30 Kandungan dan Manfaat Buah Mulberry Bagi Kesehatan, Kecantikan Wajah dan Rambut

Posted on

Kandungan dan Manfaat Buah Mulberry Bagi Kesehatan –¬†Mulberry adalah salah satu jenis buah berry yang memiliki rasa manis yang memiliki gizi yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Mulberry memiliki nama latin Morus Alba L. yang pada dasarnya sering dikenal sebagai makanan ulat sutra, karena daun mulberry adalah satu-satunya makanan bagi ulat sutera. Sedangkan buah mulberry sering diolah menjadi selai, jelly, teh, atau olahan lainnya.

Tanaman mulberry berasal dari China yang dapat tumbuh baik pada ketinggian lebih dari 100m diatas permukaan laut dan memerlukan cukup sinar matahari. Mulberry adalah jenis tanaman yang memiliki banyak cabang dengan arah tegak, mendatar, dan buah menggantung yang tumbuh dari ketiak daun dengan bentuk lonjong hingga agak bulat. Ada berbagai jenis dan bentuk buah mulberry, tergantung dari jenisnya ada yang berwarna putih, putih kemerahan, ungu atau ungu tua sampai hitam.

Kandungan Nutrisi Buah Mulberry

Menurut organicfacts, buah murbei mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh manusia, hal ini termasuk zat besi, riboflavin, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalium, fosfor, kalsium, serta sejumlah besar serat dan berbagai senyawa organik, seperti fitonutrien, zea-xanthin, reveratrol, anthocyanin, lutein, dan berbagai senyawa polifenol lainnya.

Manfaat Mulberry Untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker
Mulberry merupakan sumber resveratrol yaitu sebuah phytonutrisi kuat yang dipercaya untuk mencegah kanker. Selain itu mulberry juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan pertumbuhan tumor.

2. Mengurangi resiko gumpalan darah dan stroke
Mulberry memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah yang bermanfaat sebagai anti inflamasi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah dan stroke.

3. Membersihkan Darah
Menurut pengobatan cina, mullberry dianggap sebagai tonik yang dapat membantu membersihkan darah, meningkatkan sirkulasi darah dan membantu memperkuat sistem tubuh. Mulberry juga membantu darah dalam proses menenangkan saraf dan membantu mempromosikan metabolisme alkohol.

4. Membersihkan hati dan menguatkan ginjal
Berdasarkan sebuah penelitan menyebutkan, bahwa mengkonsumsi buah mulberry secara rutin dapat membantu membersihkan hati dan menguatkan organ ginjal.

5. Mencegah flu
Mulberry tinggi vitamin C dan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu dan batuk. Selain itu, mengkonsumsi buah mulberry juga dapat membantu mengatasi masalah gastritis dan hepatitis kronis.

6. Mempercepat pemulihan pasca operasi
Pada pasien pasca operasi mengkonsumsi jus mulberry mampu mempercepat penyembuhan, meningkatkan sirkulasi dan mencegah terjadinya infeksi. Cara ini juga sering digunakan dokter untuk mempercepat pemulihan pasca melahirkan dan digunakan sebagai solusi inflamasi setelah operasi.

7. Kontrol gula darah
Mulberry memiliki kandungan senyawa flavonoid yang mendukung kadar gula dalam darah menjadi seimbang dan mengontrol gula darah pada pasien diabetes. Mengkonsumsi buah mullberry secara rutin dapat mencegah komplikasi pada pasien diabetes.

8. Menjaga Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi buah mullbery secara rutin dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena mullberry dapat memperkuat sistem saraf dan mengurangi kolesterol jahat sehingga dapat mencegah penyumbatan dialiran darah sehingga membantu mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

9. Meningkatkan sistem imunitas
Mengkonsumsi buah mullberry secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan mendorong produksi cairan tubuh tepat. Bagi anda yang mengalami kekurangan cairan tubuh, dapat mengkonsumsi 10mg buah mullberry setiap hari agar cairan tubuh kembali normal.

10. Menjaga kesehatan mata
Mengkonsumsi satu gelas jus mullberry dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, hal ini karena buah mullberry memiliki kandungan vitamin A yang dapat memperkuat penglihatan dan mengurangi ketegangan mata.

11. Membersihkan darah kotor
Manfaat buah mullberry selanjutnya adalah untuk membantu membersihkan darah kotor dalam tubuh. Mulberry berfungsi untuk menyaring darah sehingga kotoran yang masuk dapat dikeluarkan dan dibuang keluar tubuh.

12. Menyehatkan ginjal
Manfaat mulberry lainya dapat berfungsi untuk membuat ginjal menjadi lebih sehat. Kandungan gizi dalam buah mullberry yang masuk dalam ginjal bermanfaat untuk melindungi ginjal agar terbebas dari penyakit.

13. Menurunkan Kolesterol
Buah mulberry juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini terkait dengan adanya kandungan kuersentin yang kadarnya mencapai 1,12% dari 100 gram buah murbei segar, manfaat vitamin C dengan kadar yang mencapai 37,06 mg, dan antosianin.

14. Mengatasi Anemia
Anemia adalah kondisi tubuh kekurangan hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen keseluruh tubuh akibat kekurangan zat besi. Buah mulberry memiliki kandungan zat besi sehingga bisa dijadikan sebagai makanan yang mampu mengatasi anemia.

15. Meningkatkan Nafsu Makan
Mengkonsumsi buah mulberry secara rutin juga bermanfaat baik untuk meningkatkan sistem pencernaan dan membantu meningkatkan nafsu makan.

Manfaat Mulberry untuk Kecantikan

  1. Mencegah penuaan dini
  2.  Menghilangkan bintik hitam bekas jerawat
  3. Mencegah timbulnya jerawat kembali
  4. Meremajakan kulit
  5. Mengatasi masalah kulit
  6. Mencegah kulit kering
  7. Mengatasi iritasi kulit
  8. Membuat kulit lebih lembut dan bersinar

Manfaat Mulberry untuk Rambut

  1. Meremajakan Rambut
  2. Meningkatkan pertumbuhan rambut
  3. Mempertahankan warna rambut
  4. Menghaluskan rambut
  5. Menhaluskan rambut
  6. Mencegah kerontokan rambut
  7. Menguatkan rambut

Untuk mengatasi masalah kecantikan dan kesehatan rambut, anda dapat memanfaatkan buah mullberry untuk dijadikan masker dengan menambahkan yogurt, madu, oats, atau campuran lainnya. Selain itu mengkonsumsi secara rutin buah mulberry juga meningkatkan hasil terbaik untuk kecantikan wajah dan rambut anda.

Itulah pembahasan singkat tentang Kandungan dan Manfaat Buah Mulberry Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..