Kandungan dan Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin yang Penting Diketahui

Posted on

Kandungan dan Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin – Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk ibu hamil dan janin. Alpukat mengandung lemak yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kadar kolesterol baik untuk tubuh. Selain itu kandungan lemak tersebut juga mendukung perkembangan pada otak janin.

Sebuah rumah sakit the Brigham and Women’s Hospital menjelaskan, bahwa setidaknya ibu hamil memiliki panduan yang perlu dicermati. Masa kehamilan adalah waktu yang tepat untuk mereview kembali kebiasaan pemenuhan nutrisi. Salah satu pemenuhan nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin adalah dengan mengkonsumsi buah alpukat.

Kandungan dan Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Manfaat alpukat untuk ibu hamil dan janin paling banyak terdapat pada kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan kandungan asam folatnya. Selain itu, alpukat juga mengandung 20 vitamin dan kandungan mineral lainnya.

Asam Folat dan Lemak Tak Jenuh Tunggal

Pada masa kehamilan, ibu membutuhkan setidaknya 400mg asam folat setiap harinya. Dalam satu buah alpukat mengandung sekitar 45mg asam folat. Dengan demikian, mengkonsumsi alpukat setiap hari dapat menambah asupan asam folat. Selain asam folat, alpukat juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kehamilan.

Alpukat tinggi lemak tak jenuh tunggal dan lemak jenuh nabati alami yang mendukung perkembangan otak janin.

Asam folat bermanfaat untuk memproduksi dan mengatur jalinan sel baru yang dipercayai dapat menurunkan risiko cacat lahir.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah alpukat pada masa trimester pertama kehamilan. Pada trimester pertama, asam folat membantu mendukung perkembangan sistem saraf pusat bayi yaitu otak dan saraf belakang. Kebutuhan asam folat juga diberikan melalui vitamin prenatal yang diperoleh melalui resep dokter.

Selain itu, asam folat juga dibutuhkan untuk menghasilkan sel-sel darah merah dan mencegah anemia.

Asam folat juga berperan untuk proses pembentukan, perbaikan kerja DNA dan membangun dinding sel tubuh janin. Asam folat juga diperlukan untuk pembentukan cepat sel untuk membangun plasenta dan janin dalam kandungan.

Selain asam folat dan kandungan lemak tak jenuh tunggal, beberapa kandungan alpukat yang bermanfaat untuk ibu hamil dan janin antara lain:

Protein
Alpukat tinggi protein yang dihasilkan dari 18 asam amino esensial didalamnya. Protein nabati tersebut baik untuk ibu hamil karena memiliki sifat yang mudah dicerna dan diserap tubuh.

Karotenoid
Jenis buah berdaging hijau dan kuning merupakan sumber terbaik Karotenoid dan Phytonutrient. Kedua zat tersebut baik untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Karotenoid berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan reproduksi. Karetonoid bersifat larut dalam lemak sehingga mampu mengoptimalkan penyerapan nutisi dalam tubuh.

Lutein
Lutein juga termasuk dalam senyawa karotenoid, phytonutrient dan antioksidan alami yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin dan Mineral
Alpukat memiliki kandungan 20 vitamin dan jenis mineral yang berbeda, seperti vitamin C, vitamin K, folat, kalium, zat besi, vitamin E, dan vitamin B6. Meski dikonsumsi dalam jumlah kecil, alpukat mampu memenuhi sekitar 10 % kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh.

Anti Inflamasi
Nutrisi yang didapatkan dari mengkonsumsi alpukat selanjutnya yaitu dapat menghasilkan anti-inflamasi atau anti peradangan. Efek antiinflamasi tersebut didapatkan dari kombinasi vitamin C dan E, Karotenoid, Selenium, Zinc, Pitosterol dan omega-3 asam lemak.

Natrium (Sodium) dan Kolestrol
Alpukat salah satu buah yang baik untuk diet karena alpukat memiliki kandungan natrium (sodium) dan kolesterol sangat rendah yaitu 1 gr protein. Sedangkan satu porsi alpukat mengandung 3 gr karbohidrat dan 1 gram serat makanan (dietary fiber). Komposisi kandungan zat ini baik untuk ibu hamil untuk menghindari tekanan darah tinggi.

Selain kandungan nutrisi diatas, alpukat juga memiliki kandungan anti aging yang dipercaya mampu memberikan perlindungan bagi kulit dan kesehatan ibu serta janin. Selama tidak ada gangguan komplikasi atau masalah, anda dapat memasukkan buah alpukat ke dalam daftar menu makanan sehat sehari-hari.

Itulah penjelasan tentang Kandungan dan Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.