Kandungan Gizi dan Nutrisi pada Tahu Serta Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Posted on

Kandungan Gizi dan Nutrisi pada Tahu –¬†Tahu adalah salah satu produk olahan tahu yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena adanya kandungan gizi dan nutisi didalamnya. Di Indonesia sendiri, tahu sangat mudah didapatkan dengan berbagai macam produk olahanya.

Tahu adalah produk pangan yang dihasilkan dari proses penggilingan kedelai hingga menjadi bubur, setelah itu dimasak, lalu ekstrak kedelai di padatkan atau dicetak sesuai ukuran.

Proses pembuatannya yang masih alami dan murah menjadi salah satu alasan mengapa tahu banyak digemari oleh banyak orang. Meskipun murah dan mudah didapatkan, ternyta tahu menyimpan banyak kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Tahu

Berikut ini beberapa kandungan gizi dan nutrisi pada 100 gram tahu,

  • Energi Tahu = 68 kkal
  • Protein Tahu = 7,8 gr
  • Lemak Tahu = 4,6 gr
  • Karbohidrat Tahu = 1,6 gr
  • Kalsium Tahu = 124 mg
  • Fosfor Tahu = 63 mg
  • Zat Besi Tahu = 1 mg
  • Vitamin A Tahu = 0 IU
  • Vitamin B1 Tahu = 0,06 mg
  • Vitamin C Tahu = 0 mg

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat Tahu untuk Kesehatan

1. Mencegah kolesterol jahat
Tahu memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan rendah kolesterol yang bermanfaat untuk menurunka kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan protein nabati pada tahu juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa menurunkan kandungan kolesterol baik dalam tubuh. Namun, sebaiknya konsumsi tahu tanpa melalui tahap penggorengan.

2. Mengurangi resiko kanker
Tahu memiliki kandungan senyawa isofavon yang dapat membantu mengurangi resiko kanker. Senyawa iso flavon adalah zat sejenis flavonoid yang bermanfaat melindungi tubuh dari racun. Sedangkan berdasarkan penelitia tentang kanker, isoflavon dalam tahu dapat membantu mencegah kanker payudara, serta mencegah penuaan dini pada wanita.

3. Menjaga keseimbangan kardiovaskular
Mengkonsumsi tahu secara teratur dengan olahan yang tepat dan sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh, sehingga dapat juga mengurangi resiko penyakit kardiovaskulat.

4. Meringankan gelaja menopause
Kandungan senyawa isoflavon pada tahu juga memiliki peran untuk mengatasi gejala menopause pada wanita. Senyawa isoflavon membantu menstabilkan estrogen saat menopause dan memberikan kelehaan dari hot flashes.

5. Mengobati penyakit ginjal
Kandungan mineral dalam tahu dapat dijadikan sebagai tambahan nutrisi yang baik untuk diet pada penyakit ginjal. Memasukan makanan kaya protein, fosfor, dan sodium sangat diperlukan pada perawatan penyakit ginjal.

6. Mencegah Anemia
Penyakit anemia terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi dan mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah. Tahu merupakan makan dengan kandunga zat besi tinggi yang ampuh untuk mencegah penyakit anemia.

7. Mencegah Kerusakan Hati
Mengkonsumsi tahu juga dapat membantu pencegahan pada kerusakan hati akibat stres oksidatif.

8.  Menjaga Kesehatan Otak
Kandungan lesitin yang ada dalam tofu membantu tubuh memproduksi fosfolipid asam fosfatidat (PA) dan fosfatidilserin (PS), yang membantu fungsi neuron, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan otak.

9. Mencegah Kerontokan Rambut
Mengkonsumsi tahu juga bermanfaat untuk membantu merawat rambut rontok. Hal ini karena tahu memiliki kadnungan keratin dan protein yang penting dalam membantu pertumbuhan rambut.

10. Membantu mengatasi osteoporosis
Osteoporisis atau pengeroposan tulang adalah jenis penyakit yang kerap diderita oleh orang lanjut usia. Tahu bermanfaat untuk menyembuhkan dan meminimalisir dangguan akibat penyakit tersebut. Hal in karena tahu memiliki kandungan kalisum tinggi didalamnya.

Tahu adalah produk olahan kedelai yang memiliki kandungan gizi dan manfaat untuk kesehatan. KOnsumsi tahu secara rutin sangat penting untuk membantu meningkatkan fungsi tubuh dan fungsi organ lainnya.

Itulah penjelasan tentang Kandungan Gizi dan Nutrisi Pada Tahu serta Manfaatnya yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..