19 Kandungan dan Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Perlu Diketahui

Posted on

Kandungan dan Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan –¬†Ikan pating adalah jenis ikan yang masih satu keluarga dengan ikan lele, tidak heran jika ikan patin memiliki bentuk yang mirip dengan ikan lele. Sama seperti ikan lele, ikan patin juga banyak digemari masyarakat, selain karena mudah didapat ikan patin juga memiliki harga yang terjangkau. Pengolahan ikan patin juga banyak, mulai dari sayur sup ikan patin, gulai ikan patin, hingga abon yang terbuat dari duri ikan patin.

Ikan patin memiliki kandungnan gizi yang cukup banyak, seperti kandungan kalori dan protein didalamnya yang cukup tinggi, rendah kandungan kolesterol dibandingkan jenis-jenis ikan lainnya. Ikan patin juga mengandung asam lemak esensial yaitu DHA dan EPA, memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk memenuhi asupan gizi dalam tubuh. Beberapa manfaat ikan patin lainnya antara lain:

Manfaat Ikan Patin

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Mengkonsumsi ikan patin dapat membantu mencegah tubuh terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular. Hal ini karena adanya kandungan lemak tak jenuh pada ikan patin. Ikan patin memiliki 50% kandungan asam lemak tak jenuh dari total keseluruhan nilai gizi yang ada didalam daging ikan patin.

2. Mengurangi Kolesterol
Ikan patin memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan besarnya kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang terkandung di dalam darah sehingga dapat mencegah dan mengurangi terkena penyakit jantung koroner.

3. Membantu Program Diet
Daging ikan patin memiliki kadar kolesterol rendah yaitu sekitar 21-39mg/100gr daging ikan patin, yang juga bermanfaat bagai anda yang sedang menjalankan program diet karea dapat mengurangi asupan kolesterol dalam makanan.

4. Mencegah Penyakit Jantung Koroner
Manfaat selanjutnya dari ikan patin adalah untuk membantu mengatasi penyakit jantung koroner. Hal ini karena adanya kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin yang mampu mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, asam lemak tak jenuh berperan untuk tidak menghambat dan mengendap sel darah pada pembuluh darah.

5. Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin
Ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi ikan patin. Ikan patin memiliki banyak manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan janin dan kandungan, hal ini karena ikan patin kaya kandungan omega-3 dan DHA. Kedua kandungan gizi tersebut berpengaruh terhadap kesehatan janin dalam kandungan sehingga menjaga pertumbuhan janin agar tetap normal.

6. Menjaga Kesehatan Tulang
Pada duri ikan patin memiliki manfaat yang baik untuk tulang, seperti kandungan fosfor dan kalsium pada duri ikan patin dapat mencegah terjadinya osteoporosis, menguatkan tulang gizi dan membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang.

7. Membantu Pembentukan Otot
Kandungan protein pada ikan patin efektif untuk membantu menambah massa otot, menguatkan otot, mengencangkan otot, menjaga daya tahan tubuh, sehingga dapat membantu dalam pembentukan otot.

8. Meningkatkan Energi
Ikan patin memiliki jumlah energi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti untuk memetabolisme tubuh. Ikan patin dapat dimanfaatkan sebagai sumber kalori yang membat tubuh menjadi lebih berenergi, tidak mudah lemas dan selalu sehat.

9. Mencegah Penyakit Arthtitis
Arthritis adalah penyakit akibat peradangan pada persendian, yang disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makan buruk sehingga membuat persendian mengalami pengapuran dan akumulasi asam lemak LDL. Ikan patin memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat untuk mencegah penyakit Arthtitis.

10. Melancarkan Peredaran Darah
Adanya gangguan pada peredaran darah dapat menimbulkan banyak reaksi penyakit lainnya. Hal ini karena sistem peredaran darah dalam tubuh memiliki fungsi yang sangat vital dalam menjaga kesehatan. Mengkonsumsi ikan patin dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah, sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai masalah penyakit.

11. Mencegah Penyakit Periodontal
Penyakit Periodontal adalah jenis penyakit yang menyerang gusi dan gigi yang disebabkan karena adanya kerusakan jaringan penyangga gigi sehingga gigi mudah goyang. Kurangnya konsumsi kalsium dan fosfor juga memicu jaringan penyangga gigi rusak. Dampak penyakit periodontal yang fatal tentu saja adalah tanggalnya gigi, padahal kalau sudah ompong, gigi tidak bakalan bisa kembali.

12. Menjadikan Kulit Halus
Ikan Patin memiliki kandungan vitamin D yang sangat penting untuk membantu melembutkan dan menghaluskan kulit. Vitamin D membantu keluarnya hormon serotonin yang dapat membuat seseorang terhindar dari stress dan selalu merasa senang. Perasaan senang dan tidak stress dapat menjadikan kulit menjadi lebih halus dan lembut.

13. Mengatasi Stress
Stress bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Salah satu solusi untuk membantu menghilangkan stress adalah dengan banyak mengkonsumsi ikan patin. Daging ikan patin dapat merangsang sistem syaraf pusat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang dan enjoy.

Manfaat Ikan Patin Lainnya

  1. Mempercepat penyembuhan luka, dan baik dikonsumsi oleh pasien pasca operasi.
  2. Meningkatkan kinerja otak, memaksimalkan kecerdasan pada anak.
  3. Mencegah Penyumbatan pada pembuluh darah
  4. Menambah selera makan khususnya pada tahap pemulian pasca sakit.
  5. Mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.
  6. Mencegah kepikunan dini.

Itulah penjelasan tentang Kandungan dan Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..