24 Kandungan Gizi dan Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan Yang Penting Diketahui

Posted on

Kandungan Gizi dan Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan – Kolang kaling atau sering juga disebut dengan buah atap adalah makanan yang berasal dari pohon aren yang telah diolah. Masyarakat Indonesia sering mengolah kolang kaling sebagai campuran untuk minuman atau dibuat manisan kolang kaling dengan tekstur yang kenyal dan dingin.

Tahukah anda jika kolang kaling memiliki kandungan gizi yang berkhasiat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun sebelum dapat dikonsumsi kolang kaling terlebih dahulu melalui proses pengolahan yang cukup panjang. Mulai dari pembakaran atau perebusan buah aren untuk menghilangkan lendir yang membuat gatal, kemudian proses pengupasan kolang kaling dari kulit lalu dilanjut dengan perendaman air kapur selama beberapa lama agar memiliki tektur kenyak dan terfermentasi.

Kandungan Gizi Kolang Kaling

Dalam 100gram kolang kaling mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan, antara lain:

  • Fosfor 243 mg
  • Karbohidrat 6 gram
  • Kalsium 91 mg
  • Protein 0,4mg
  • Lemak 0,2 gram
  • Serat 1,6 gram
  • Zat besi 0,5 mg
  • Kalori 27 kkal

Selain itu, kolang kaling juga mengandung nutrisi lain seperti potassium, iron, zinc, kalsium dan kandungan vitamin A, B, C, K dalam setiap biji.

Manfaat Kolang Kaling

Berikut ini beberapa manfaat kolang kaling untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi Asam Urat
Kolang kaling memiliki kandungan zat galalktoman yang dapat membantu pengurangan peradangan pada sendi akibat penumpukan purin pada penderita asam urat. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda dapat mengkonsumsi kolang kaling secara rutin. Selait galalktoman, kolang kaling memiliki cukup banyak kandungan air yaitu sekitar 94% per 100gram yang dapat membantu menurunkan kadar purin dalam tubuh.

2. Baik untuk ibu menyusui
Kolang kaling memiliki kandungan vitamin B yang membantu ibu menyusui agar tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah. Selain itu kandungan vitamin K dan air cukup tinggi dapat membantu ibu menyusui tetap segar dan tidak cepat lemas.

3. Mengatasi Darah Tinggi
Darah tinggi atau hipertensi ditandai dengan penyempitan pembuluh darah sehingga jantung perlu tenaga ekstra untuk memompa darah ke seluruh tubuh untuk mengalirkan oksigen. Kolang kaling juga memiliki manfaat untuk hipertensi karena adanya kandungan kalsium. Kalsium memiliki manfaat untuk melebarkan pembuluh darah sehingga secara perlahan tekanan darah akan menurun.

4. Baik untuk diet
Kolang kaling memiliki kandungan karbohidrat yang dapat memberi energi tubuh dan membuat rasa kenyang lebih lama. Selain karbohidrat, kolang kaling juga mengandung gelatin yang dapat menurunkan berat badan dan menekan nafsu makan. Mengkonsumsi kolang kaling dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap langsing.

5. Mengatasi Diabetes
Penderita diabetes akan memiliki kadar insulin yang sangat rendah. Kolang kaling bermanfaat penting untuk membantu menstimulasi tubuh untuk memproduksi insulin. Hormon insulin berfungsi besar untuk mengatur kadar gula dalam darah untuk tetap stabil.

6. Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat selanjutnya kolang kaling yaitu untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang. Hal ini berkat kandungan kalsium yang ada dalam kolang kaling. Selain kalsium, kandungan zat galalktoman pada kolang kaling juga baik untuk mencegah osteoporosis.

7. Melancarkan Pencernaan
Kolang kaling memiliki kandungan serat yang tidak mudah larut (serat kasa) yang bermanfaat untuk membersihkan racun dalam tubuh, membersihkan metabolisme pencernaan. Hal ini sangat baik untuk menangani masalah pencernaan baik masalah sembelit atau diare.

8. Mengurangi Gatal-gatal
Mengkonsumsi kolang kaling juga bermanfaat baik untuk membantu mengurangi gatal-gatal pada tubuh.

9. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
Kolang kaling memiliki kandungan mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi dalam jumlah banyak yang bermanfaat baik untuk memperkuat persendian, menyegarkan tubuh dan melancarkan aliran darah. Sedangkan zat besi bermanfaat baik untuk proses pembentukan sel darah merah serta fosfor untuk melancarkan fungsi otak.

Manfaat Selanjutnya Kolang Kaling

  1. Mengatasi masalah kesehatan perut
  2. Mengatasi sakit pinggang
  3. Mempercepat penyembuhan luka
  4. Membantu pembentukan badan atletis
  5. Melancarkan metabolisme tubuh
  6. Memperbanyak produksi sperma
  7. Mempertajam indera pendengaran
  8. Mencegah penyakit batu ginjal
  9. Mencegah sembelit
  10. Mengatasi ruam kulit
  11. Mengatasi kencing batu
  12. Melancarkan haid
  13. melancarkan saluran kemih
  14. Memperkecil memar dan bengkak
  15. Membentuk tulang pada bayi

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..