Kandungan dan Manfaat Alga Coklat untuk Pengobatan Pasca Stroke, Terbukti

Posted on

Alga Coklat untuk Pengobatan Pasca Stroke – Alga coklat atau coklat alga yang sering diabaikan ternyata sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit stroke. Hal ini disampaikan oleh Dhanang Puruhita yakni salah satu mahasiswa Fakultas Kedokteran di Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur.

Menurut Dhanang Puruhita, alga coklat mengandung senyawa fucoidan yang dapat menggerakkan sel di dalam otak.

“Jadi di dalam alga coklat itu terkandung senyawa fucoidan. Nah senyawa itu yang kita manfaatkan. Fucoidan itu mampu menggerakkan sistem sel, sel yang bisa berubah jadi sel lain yang ada di dalam tubuh untuk menuju bagian tubuh yang mengalami kerusakan, salah satunya di otak,” cetus Dhanang Puruhita.

Beberapa senyawa itu ditemukan dalam penelitian post ischemic stroke development – acceleration and regeneration therapy (PSICO-ART)Ada lima mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. Hasilnya langsung diketahui bahwa alga coklat memiliki banyak kandungan fucoidan 10 persen dan mampu mengembalikan fungsi otak penderita stroke.

Sangat mudah dan tidak sulit untuk menggunakan alga coklat untuk penyembuh stroke. Fucoidan yang diambil dari alga coklat dikeringkan. Lalu diambil ekstraknya. Kemudian diolah menjadi cairan dan diteteskan secara oral kepada penderita stroke.

Pendapat Dhanang, cairan fucoidan yang dimasukkan secara oral akan langsung bekerja meregenerasi sel-sel yang rusak, sehingga dapat memulihkan kembali fungsi organ tubuh.

Sementara, hasil penelitian langsung diuji cobakan ke tikus wistar yang stroke. Tikus tersebut diberi cairan fucoidan satu kali sehari. Hasilnya, genap seminggu tikus itu bisa berjalan seperti biasanya.

Namun untuk dikonsumsi secara umum oleh manusia, penelitian tersebut masih harus melalui penelitian lanjutan. Terutama soal keamanannya jika dikonsumsi oleh manusia.

“Masih perlu dilakukan penelitian lagi terutama untuk pengujian keamanannya,” jelas Dhanang.

Kandungan dalam Alga Coklat

Ganggang coklat atau Brown seweed banyak mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat seperti kandungan : kalsium, magnesium, iron, copper, mangan, zin, boron dan iodine, selain itu mengandung serat, asam amino, dan B-komplex.

Selain itu Ganggang coklat juga memiliki bebrapa kandungan zat aktif yang dapat mengurangi resiko terkena stroke akibat penyumbatan darah seperti :

  1. Alginate, yaitu serat tak larut yang berfungsi mengurangi kadar lemak, trigliserida serta mengurnagi kolesterol dalam darah.
  2. Laminarin, yaitu zat anti penggumpalan darah yang membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
  3. Mineral kolodial yang mudah terserap oleh tubuh
  4. Fucoidan yang berguna bagi pasien pasca stroke yaitu suatu polisakarida kompleks yang membantu memperbaiki daya ingat dan sistem motorik pasca stroke dan meregenerasi sel-sel baru untuk kesehatan menyeluruh.

Manfaat Ganggang Coklat untuk Pengobatan Stroke

Berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada pasien pasca stroke yang dilakuakn oleh Universitas Manitoba, Winnipeg, Kanada. Hasilnya menunjukkan bahwa fucoidan dalam brown seaweed mempercepat pemulihan fungsi motorik pada minggu pertama serta memperbaiki memori.

Manfaat dari ganggang coklat sebagai berikut:

1. Kandungan Fucoidan dalam ganggang coklat mampu menghambat pembentukan bekuan darah sehingga menurunkan resiko terserang penyakit jantung dan stroke . (Malmo University Hospital, Swedia)

2. Fucoidan dalam ganggang cokelat untuk mempercepat fungsi motorik pada minggu pertama dan perbaikan memori. (Universitas of Manitaba, Winnipeg-Canada)

3. Ganggang coklat mengubah aktivitas enzin di liver yang mengontrol metabolisme asam lemak, sehingga menurunkan kadar lemak dalam darah. Selain itu, dapat juga untuk meningkatkan pembakaran lemak di liver. (Laboratory of Lipid Chemistry, Yokohama- Jepang)

4. Ganggang Laut cokelat (brown seaweed) membantu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 26,5% dan trigliserida sebanyak 36,1%. (Cardiovascular Center di RS Sakhalin, Rusia).

Terimakasih, semoga bermanfaat