virus dan bakteri jahat dalam tubuh. Mengkonsumsi buah kesemek secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu asam askorbat juga dapat membantu meningkatkan sel darah putih dalam tubuh.

5. Mencegah tumor
Kandungan asam betulinic bermanfaat untuk menurunkan perkembangan pembentukan tumor dalam tubuh. Selain itu pada penderita tumor, anda dapat mengkonsumsi buah kesemek untuk menahan perkembangan tumor dalam tubuh anda.

6. Meningkatkan sirkulasi darah
Buah kesemek memiliki kandungan tembaga yang penting dalam pembentukan sel darah merah. Tembaga juga dapat membantu meregenerasi sel darah merah yang lama menjadi baru, jika senyawa tembaga tidak ada, tubuh tidak dapat menyerap nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk HB tambahan.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh
Kesemek memiliki kandungan vitamin B kompleks yang membantu proses enzimatik peningkatan metabolisme tubuh. Untuk itu, konsumsi buah kesemek secara rutin untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

8. Mencegah Inflamasi
Buah kesemek juga bermanfaat untuk membantu mencegah inflamasi dan infeksi yang dapat membahayakan tubuh. Hal ini terkait dengan adanya kandungan Phytochemicals yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi dan anti-infektif yang baik.

9. Mengatasi penyakit wasir
Buah kesemek memiliki sifat anti-hemoragik yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit wasir atau ambeien, selain itu buah kesemek juga dapat mengendalikan pendarahan yang berlebihan yang dapat terjadi pada penderita wasir.

10. Menjaga sistem pencernaan
Dalam 100gram buah kesemek memiliki kandungan serat sebanyak 3,6%. Dengan rutin mengkonsumsi buah kesemek bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, kandungan tanin pada buah kesemek juga bermanfaat untuk mengatasi diare.

11. Baik untuk penderita diabetes
Pada penderita diabetes biasanya ia akan cepat merasa lapar sehingga buah kesemek dapat dijadikan sebgai alternatif untuk memenuhi rasa lapar tersebut. Hal ini karena buah kesemek memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu kandungan serat didalamnya juga mampu mengontrol gula darah dalam tubuh.

12. Menjaga fungsi hati
Kandungan antioksidan pada buah kesemek bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan juga mampu mengurangi efek bahan beracun dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Karena itulah, mengkonsumsi buah kesemek juga dapat membantu menjaga dan menyehatkan fungsi organ hati.

13. Mengurangi retensi air
Kesemek memiliki efek diuretik yang bermanfaat untuk menghentikan rentensi air sekaligus meningkatkan kadar urin yang keluar melalui ginjal. Sedangkan kandungan kalium bertugas memastikan tidak ada mineral penting yang hilang saat buang air kecil.

14. Meningkatkan stamina
Buah kesemek memiliki kandungan energi yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi buah kesemek setiap hari dapat membantu meningkatkan stamina dan energi ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

15. Mencegah penyakit menular
Buah kesemek adalah sumber fitokimia, antioksidan, polifenol, dan katekin. Zat-zat tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mencegah serangan penyakit menular.

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..