Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Posted on

Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan –¬†Telur asin merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak penggemarnya di kalangan pecinta kuliner Indonesia. Telur asin adalah telur bebek yang telah mengalami proses pembusukan dengan menggunakan bata merah dan garam hingga rasanya menjadi asin, lalu direbus hingga matang dan menghasilkan rasa telur yang asin dan kenyal. Karena memiliki rasa asin yang khas, tidak heran jika dalam satu butir telur asin mengandung sodium cukup tinggi yaitu sekitar 397mg.

Telur asin memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan telur ayam, selain itu telur asin juga memiliki kandungan tinggi kalori sekitar 50% dari telur ayam, dan mengandung beberapa kandungan nutrisi penting.

Jumlah Nutrisi pada Telur Asin

Dalam 100gram telur asin mengandung beberapa kandungan nutrisi seperti:

  • Energi Telur Asin = 195 kkal
  • Protein Telur Asin = 13,6 gr
  • Lemak Telur Asin = 13,6 gr
  • Karbohidrat Telur Asin = 1,4 gr
  • Kalsium Telur Asin = 120 mg
  • Fosfor Telur Asin = 157 mg
  • Zat Besi Telur Asin = 2 mg
  • Potasium Telur Asin = 165 mg
  • Vitamin A Telur Asin = 841 IU
  • Vitamin B1 Telur Asin = 0,28 mg
  • Vitamin C Telur Asin = 0 mg

Namun penelitian kandungan gizi dan nutrisi terhadap telur asin bisa menghasilkan perbedaan hasil karena berbagai faktor yang mempengaruhinya seperti kualitas telur asin.

Manfaat Telur Asin Untuk kesehatan 

Tinggi Protein
Telur asin memiliki kandungan protein sangat tinggi. Pada satu butir telur asin mengandung 9gr protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Protein bermanfaat untuk membentuk otot, menjaga kebugaran tubuh dan baik untuk kesehatan tubuh.

Membantu pertumbuhan sel baru
Protein berfungsi untuk membentuk sel-sel baru dalam tubh dan membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Kandungan protein dalam telur asin juga dapat meregenerasi sel dalam tubuh secara optimal sehingga berpengaruh pada ketahanan tubuh.

Meningkatkan fungsi sel darah merah
Telur asin juga bermanfaat baik untuk meningkatkan fungsi sel darah merah dalam tubuh yang baik untuk mecegah terjadinya pendarahan.

Menjaga kesehatan kulit
Telur asin memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E bermanfaat untuk menjadikan kulit menjadi lebih cerah dan menjadi lebih bersinar.

Menjaga kesehatan tulang
Telur asin memiliki kandungan fosfor dan kalsium cukup tinggi yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan dan membantu pertumbuhan tulang. Kandungan kalsium tersebut juga bermanfaat untuk mencegah terserang osteoporosis.

Meningkatkan sistem imunitas
Kandungan selenium pada telur asin bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Adanya kandungan selenium pada telur asin juga bermanfaat untuk menyerang sistem kekebalan tubuh seperti flu dan batuk.

Mencegah anemia
Kandungan zat besi pada telur asin bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya gejala anemia atau kekurangan darah.

Mengandung tinggi energi
Telur asin dapat memberikan energi dalam tubuh hal ini karena dalam telur asin mengandung protein, lemak dan kalori. Kandungan tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Menjaga kesehatan mata
Telur asin juga memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehtan mata. Dengan mengoptimalkan asupan vitamin A dapat terhindar dari gangguan kesehatan mata dan menjaga kesehatan mata.

Baik untuk perkembangan otak
Telur asin memiliki kandungan omega 3 yang penting untuk membantu perkembangan otak. Maka sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak pada masa pertumbuhan.

Melancarkan peredaran darah
Telur asin juga meiliki berbagai kandungan mineral yang baik untuk membantu melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar membuat suplai dari darah dan juga mineral lainnya ke organ-organ tubuh akan menjadi lancar. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan pada pembuluh darah.

Menangkal radikal bebas
Telur asin memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Efek Samping

Telur asin banyak dibuat dari telur bebek yang memiliki kandungan kolesterol lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam. Setiap telur mengandung 619mg kolesterol. Untuk itu pada penderita kolesterol tinggi disarankan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi telur asin.

Telur asin memiliki kandungan garam tinggi yang perlu diwaspadai bagi penderita darah tinggi. Garam memiliki kandungan natrium sangat tinggi yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat berakibat tidak baik pada tekanan darah.

Itulah penjelasan tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.