40 Kandungan dan Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh Penting Diketahui

Posted on

Kandungan dan Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh – Ikan gabus bahasa latin disebut Channa Striata, adalah jenis ikan tawar yang banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Ikan gabus jenis ikan yang dapat dengan mudah ditemukan diperairan Indonesia, seperti pada danau, sungai, rawa-rawa hingga persawahan. Karena mudah ditemukan, banyak masyarakat yang sering mengkonsumsi ikan ini, sehingga ikan gabus sering digandrungi dan disukai banyak orang.

Namun tahukah anda, jika ikan gabus memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Ikan gabus kaya kandungan albumin, yaitu salah satu protein penting dalam tubuh. Albumin memiliki fungsi utama untuk mengatur tekanan osmotik yang terdapat dalam darah, menjaga keseimbangan cairan tubuh, hingga sebagai pengangkut berbagai nutrisi dan hormon dalam tubuh. Kekurangan albumin dalam tubuh manusia (hypoalbumin) menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Selain albumin, ikan gabus memiliki kandungan nutrisi lainnya, perhatikan tabel kandungan gizi pada ikan gabus dibawah ini.

Manfaat Ikan Gabus

1. Membantu pembentukan dan pertumbuhan otak
Ikan gabus memiliki kandungan protein lebih tinggi dibanding pada jenis ikan tawar lainnya seperti ikan lele, ikan mas, atau ikan nila, namun setara dengan kandungan protein pada ikan bandeng. Dala 100 gr ikan gabus memiliki kandungan 22,2gr protein. Kandungan proteinnya yang tinggi bermanfaat dalam pembentukan otot dalam tubuh.

2. Mempercepat penyembuhan Luka
Pada daging ikan gabus memiliki banyak kandungan albumin tinggi. Albumin merupakan salah satu jenis protein yang penting untuk mempercepat penyembuhan luka, seperti bekas operasi, atau luka pada kulit lainnya.

3. Menjaga Cairan dalam tubuh Seimbang
Selain bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka, kandungan albumin pada ikan gabus juga berperan dalam menjaga kestabilan regulasi cairan dalam tubuh. Jika cairan dalam tubuh berkurang, maka protein yang masuk akan dipecah tidak dapat berfungsi secara normal. Mengkonsumsi daging ikan gabus dapat membantu menormalkan tubuh sebanyak 60%.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Daging ikan gabus memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging ternak darat lain. Hanya 3% hingga 5 % dari total kandungan protein kolagen.

5. Memperbaiki Kekurangan gizi
Ikan gabus memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk perbaikan gizi pada bayi, balita hingga pada ibu hamil. Mengkonsumsi 100gr daging ikan gabus setiap hari dapat memperbaiki gizi dalam tubuh.

6. Mengatasi Pembengkakan
Kandungan albumin dalam ikan gabus yang cukup tinggi juga dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Mengkonsumsi ikan gabus secara rutin memiliki peran membantu tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit yang disebabkan oleh berbagai virus atau jenis penyakit akibat perubahan cuaca.

8. Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Ikan gabus memiliki fungsi yang baik untuk meningkatkan energi dalam tubuh, hal ini karena ikan gabus memiliki kandungan kalori tinggi. Mengkonsumsi ikan gabus sebanyak 1 kilo gram setara dengan mengkonsumsi nasi sebanyak 2 piring atau sekitar 690 kkal, sehingga akan membua tubuh tidak merasa lemas.

9. Meningkatkan Berat Badan
Kandungan protein hewani pada ikan gabus bermanfaat untuk membantu meningkatkan berat badan tanpa lemak berlebih.

10. Kandungan kalori yang baik untuk Diabetes
Penderita diabetes biasanya sedikit direpotkana dengan menu makan, ternyata ikan gabus memiliki sumber kalori yang baik untuk penderita diabetes. Kandungan kalorinya yang tinggi bisa menjadi pengganti nasi.

  1. Membantu membersihkan darah
  2. Melindungi kesehatan mata
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
  4. Melancarkan reproduksi pada pria
  5. Menyehatkan indung telur wanita
  6. Menguatkan placenta bayi
  7. Memiliki kandungan antioksidan yang aktif dan akurat
  8. Membantu Proses Penyembuhan penderita Autisme
  9. Mempercepat penyembuhan luka pasca operasi
  10. Menjaga dan meningkatkan kekuatan tulang
  11. Meningkatkan pertumbuhan gigi dan tulang pada anak
  12. Membantu mencegah pengeroposan tulang
  13. Mencegah berbagai jenis kanker
  14. Mengurangi rasa lelah akibat depresi
  15. Mengobati pegal-pegal karena kekurangan vitamin B1
  16. Menjadi alternatif protein bagi pengidap penyakit kolesterol
  17. Sumber kalori hewani rendah lemak
  18. Obat penyakit kekurangan Albumin
  19. Obat alami pengencang kulit dan otot badan
  20. Memberantas kadar lemak jahat (LDL)

Ikan gabus memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, seperti membuat tubuh menjadi semakin kuat dan terhindari dari berbagai penyakit. Itulah penjelasan tentang Kandungan dan Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan Tubuh yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..