35 Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Posted on

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan – Matoa adalah jenis tanaman buah asli endemik Papua yang masih memiliki kerabat dengan buah rambutan. Namun saat ini tanaman Matoa sudah banyak ditemui dibanyak kawasan seperti di Sumatera, Nusa Tenggara hingga Maluku.

Pohon Matoa memiliki karakter yang mirip dengan pohon rambutan yaitu bisa menjulang tinggi hingga beberapa meter dengan buah yang bergerombol namun memiliki daun yang lebih besar dibandingkan dengan daun buah rambutan.

Buah matoa memiliki ukuran bulat kecil seperti telur puyuh dengan permukaan kulit buah berwarna kecoklatan tua, terasa halus dan licin saat disentuh, dan tidak berambut seperti buah rambutan.

Buah Matoa memiliki keunikan yang berasal dari rasanya, buah matoa memiliki perpaduan rasa seperti buah kelengkeng, dengan aroma buah durian dan kesat serta berlemak seperti buah nangka. Karena rasanya yang unik, banyak orang yang kurang menyukai buah ini. Padahal dalam buah matoa memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Matoa memiliki sejumlah kandungan manfaat seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B1,glukosa, kalsium, potassium, flavonoid dan saponin.

Manfaat Matoa Bagi Kesehatan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah matoa memiliki kandungan senyawa dan kandungan yang bermanfaat kesehatan dengan optimal, bahkan dapat membersihkan racun dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit lainnya. Berikut ini manfaat buah matoa untuk kesehatan antara lain:

1. Manfaat vitamin C dan Vitamin E
Buah matoa memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang dapat bermanfaat untuk.

  • Meregenerasi sel
  • Mencegah alergi
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu merawat kesehatan kulit dan rambut
  • Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

2. Manfaat Vitamin B1
Kandungan vitamin B1 pada buah matoa bermanfaat untuk.

  • Meningkatkan pembakaran
  • Membantu pembentukan massa otot dan darah

3. Menurunkan Ketegangan Saraf
Kandungan senyawa pada buah matoa memiliki kemampuan untuk menurunkan ketenganan saraf dan dapat membantu memberikan efek kantuk.

4. Aman untuk diabetes
Buah matoa memiliki kandungan floktosa tinggi yang lebih aman untuk dikonsumsi penderita diabetes dibandingkan dengan gula tebu selama dikonsumsi dengan jumlah wajar. Sifat pemanis dari fruktosa berbeda dengan pemanis tebu yang sulit dipecah dan dialihkan menuju otak sehingga fruktosa tidak mudah mengendap pada darah.

5. Mencegah serangan jantung koroner
Mengkonsumsi buah matoa dalam jumlah wajar dapat membantu melancarkan aliran darah, melawan radikal bebas serta membersihkan residu metabolisme dalam tubuh sehigga baik untuk meredakan penyakit terkait residu tubuh seperti kolesterol dan asam urat.

6. Meningkatkan Kesuburan
Kandungan vitamin E pada buah matoa bermanfaat baik untuk membantu meningkatkan kesuburan pada wanita. Pada wanita, vitamin E bermanfaat untuk melindungi sel telur, meningkatkan kesuburan dan mencegah terjadinya perpecahan membran selama masa kehamilan.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah matoa memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi yang bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Mengandung antioksidan
Kandungan antioksidan pada buah matoa bermanfaat baik untuk tubuh seperti menangkal radikal bebas serta mengurangi resiko kanker. Antioksidan juga bermanfaat untuk menghancurkan sel-sel pemicu kanker sebelum menyebar.

9. Mengobati Ambeien
Ambeien adalah salah satu gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan. Matoa dapat digunakan untuk mengobati penyakit ambeien secara alami. Konsumsi buah matoa secara rutin untuk mengatasi penyakit ambeien.

10. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan antioksidan pada buah matoa bermanfaat bagi kecantikan kulit. Mengkonsumsi buah matoa dapat mencegah dan memperlambat munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

11. Mencegah Hipertensi
Manfaat selanjutnya buah matoa yaitu untuk mencegah hipertensi. Mengkonsumsi buah matoa dapat mencegah hipertensi serta membantu mengontrol tekanan darah agar lebih stabil.

12. Mengontrol Kadar Gula
Pada penderita diabetes biasanya akan merasa takut ketika mengkonsumsi makanan karena khawatir terjadi lonjakan gula darah. Bagi penderita diabetes dapat mengkonsumsi buah matoa. Buah matoa dapat membantu mengkontrol kadar gula darah dan cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

13. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Buah matoa memiliki kandungan serat cukup tinggi yang bermanfaat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit. Mengkonsumsi matoa dapat membantu melancarkan pencernaan anda.

14. Mencegah Munculnya Jerawat
Kandungan vitamin C dan vitamin E pada buah matoa bermanfaat untuk menangkal jerawat sehingga kulit akan tampak lebih bersih. Konsumsi buah matoa secara rutin untuk membantu mencegah munculnya jerawat.

15. Meningkatkan Stamina Tubuh
Banyaknya rutinitas setiap hari dapat menguras energi dalam tubuh sehingga tubuh membutuhkan cukup asupan makanan untuk mengembalikan stamina tubuh. Mengkonsumsi buah matoa dapat meningkatkan stamina dalam tubuh.

16. Mencegah Jantung Koroner
Memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi makanan berkolesterol tinggi dapat memicu munculnya penyakit jantung koroner. Untuk membantu mencegah penyakit jantung koroner anda dapat mengkonsumsi buah matoa secara rutin.

Manfaat Buah Matoa Lainnya…

  • Menjaga kesehatan mata
  • Mengobati batu empedu
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menjadikan kulit lebih kenyal
  • Mengobati wasir
  • Mencegah Tumor
  • Menghaluskan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Melembabkan kulit
  • Mengeluarkan racun dalam tubuh
  • Melindungi kulit dari sinar UV

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..