29 Kandungan Gizi dan Manfaat Beras Hitam Super Food Bagi Kesehatan

Posted on

Kandungan Gizi dan Manfaat Beras Hitam Super Food Bagi Kesehatan – Beras hitam adalah salah satu varietas beras lokal unggulan yang memiliki kandungan pigmen paling baik dibandingan dengan jenis beras biasa atau beras merah. Beras hitam memiliki kandungan endospermia dan aleuron yang menghasilkan antosianin tinggi, kandungan tersebutlah yang membuat beras ini berwarna unngu pekat hingga mendekati warna hitam. Jika dimasak, beras ini memiliki tekstur lengket, memiliki rasa gurih kacang dan sangat cocok untuk dibuat bubur, hingga makanan penutup.

Beras hitam memiliki sejarah penyebaran yang unik, dimana pada zaman dahulu beras hitam hanya boleh dikonsumsi untuk kaisar dan keluarganya. Sebab itulah, dahulu beras hitam mendapat julukan sebagai “Beras Terlarang”, karena jika terdapat rakyat jelata yang mengkonsumsi nasi beras hitam tanpa izin, makan nyawa menjadi taruhannya.

Beras hitam memang belum setenar jenis beras lainnya seperti beras merah atau beras putih yang lebih banyak di konsumsi masyarakat. Padahal beras hitam memiliki banyak sekali kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Penelitian menyebutkan jika dalam beras merah memiliki kandungan vitamin, protein dan zat bioaktif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis beras lainnya.

Kandungan Gizi Beras Hitam

  • Karbohidrat sebesar 85%,
  • Lemak sebesar 1,9%,
  • Protein sebesar 1,04%,
  • Air sebesar 10,5%,
  • Serat sebesar 0,8%,
  • Abu sebesar 0,4%,
  • Vitamin C sebesar 0,6 mg,
  • Vitamin E sebesar 31,6 mg,
  • Kalsium (Ca) sebesar 0,386 mg/ml,
  • Magnesium (Mg) sebesar 1,95 mg/ml,
  • Kalium (K) sebesar 0,886 mg/ml,
  • Besi (Fe) sebesar 0,391mg/ml,
  • Zinc (Zn) sebesar 0,021 mg/ml.

Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

1. Tinggi vitamin dan mineral
Beras hitam memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral penting seperti vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta zinc, magnesium, dan fosfor.

  • Vitamin B kompleks membantu melepaskan energi dan mengolahnya secara efektif meningkatkan energi untuk aktivitas harian tubuh.
  • Magnesium dan zat besi mampu memerangi sindrom 3L: Lelah, Letih dan Lesu.
  • Zinc membantu mendukung kinerja sistem imun tubuh.
  • Fosfor membantu proses pembentukan tulang dan gigi.
  • Riboflavin berperan untuk melindungi sel dari stress oksidatif, dan mencegah radikal bebas

2. Tinggi Antocyanin
Beras hitam tinggi kandungan antocyanin dibandingkan dengan varietas beras lainnya. Antocyanin bermanfaat mencegah penyakit jantung dan melindungi berbagai peradangan yang dapat memicu berbagai masam penyakit seperti asma, arthritis bahkan kanker.

3. Tinggi Antioksidan
Dalam satu sendok nasi hitam mengandung antioksidan, serat dan vitamin E lebih tinggi. Antioksidan memiliki peranan yang penting untuk menangkal radikal bebas yang dapat memicu penuaan dini hingga memicu perkembangan sel kanker.

4. Tinggi Protein
Dalam satu mangkuk beras hitam memiliki kandungan karbohidrat lebih rendah dibandingkan dengan beras merah, namun lebih tinggi kandungan serat dan protein. Dalam 100 gram beras hitam mampu menyediakan 17% asupan protein harian tubuh.

5. Membantu Detoksifikasi Organ Hati
Kandungan antioksidan pada beras hitam yang berperan penting untuk menjaga kesehatan hati seperti mencegah perlemakan hati. Selain itu, beras hitam juga dapat membantu menghilangkan zat-zat racun dalam hati karena adanya kandungan fitonutrien yang mengurangi stres oksidatfi dalam tubuh, serta memperbaiki dan meningkatkan fungsi jaringan tubuh.

6. Melindungi Jantung
Beras hitam juga memiliki peran yang baik dalam mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan plak aterosklerotik di pembuluh darah jantung. Beras hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol LDL dan Kolesterol total dalam darah.

7. Melancarkan Pencernaan
Beras hitam tinggi kandungan serat yang bermanfaat baik untuk mengatasi masalah kesehatan pencernaan. Serat juga bermanfaat baik untuk meningkatkan aktivitas gerak usus dna membantu meringankan sembelit. Tingginya kandungan serat pada beras hitam dapat membantu mencegah penyerapan zat beracun dan membilasnya keluar dari tubuh.

8. Mencegah dan Mengelola Diabetes
Nasi dai beras hitam memiliki Indeks Glikemik rendah yaitu 42,3. Diet rendah GI meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang meningkatkan kontrol diabetes, serta mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu tingginya kandungan lemak pada beras hitam juga memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan sekaligus mempertahankan angka gula darah tetap stabil.

9. Mengontrol Berat Badan
Mengkonsumsi beras hitam pada program diet menurunkan berat badan lebih menunjukkan hasil positif dibandingkan dnegan mengkonsumsi beras merah. Hal ini karena beras hitam memiliki tekstur yang lebih padat dan tinggi serat namun rendah kalori sehingga dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu beras hitam juga membantu kontrol asupan kalori dan mencegah terjadinya obesitas dalam jangka panjang.

10. Meningkatkan Fungsi Otak
Selain mencegah kanker, kandungan senyawa antocyanin dalam beras hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman memori dan fungsi otak dengan memerangi stres oksidatif dalam tubuh yang berkontribusi terhadap penurunan memori dan peradangan dalam otak.

11. Mencegah Hipertensi
Bagi penderita hipertensi, anda dapat mengkonsumsi beras hitam sebagai alternatif untuk mencegah kambuhnya hipertensi. Hal ini karena kandungan senyawa aktif pada beras hitam mampu menetralkan tekanan darah agar hipertensi tidak kambuh lagi.

Beras hitam memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Baiknya lagi, beras hitam bebas dari kandungan gluten. Kandungan gluten dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan, karena itulah mengkonsumsi beras hitam akan terbebas dari masalah pencernaan.

Itulah penjelasan tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Beras Hitam Super Food Bagi Kesehatan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.