31 Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Arbei bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Posted on

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Arbei bagi Kesehatan – Buah arbei atau lebih dikenal sebagai stroberi kebun adalah salah satu jenis tanaman yang banyak ditemui dan dikonsumsi banyak masyarakat. Buah arbei memiliki rasa perpaduan rasa manis dan asam yang menyegarkan sehingga banyak digemari oleh masyarakat.

Perkembang biakan tanaman arbei ini sangat mudah sehingga tanaman ini dapat tumbuh subur meski tidak mendapatkan perawata khusus dan lahan yang luas, bahkan masih bisa tumbuh baik didalam pot.

Selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, buah arbei juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi pada Buah Arbei

Terdapat banyak kandungan nutrisi yang terkandung dalam 100gram buah arbei, antara lain:

  • Energi 37 kkal
  • Protein 0,8 gr
  • Lemak 0,5 mg
  • Karbohidrat 8,3 gr
  • Asam folat 30 mcg
  • Kalsium 28 mg
  • Fosfor 27 mg
  • Vitamin A 60 SI (Satuan Internasional)
  • Vitamin B1 0,003 mg
  • Air 89,9 gr

Note : Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), dalam 100 gr buah arbei.

Manfaat Buah Arbei untuk Kesehatan

1. Menjaga sistem pencernaan
Buah arbei memiliki kandungan serat cukup tinggi yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

2. Baik untuk Diet
Selain baik untuk mencegah sembelit, kandungan serat pada buah arbei juga baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

3. Mengatasi Sariawan
Buah arbei memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi yang dapat mencukupi kebutuhan asupan harian tubuh. Bagi mereka yang sering mengkonsumsi buah arbei akan jarang terserang masalah sariawan.

4. Menjaga kesehatan gigi dan gusi
Kandungan vitamin C pada buah arbei juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kandungan fosfor dan kalsium didalamnya juga penting untuk menguatkan struktur gigi.

5. Mengurangi resiko kanker
Buah arbei juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker. Hal ini terkait adanya kandungan antioksidan yang membantu mengurangi penyakit kanker dan mencegah pembentukan sel kanker.

6. Meringankan gejala diare
Arbei memiliki kandungan fitonutrien yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit seperti diare. Selain itu, buah arbei juga membantu melindungi tubuh agar terhindari dari gangguan pencernaan.

7. Mencegah Penuaan Dini
Buah arbei memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat baik untuk membantu mencegah penuaan dini. Selain mencegah penuaan dini, antioksidan juga dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat memicu kanker.

8. Meningkatkan stamina tubuh
Buah arbei memiliki senyawa mineral yang dapat membantu memulihkan stamina dalam tubuh. Berdasarkan ahli herbal buah arbei dapat mengatasi beberapa kondisi kesehatan lainnya.

9. Mencegah penyakit liver
Salah satu penyebab penyakit liver yaitu virus maupun pola hidup yang tidak sehat. Untuk mencegah penyakit liver anda dapat mengkonsumsi buah arbei secara rutin. Hal ini karena adanya kandungan flavonoida didalam buah arbei.

10. Mengatasi Tumor
Mengkonsumsi buah arbei secara rutin bermanfaat membantu mengatasi perkembangan sel tumor dalam tubuh. Bahkan kandungan senyawa pada buah arbei dapat bekerja dengan sangat cepat tanpa meninggalkan efek samping.

11. Mengatasi Maag
Meskipun memiliki rasa yang asam dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi tidak menyebabkan penyakit maag. Bahkan mengkonsumsi buah arbei dengan campuran madu dapat membantu mengatasi penyakit maag.

12. Mengobati Tifus
Tifus adalah jenis penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan usus yang disertai dengan demam tinggi. Penderita penyakit tifus dapat mengkonsumsi buah arbei secara rutin atau dengan dibuat jus.

Manfaat Buah Arbei Lainnya..

  1. Meningkatkan ketajaman memori otak
  2. Meremajakan kulit wajah
  3. Mencerahkan wajag
  4. Mencegah osteoporosis
  5. Melembutkan kulit kering
  6. Melancarkan peredaran darah
  7. Mencegah jerawat
  8. Mengatasi Anemia
  9. Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Arbei bagi Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..