15 Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Posted on

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan – Lontar adalah tanaman yang tumbuh di beberapa negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, Malaysia, India, Vietnam, Pakistan, Thailand, Singapura, dan lainnya. Lontar menghasilkan buah yang mirip dengan kolang kaling, atau lebih dikenal dengan buah siwalan dan akan berwarna hitam keunguan ketika matang.

Namun berbeda dengan kolang kaling, buah lontar memiliki rasa manis yang sering dimanfaatkan menjadi olahan seperti untuk es buah, kue, selai dan olahan lainnya. Tahukah anda jika buah lontar memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang juga bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Lontar

Kandungan gizi dan nutrisi pada 100 gram buah lontar, antara lain:

  • Gula 10,93gram
  • Gula reduksi 0,97gram
  • Protein 0,35gram
  • Nitrogen 0,057gram
  • Mineral 0,55 gram
  • Abu 1,07 gram
  • Fosfor 0,15 gram
  • Zat besi 0 gram
  • Vitamin C 13,25 mg
  • Vitamin B1 3,9 IU
  • Kalsium

Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan

Berikut manfaat buah lontar untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Bermanfaat Sebagai Isotonik
Isotonik adalah larutan minuman dengan tekanan osmolaritas yang sama dalam cairan tubuh. Buah lontar memiliki kandungan nira tinggi yang mirip cairan dalam tubuh yang dapat dikatakan sebagai isotonik. Minuman isotonik memiliki kelebihan dibandingkan dengan air putih biasa, yaitu mampu menggantikan cairan dalam tubuh lebih cepat.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Buah lontar tinggi kandungan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Kandungan fosfor, vitamin B2 dan niasin pada buah lontar dapat membantu proses pencernaan. Selain buahnya, nira lontar juga memiliki sifat isotonik yang juga membantu melancarkan pencernaan lebih cepat dibandingkan dengan air putih biasa.

3. Menyejukkan Tubuh
Buah lontar juga memiliki manfaat untuk menyejukkan tubuh. Buah lontar memiliki tekstur yang kenyal seperti gel dan bersifat dingin yang membantu menyejukkan tubuh.

4. Melawan radikal bebas
Kandungan vitamin C dan vitamin B1 dalam buah lontar dapat memberikan manfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas, memperlambat proses oksidasi dan menjaga tubuh dari kerusakan sel sehingga mencegah penuaan dini.

5. Mengobati Diabetes
Manfaat selanjutnya buah lontar yaitu mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan buah lontar memiliki indeks glikemik rendah yang biasanya juga ditemui pada gula jagung. Jadi mengkonsumsi buah lontar juga baik untuk mengatasi penyakit diabetes.

6. Mengatasi Masalah kulit
Manfaat selanjutnya buah lontar yaitu untuk mengatasi dermatitis yang dapat menyebabkan gatal hingga kulit menjadi kemerahan. Untuk mengatasi masalah dermatitis, anda dapat menempatkan buah lontar didaerah kulit yang bermasalah lalu tutupi kain bersih.

7. Sebagai Antibiotik
Dalam nira lontar memiliki kandungan enzim yang dapat berperan sebagai antibiotik tubuh. Antibiotik adalah senyawa yang dapat mengehtnikan pertumbuhan virus dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Konsumsi buah lontar agar tubuh terhindar dari bakteri atau virus penyebab penyakit.

8. Mengatasi Stress
Buah lontar dapat membua tubuh merasa tenang dan sejuk karena adanya kandungan mineral didalamnya, selain itu kandungan vitamin C pada buah lontar juga berperan dalam mengatasi stress. Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vit C mampu menaikkan mood pasien rawat inap di rumah sakit. Vitamin C juga bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

9. Menjaga kesehatan Ginjal
Ginjal memiliki peranan yang penting dalam tubuh yang berperan dalam proses ekskresi dalam tubuh seperti mengatur volume cairan dalam tubuh, mengatur hormonal dan ekskresi sisa-sisa metabolisme. Kandungan fosfor pada buah lontar dapat menjaga kesehatan ginjal dengan membantu proses pembuangan air kecil dalam tubuh.

10. Melancarkan Fungsi Otak
Kandungan Vitamin A, Vitamin B 1, dan Vitamin C pada buah lontar juga dapat mempengaruhi fungsi otak untuk bekerja lebih optimal. Dengan mengkonsumsi buah lontar dapat membantu meningkatkan kecerdasan, kecermatan, ketelitian, kreativitas otak.

11. Mencegah penuaan dini
Kandungan vitamin C pada buah lontar akan berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit seperti melawan radikal bebas yang dapat membuat penuaan dini lebih cepat. Selain itu, radikal bebas juga dapat memicu berbagai penyakit, virus dan gangguan kesehatan lainnya yang merugikan tubuh.

12. Baik untuk Diet
Buah lontar memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang dapat dijadikan sebagai salah satu pelengkap menu diet. Kedua kandungan tersebut dapat dijadikan sebagai pengganti kalori nasi bagi mereka yang sedang melakukan program diet.

13. Menjaga kesehatan liver
Buah lontar juga bisa dijadikan sebagai makanan alami yang bermanfaat baik untuk mengatasi gangguan pada liver. Selain buahnya, bunga lontar juga baik untuk menjaga kesehatan liver.

14. Mengatasi lelah dan lemas
Buah lontar memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat yang dapat menambah asupan nutrisi pada seseorang yang sedang lelah dan lemas akibat kekurangan energi.

15. Sebagai obat untuk cacingan
Manfaat selanjutnya dari buah lontar yaitu dapat dijadikan sebagai cara untuk mengobati cacingan yang biasanya menyerang anak-anak.

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..