55 Kandungan dan Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan yang Perlu di Ketahui

Posted on

Kandungan dan Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan  – Lobak putih adalah salah satu jenis tanaman sayur yang dimanfaatkan pada bagian umbinya. Ada beragam jenis lobak, seperti lobak putih, merah hingga lobak ungu. Namun lobak putih lebih sering dan lebih mudah ditemukan di Indonesia.

Lobak putih sering diolah menjadi salah satu sayur yang sering dikonsumsi masyarakat seperti menjadi acar, sayur kuah, campuran soto dan olahan lainnya. Padahal lobak putih memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Lobak

Berikut beberapa kandungan yang ada pada lobak putih, antara lain:

Manfaat Nutrisi Lobak Putih Untuk Tubuh per 100g

  • Energi 16 Kkal 1%
  • Karbohidrat 3,40 g 3%
  • Protein 0,68 g 1%
  • Total Lemak 0,10 g <1%
  • Kolesterol 0 mg 0%
  • Serat makanan 1.6 g 4%

Vitamin

  • Folat 25 μg 6%
  • Niacin 0,254 mg 1,5%
  • Pyridoxine 0,071 mg 5,5%
  • Riboflavin 0,039 mg 3%
  • Vitamin A 7 IU <1%
  • Vitamin C 14,8 mg 25%
  • Vitamin E 0 mg 9%
  • Vitamin K 1,3 μg 1%

Elektrolit

  • Sodium 39 mg 2,5%
  • Kalium 233 mg 5%

Mineral

  • Kalsium 25 mg 2,5%
  • Tembaga 0,050 mg 5%
  • Besi 0,34 mg 4%
  • Magnesium 10 mg 2,5%
  • Mangan 0,069 mg 2,5%
  • Seng 0,28 mg 2%

Phyto-nutrisi

  • Karoten-ß 4 μg
  • Karoten-α 0 μg
  • Lutein-zeaxanthin 10 μg

Lobak putih memiliki warna putih dengan daging berwarna putih pula, yang dapat dimakan dalam keadaan mentah atau bisa dijadikan sebagai sup. Jika ingin dimakan mentah atau dijadikan sebagai salad, anda dapat terlebih dahulu merendam daging lobak dalam air es untuk membuat dagingnya terasa lebih renyah.

Manfaat Lobak Putih

1. Membantu Detoksifikasi Tubuh
Kandungan serat dalam lobak dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dengan cara mengikat racun dan limbah dalam tubuh, lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh, sehingga organ dalam tubuh terhindar dari racun-racun berbahaya.

2. Mengobati Penyakit Kuning
Penyakit kuning atau ikterus adalah kondisi kulit yang menunjukkan pigmentasi kekuningan. Lobak dapat dimanfaatkan untuk membantu detoksifikasi darah dengan mengurangi kerusakan sel darah merah yang terjadi pada penderita penyakit kuning. Karena itulah, lobak dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kuning.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Lobak memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat sendiri memiliki fungsi untuk menjaga pergerakan usus yang normal dan meningkatkan kemampuan usus dalam menyerap nutrisi.

4. Mencegah dan Mengatasi Sembelit
Mengkonsumsi jus lobak dapat membantu mengatasi masalah sembelit dengan bekerja menenangkan sistem pencernaan dan melancarkan sistem ekresi.

5. Mencegah Gangguan Kemih
Lobak dapat dikatakan sebagai diuretik yang membantu meningkatkan produksi urin. Mengkonsumsi jus lobak dapat membantu mengatasi masalah peradangan dan mengurangi rasa panas pada saluran kemih selama buang air kecil.

6. Menurunkan Berat Badan
Lobak jenis sayuran rendah kalori yang dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama tanpa memicu kenaikan berat badan. Rutin mengkonsumsi lobak dapat dijadikan alternatif untuk menggantikan karbohidrat namun tinggi kalori. Selain itu, lobak putih juga memiliki serat tinggi dan memiliki indeks glikemin rendah sehingga tidak berdampak meningkatkan gula darah dan tidak menyebabkan kelaparan.

7. Mengurangi Resiko Kardiovaskular
Lobak mengandung pigmen antosianin yang merupakan antioksidan kuat untuk melindungi tubuh dari penyakit kardivaskular. Mengkonsumsi lobak, secara signifikan mampu mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular.

8. Mengobati Leukoderma
Manfaat selanjutnya dari lobak adalah untuk membantu mengatasi Leukoderma, bagian yang digunakan adalah bijinya. Caranya denga haluskan biji lobak putih lalu campur dengan cuka dan oleskan pada bagian Leukoderma. Selain itu, mengkonsumsi lobak putih juga bermanfaat untuk proses detoksifikasi tubuh.

9. Mencegah Kanker
Kandungan vtamin C, antosianin, dan asam folat pada lobak diyakini dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Secara rutin mengkonsumi lobak mampu mencegah tubuh dari perkembangan sel kanker seperti kanker ginjal, lambung, mulut, usus, dan kolorektal. Selain itu lobak juga memiliki kandungan zat isthiocyanates yang dapat memicu apoptosis (kematian sendiri) dari sel-sel kanker.

10. Mengatasi Masalah Pernapasan
Lobak diyakini mampu menghilangkan penyumbatan pada hidung, tenggorokan hingga paru-paru. Hal ini karena lobak putih banyak mengandung vitamin dan zat desinfektan yang mampu melindungi sistem pernafasan akibat dari infeksi.

11. Menyembuhkan Keracunan
Manfaat lobak putih selanjutnya adalah sebagai penawar racun pada overdosis atau keracunan makanan. Efek yang ditimbulkan adalah dengan memuntahkan obat yang masuk dalam tubuh sehingga keracunan tidak berdampak kronis.

12. Mengatasi Asam Urat
Asam urat ditandai dengan adanya penumpukkan kristal asam urat pada persendian yang mengakibatkan pembengkakan dan rasa nyeri. Lobak putih bisa dimanfaatkan untuk mengobati masalah asam urat,caranya dengan membuat jus lobak dengan campuran nanas matang, dan kemiri.

13. Mengobai Ginjal
Mengkonsumsi loba secara rutin dapat membantu menghilangkan penyakit batu ginjal. Hal ini karena lobak memiliki kandungan potasium yang berguna untuk mengurangi keluarnya kalsium dalam urin yang dapat membentuk batu ginjal. Selain untuk membersihkan ginjal, zat diuretic pada lobak juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

14. Mangatasi Jamur
Manfaat lobak putih selanjutnya adalah untuk membunuh pertumbuhan jamur yang tidak bisa dikendalikan dalam tubuh. Adanya enzim seperti enzim diastase, amylase, mirosinase serta enzim esterases dapat berguna untuk membunuh jamur – jamur yang pertumbuhannya berlebihan. Selain untuk membunuh jamur pada tubuh, enzim – enzim tersebut juga memiliki manfaat untuk melenyapkan zat – zat berbahaya, virus – virus, dan juga parasite – parasite yang ada di dalam tubuh kita secara efektif.

Manfaat Lobak Putih Lainnya

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Memiliki sifat anti-mikroba
  3. Menjaga kesehatan ginjal
  4. Mengatasi masalah hati (liver)
  5. Memiliki sifat anti kanker
  6. Membantu menurunkan demam
  7. Mengobai masalah pernafasan dan batuk
  8. Memiliki sifat nati inflamasi
  9. Mencegah dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh)
  10. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  11. Melancarkan sistem pencernaan
  12. Mencegah wasir dan ambeien
  13. Sebagai peluruh keringat
  14. Membantu melembabkan kulit
  15. Mengurangi jerawat pada wajah
  16. Menghilangkan ketombe

Itulah penjelasan tentang Manfaat Magnesium Untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.