20 Kandungan dan Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan Penting Diketahui

Posted on

Kandungan dan Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan – Sarang semut masuk dalam marga tanaman myrmecodia yang dalam bahasa yunani berarti dikelilingi semut. Sarang semut banyak ditemukan di hutan Papua sehingga lebih sering dikenal dengan sarang semut papua. Saat ini terdapat produk herbal extrak sarang semut dijual dipasaran dengan menawarkan banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Secara empiris Sarang Semut telah terbukti membantu penderita penyakit ringan dan berat, seperti kanker dan tumor, asam urat, jantung koroner, wasir, TBC, migrain, rematik dan leukemia.

Berdasarkan hasil penelitian ilmiah dari Pusat Bioteknologi LIPI, Dr. M. Ahkam Subroto, Sang Ahli Peneliti Utama LIPI mengatakan bahwa senyawa aktif yang ada dalam Sarang Semut Papua itu adalah flavonoid, tanin, dan polifenol yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Dalam sarang semut juga ditemukan kandungan yang bermanfaat lainnya, seperti tokoferol, magnesium, kalsium, besi, fosfor, natrium, dan seng.

Meskipun telah terbukti memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, pengobatan tradisional menggunakan sarang semut masih jarang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Padahal sarang semut telah lama digunakan oleh masyarakat pedalaman Papua untuk mengobati berbagai macam penyakit ringan maupun penyakit berat. Lalu, apa sajakah manfaat dari sarang semut untuk kesehatan, berikut beberapa manfaat sarang semut untuk kesehatan.

Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan

1. Mengobati Penyakit Jantung
Jantung adalah organ yang rawan terserang penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, jantung koroner dan berbagai masalah penyakit jantung lainnya. Sarang semut memiliki kandungan mineral, kalium dan kalsium tinggi yang mampu menangani berbagai gejala penyakit jantung.

2. Mengatasi Stroke Ringan maupun Stroke Berat
Manfaat selanjutnya dari sarang semut adalah untuk mengobati penyakit stroke. Hal ini karena kandungan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut.

3. Mengobati Diabetes Mellitus
Manfaat sarang semut selanjutnya untuk kesehatan adalah untuk mengobati diabetes melitus. Sarang semut bekerja untuk memulihkan fungsi organ tubuh, khususnya pankreas, sehingga dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup, dengan demikian gula darah dapat diolah menjadi zat yang mudah diserap oleh tubuh.

4. Menangani Penyakit Kanker
Sarang semut juga diyakini dapat membantu mengatasi penyakit kanker baik kanker jinak maupun kanker ganas seperti jenis kanker otak, kanker hidung, kanker payudara, kanker lever, kanker paru-paru, kanker usus, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat, serta kanker darah (leukemia).

Hal ini dikarenakan sarang semut memiliki kandungan flavonoid, yang bekerja untuk melawan sel kanker misalnya inaktivasi karsinogen, anti-proliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, dan pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.

5. Mengatasi Gangguan Fungsi Ginjal dan Prostat
Sarang semut dapat membantu mengobati masalah fungsi ginjal dan prostat dengan mekanisme penyembuhannya berdasarkan kandungan antioksidan (flavonoid dan tokoferol) serta multi-mineral yang ada dalam Sarang Semut.

6. Mengatasi Hipertensi
Sarang semut memiliki kandungan flavonoid yang dapat mencegah penggumpalan darah, sehingga jika mengkonsumsi herbal secara rutin maka dapat terhindar dari ancaman darah tinggi. Selain Flavonoid, Sarang Semut juga memiliki senyawa Tokoferol yang terbukti mampu mengencerkan darah sehingga penggumpalan darah dan tekanan darah tinggi dapat diatasi.

7. Mengobati Wasir
Sarang semut juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit wasir, hal ini karena kandungan flavonoid dan tanin yang tinggi. Kedua kandungan senyawa ini terbukti dapat membantu mengobati penyakit wasir.

8. Menghilangkan benjolan di payudara
Sarang semut juga dapat membantu mengobati dan menghilangkan benjolan-benjolan pada payudara atau pembengkakan bukan tumor (non-neoplasma). Mekanisme penyembuhannya mirip dengan tumor dan kanker, dengan mengandalkan kandungan flavonoid yang terkandung dalam sarang semut.

9. Mengobati Penyakit Paru-Paru
Kandungan flavonoid pada sarang semut berfungsi sebagai anti bakteri yang berperan baik untuk mengobati penyakit TBC.

10. Mengatasi Haid dan Keputihan
Sarang semut juga dapat membantu melancarkan siklus haid dan mengatasi keputihan. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid, tanin, dan multi-mineralnya, terutama kalsium dan seng.

11. Melancarkan Peredaran Darah
Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut memiliki peranan penting dalam melancarkan peredaran darah.

12. Mengobati Rematik
Sarang semut memiliki kemampuan flavonoid sebagai inhibitor enzim xanthine oxidase dan antioksidan serta tokoferol sebagai antioksidan dan multi-mineral yang dapat membantu mengobati rematik.

13. Mengatasi Gangguan Alergi
Gangguan alergi seperti mimisan dan bersin-bersin dapat di sembuhkan dengan ektraks sarang semut. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan (tokoferol dan flavonoid) dan tanin.

14. Mengobati Sakit Maag
Kandungan flavonoid yang terkandung pada sarang semut berperan sebagai anti bakteri yang berfungsi untuk mengobati sakit maag.

15. Meningkatkan Produksi Asi
Kandungan multi mineral dari sarang semut memiliki peran yang penting untuk membantu melancarkan dan meningkatkan produksi ASI, mempercepat proses pemulihan kesehatan ibu pasca melahirkan dan menjaga organ bagian wanita.

16. Meningkatkan Gairah Seksualitas
Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan gairah seksual.

17. Meningkatkan Stamina Tubuh
Sarang semut tinggi akan akan kandungan antioksidan (tokoferol dan flavonoid), multi mineral yang memiliki peran untuk memulihkan kesegaran dan stamina dalam tubuh.

18. Mengobati Migrain
Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan masalah kesehatan yang umum dirasakan oleh kabnyakan masyarakat di Indonesia. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan ramuan herbal untuk mengatasi masalah migrain.

19. Sebagai Antibiotik
Selain tinggi antioksidan, sarang semut juga bermanfaat sebagai antibiotik tubuh. Mengkonsumsi herbal sarang semut berguna untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan serangan bakteri dalam tubuh.

20. Membantu Metabolisme Tubuh
Tidak hanya untuk mengobati berbagai penyakit, sarang semut juga berfungsi baik untuk proses metabolisme tubuh. Dimana kandungan pada sarang semut telah terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik dan maksimal.

Itulah tentang Kandungan dan Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan yang perlu diketahui , semoga bisa membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..