17 Kandungan dan Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan yang Penting Di Ketahui

Posted on

Kandungan dan Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan – Kacang merah adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang populer sebagai pengganti daging yang baik untuk vegetarian. Diluar negeri kacang merah dikenal dengan nama kidney beans, karena bentuknya yang mirip dengan ginjal (kidney). Kacang merah adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang populer sebagai pengganti daging yang baik untuk vegetarian. Diluar negeri kacang merah dikenal dengan nama kidney beans, karena bentuknya yang mirip dengan ginjal (kidney).

Dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya, kacang merah sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan. Kacang merah memiliki kandungan rendah kolesterol dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya. Selain itu kacang merah juga mengandung indeks glikemik rendah sehingga aman untuk penderita diabetes dan membuat kenyang lebih lama. Selain itu, kacang merah juga memiliki banyak kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan seperti :

Kandungan Kacang Merah

Dalam 100gram kacang merah mengandung:

Kalori (kcal) 332

Jumlah Lemak 0,8 g

  • Lemak jenuh 0,1 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,5 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g

Kolesterol 0 mg
Natrium 24 mg
Kalium 1.406 mg
Jumlah Karbohidrat 60 g

  • Serat pangan 25 g
  • Gula 2,2 g

Protein 24 g
Vitamin A 0 IU
Vitamin C 4,5 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,4 mg
Vitamin B12 0 µg
Kalsium 143 mg
Zat besi 8,2 mg
Magnesium 140 mg

Pengolahan kacang merah biasanya sering diolah menjadi makanan yang lezat seperti sup kacang merah, sayur kacang merah, bahkan es kacang merah. Kandungannya yang rendah lemak namun kaya akan karbohidrat kompleks, serat, mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya membuatnya dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit. Namun, cara paling baik untuk mengolah kacang merah adalah tanpa menggunakan banyak bumbu dan garam.

Manfaat Kacang Merah

1. Melancarkan Pencernaan
Dalam 100gram kacang merah mengandung sekitar 13gram serat larut dan serat tak larut. Serat tak larut membantu mendorong makanan dalam usus sehingga melancarkan pencernaan, membuang racun-racun yang tersisa dalam tubuh dan menjaga keasaman lambung. Sedangkan serat larut akan larut dengan air dan mengikatnya menjadi lebih kental seperti gel. Gel ini akan tinggal di lambung untuk waktu yang cukup lama. Selain serat, kacang merah juga memiliki kandungan pati yaitu sejenis karbohidrat kompleks yang sifatnya mirip dengan serat larut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Kacang merah adalah sumber protein yang bebas kolesterol dan rendah lemak. Dalam 100gram kacang merah mengandung 20gram protein yang mampu mencukupi 40% kebutuhan protein harian tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi kacang merah berperan untuk memenuhi kebutuhuna protein tanpa takut mengakibatkan kolesterol tinggi. Sebagai tambahan, serat larut yang terkandung dalam kacang merah juga bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

3. Meningkatkan Energi
Kacang merah memiliki banyak kandungan zat besi yang menjadi sumber utama yang diperlukan untuk meningkatkan metabolisme dan energi tubuh. Kacang merah membantu sirkulasi oksigen keseluruh tubuh.

4. Mengontrol Berat Badan
Kacang merah memiliki kandungan tinggi serat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh membantu menurunkan berat badan. Dengan demikian dapat membantu mengontrol berat badan dan keinginan untuk makan bisa dilupakan.

5. Mengendalikan Nafsu Makan
Kacang merah tingi kandungan protein, serat larut dan karbohidrat kompleks yang berperan juga membuat kenyang lebih lama. Dengan begitu sangat efektif untuk membantu menekan nafsu makan dan membantu program diet.

6. Mencegah Diabetes
Serat dalam kacang merah membantu menjaga agar glukosa tidak dilepas dalam darah terlalu cepat. Sehingga kadar gula darah dalam tubuh tidak mudah menanjak yang dapat memicu diabetes. Kacang merah juga berkhasiat untuk mencegah resistensi insulin yang berisiko memperparah kadar gula darah pengidap diabetes.

7. Mencegah Kanker
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School mengungkap bahwa pola makan yang tinggi serat bisa mencegah kanker, terutama kanker payudara. sedangkan sebuah penelitian dalam The Journal of Nutrition membuktikan bahwa pola makan kaya serat mampu menurunkan risiko kanker prostat hingga nyaris 50%. Sementara itu, dalam setiap 100 gram kacang merah, Anda bisa mendapatkan 52% kebutuhan serat dalam sehati. Rutin mengonsumsi kacang merah pun akan menghindarkan Anda dari risiko kanker.

8. Mencegah Penuaan Dini
Kacang merah tinggi kandungan antioksidan yang juga bermanfaat untuk meremajakan tubuh. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Hal-hal tersebut adalah faktor pemicu penuaan dini.

9. Mengoptimalkan Memori Otak
Kacang merah merupakan sumber vitamin B yang sangat erat untuk fungsi sel-sel otak. Seperti kandungan vitamin BI (thiamin) yang berkontribusi terhadap reaksi enzimatik, sebagai pusat produksi energi dan juga penting untuk fungsi sel otak / kognitif. Thiamin diperlukan dalam proses penting neurotransmitter untuk memori otak. Hubungan ini telah ditemukan, mengenai faktor yang signifikan dalam penurunan fungsi mental (pikun) dan penyakit kepikunan seperti Alzheimer.

10. Mencegah Kanker Usus
Serat berperan penting dalam melancarkan pencernaan, menjaga sistem pencernaan tetap baik dan membersihkan usus. Hal ini secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya kanker pada usus.

11. Menjaga Kesehatan Otak
Salah satu kelebihan kacang merah yang sangat baik untuk tubuh adalah untuk menjaga kesehatan otak. Kacang merah memiliki kombinasi yang sangat baik untuk membuat otak syaraf otak menjadi lebih sehat.

12. Mencegah Kolesterol Tinggi
Tingginya kandungan kolesterol jahat dalam tubuh merupakan pemicu munculnya gangguan kesehatan yang cukup membahayakan tubuh. Kolesterol jahat dapat dicegah dengan mengkonsumsi kacang merah.

13. Baik untuk pembentukan Otot
Kacang merah memiliki manfaat untuk membantu pembentukan otot dalam tubuh dengan banyaknya kandungan yang cukup tinggi pada kacang merah.

14. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi pada kacang merah bermanfaat dalam peredaran oksigen di dalam darah yang juga berguna berfungsi sebagai enzim dalam proses metabolisme. Mengkonsumsi kacang merah baik untuk fase pertumbuhan anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui dan wanita yang sedang menstruasi membutuhkan asupan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain.

15. Mencegah Kardiovaskular
Kacang merah juga mengandung banyak magnesium dan serat yang bertanggung jawab untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk menghindari penyakit stroke, serangan jantung dan penyakit pembuluh darah perifer.

16. Menjaga kesehatan kuku
Salah satu cara menjaga kesehatan kuku adalah dengan rutin mengkonsumsi kacang merah sebagai sumber biotin. Karena kekurangan biotin dapat menyebabkan kuku menghitam dan nampak gelap.

17. Mencegah rambut rontok
Selain untuk menjaga kesehatan kuku, biotin juga sangat penting untuk mencegah kerontokan rambut.

Cara untuk mengatasi efek samping dari kacang merah adalah dengan dimasakn terlebih dahulu agar racun yang terdapat pada tumbuhan tersebut tidak mengakibatkan kerusakan organ penting dalam tubuh. Gejala yang mungkin muncul akibat salah mengkonsumsi kacang merah adalah diare, mual, muntah, pusing dan lain-lain.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan Berdasarkan Kandungan Gizi yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..