Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Posted on

Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) Bagi Kesehatan – Bawang hitam atau lebih dikenal dengan black garlic adalah hasil fermentasi dari bawang putih yang memiliki kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bawang hitam sering disebut langka karena bawang hitam mengalami proses pembuatan yang cukup lama sehingga sangat jarang ditemukan di pasaran.

Bawang hitam sendiri merupakan bawang putih yang diproses secara alami pada suhu tertentu dalam waktu yang cukup lama sehingga tercipta formulasi kimiawi yang membuat bawang menjadi hitam dengan kandungannya yang dijadikan sebagai farmakologis untuk menjaga kesehatan tubuh dan vitalitas tubuh.

Menurut historis, bawang hitam telah dikenal dan digunakan oleh bangsa Asia Tengah seperti di Jepang, China dan Korea sejak ribuan tahun lalu. Mereka mengkonsumsi bawang hitam sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bawang hitam memiliki manfaat 20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya dan 10 kali lipat dengan bawang putih biasa. Bawang hitam memiliki tekstur lembut, kenyal, gurih dan memiliki rasa yang agak manis.

Kandungan Nutrisi Bawang Hitam

Keistimewaan bawang hitam terletak pada kandungan nutrisi yang begitu beragam dan baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang ada pada bawang hitam, antara lain:

  • Flavonoid
  • Polifenol
  • Minyak atsiri
  • Kalsium
  • Saltivine
  • Dially sulfide
  • Belerang
  • Lemak tak jenuh
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin C

Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan

1. Sebagai Anti Kanker
Bawang hitam memiliki kandungan zat kimiawi yang dipercaya bermanfaat sebagai anti kanker bahkan mampu mengatasi kanker. Berdasarkan riset, pada bawang hitam ditemukan zat yang digunakan sebagai karsinogen yang dapat menghambat pertumbuhan PhIP yang memicu penyakit kanker, zat tersebut adalah diallyl sulfida pada bawang hitam.

2. Menurunkan Hipertensi
Bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa bawang hitam mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7% sampai 8%.

3. Memiliki kandungan Alicin
Bawang hitam memiliki kandungan alicin yang merupakan senyawa aktif yang berfungsi sebagai anti bakteri dan meregenerasi sel yang tidak aktif dalam tubuh.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Bawang hitam juga ampuh untuk memetabolisme zat besi yang ada dalam tubuh. Zat besi akam tersimpan dalam tubuh dan selanjutkan akan dipindahkan dari sel dan akan dikemablikan ke dalam sirkulasi tubuh yang membutuhkan protein yang disebut dengan Ferroportin.

5. Mengobati sakit gigi
Sakit gigi disebabkan oleh adanya bakteri yang tumbuh dalam mulut. Untuk mengatasi sakit gigi anda dapat mengkonsumsi bawang hitam. Hal in karena bawang hitam dapat bersifat sebagai anti virus dan anti bakteri yang mampu menghilangkan bakteri dalam tubuh. Selain itu, bawang hitam juga memiliki senyawa analgesik yang berperan untuk mengatasi sakit gigi.

6. Mengurangi Obesitas
Bawang hitam memiliki kandungan senyawa antiinflamasi yang berfungsi untuk mengatur sel lemak yang mengendap dalam tubuh yang bisa menyebabkan obesitas. Dengan ada zat vinyldithin pada bawang hitam mampu membantu proses infalami sehingga cukup baik untuk mencegah kenaikan berat badan.

7. Mencegah demensia dan alzheimer
Penyakit demensia dan alzheimer adalah jenis penyakit kerusakan saraf yang disebabkan karena radikal bebas yang juga berperan dalam proses penuaan dini. Bawang hitam memiliki kandungan antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

8. Mengatasi kolestrol Jahat
Kolesterol jahat adalah awal dari adanya penyakit jantung. Untuk mengatasi masalah kolesterol jahat anda dapat mengkonsumsi bawang hitam. Bawang hitam bekerja dengan memangkal LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dan dibuang melalui feses.

Manfaat Bawang Hitam untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, bawang hitam juga bermanfaat untuk kecantikan dan kulit. Berikut beberapa manfaat bawang hitam untuk kecantikan, antara lain:

1. Mencegah penuaan dini
Bawang hitam juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dengan secara tidak langsung akan mengganti sel yang rusak dan terhindar dari serangan jantung dan kanker. Kandungan antioksidan dalam bawang hitam juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Mengkonsumsi bawang hitam dapat menunda penuaan dini.

2. Menghilangkan Jerawat
Bawang hitam memiliki manfaat yang baik untuk menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan bawang hitam adalah dengan menghaluskan 1 siung bawang hitam lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit sebelum tidur.

3. Menghilangkan Komedo
Komedo biasanya bersarang pada pori-pori wajah seperti pada hidung yang mengganggu dan mengurangi kecantikan. Cara menghilangkan komedo dengan bawang hitam adalah mengoleskan bawang hitam yang telah di haluskan lalu diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan manfaat tersebut lakukan perawatan secara rutin.

4. Menghilangkan Bekas Luka
Manfaat selanjutnya bawang hitam yaitu untuk memhilangkan bekas luka, hal ini karena bawang hitam memiliki sifat anti radang yang mampu meghilangkan bekas luka pada kulit. Untuk menghilangkan bekas luka anda dapat mengoleskan bawang hitam secara rutin.

Manfaat Bawang Hitam Lainnya…

  1. Kandungan minyak astri yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti septic.
  2. Kandung allicin dan aliin yang dapat mencegah penyakit kolestrol, penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan penyakit berat lainnya.
  3. Membantu mengobati penyakit kolesterol, hipertensi, penyakit myom, tumor, dan kanker
  4. Mengatasi penyakit kronis yang berhubungan pada organ paru-paru seperti asma, batuk, dan sesak bafas.
  5. Membantu mencegah penyakit stroke dan serangan jantung
  6. Membantu memperbaiki sistem pencernaan, dan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun.
  7. Membantu mengurangi gejala parkinson.
  8. Membantu mengatasi penyakit diabetes dengan cara mengkawal glukosa didalam darah dan membantu meningkatkan hormon insulin.
  9. Membantu mengeluarkan dan membuang logam berat didalam tubuh seperti merkuri, dll.
  10. Membantu mencegah penyakit alzheimer.
  11. Membantu memperbaiki sel didalam hati
  12. Membantu meredakan nyeri sendi atau arthritis
  13. Membantu memelihara kesehatan tubuh
  14. Membantu untuk menyehatkan tubuh dan masih banyak lagi.

Bawang Hitam Tidak Baik Dikonsumsi pada:

  • Mereka yang alergi dengan bawang putih
  • Mereka yang akan menjalankan pembedahan dalam waktu dekat
  • Dan mereka yang sedang migran

Itulah penjelasan tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) Bagi Kesehatan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.