Jenis Tes Kesehatan dan Alasan Harus Puasa Terlebih Dahulu Sebelum Melakukan Tes Kesehatan

Posted on

Jenis Tes Kesehatan dan Alasan Harus Puasa Terlebih Dahulu – Tes Darah adalah salah satu metode pemeriksaan kesehatan yang sangat akurat untuk mengetahui kondisi kesehatan. Namun, dalam melakukan tes kesehatan tidak dilakukan sembarangan. Kebanyakan teknisi dan dokter biasanya akan menganjurkan pasien untuk melakukan puasa terlebih dahulu. Namun sebagian prosedur tes ada yang memperbolehkan untuk minum air mineral.

Mengapa harus berpuasa? Puasa dilakukan untuk membantu keakuratan tes yang dilakukan. Sedangkan jika tidak berpuasa, hasil tes menjadi tidak akurat karena protein, vitamin, karbohidrat, lemak dan mineral dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat mengganggu hasil tes menjadi kurang jelas terbaca. Berikut informasi lengkapnya.

Alasan Mengapa Harus Puasa Sebelum Tes Kesehatan

Ada beberapa pemeriksaan yang wajib brpuasa terlebih dahulu seperti pemeriksaan glukosa, kolesterol, urea, dan asam urat. Dalam konteks laboratorium, puasa yang dilakukan yaitu dengan tidak mengkonsumsi makanan dan minuma (kecuali air mineral) dalam jangka waktu yang ditentukan. Karena tubuh harus terus terhidrasi, maka dalam puasa ini masih membutuhkan konsumsi air mineral.

Puasa sebelum cek darah dilakukan untuk meningkatkan keakuratan dan menjaga validitas hasil pemeriksaan. Terutama untuk memastikan agar hasil pemeriksaan tidak dipengaruhi oleh jenis makanan yang terakhir dikonsumsi. Sebab, kandungan gizi dalam makanan dan minuman yang anda konsumsi sebelum melakukan cek darah akan diserap ke dalam aliran darah sehingga berdampak langsung pada glukosa, lemak dan zat besa sesaat setelah makan.

Selain dengan berpuasa, sebaiknya pengambilan sample darah dilakukan pada pagi hari, antara pukul 07.00-09.00. Karena pada waktu pagi hari akan meningkatkan keakuratan hasil pemeriksaan dibandingkan dilakukan pada sore atau malam hari.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan tes darah, antara lain:

  • Sebelum melakukan cek darah sebaiknya hindari melakukan aktivitas berat karena mempengaruhi hasil pemeriksaan.
  • Hindari merokok, makan permen karet, kopi, alkohol, dan konsumsi obat-obatan tertentu karena berpengaruh pada hasil pemeriksaan.
  • Sebaiknya berpuasa selama 8 jam untuk pemeriksaan glukosa dan 12 jam untuk pemeriksaan trigliserida. Usahakan tidak berpuasa lebih dari 14jam, dan anda masih boleh minum air mineral.

Jenis Tes Kesehatan yang Harus Berpuasa Sebelum Tes Darah

Tes Darah

Tes darah yang mengharuskan anda untuk menjalankan puasa selama 8-12 jam, antara lain pada tes kadar gula darah, trigliserida, fungsi hati, kolesterol, lipoprotein, high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL).

Pada tes kadar gula biasanya diminta untuk berpuasa selama 8-10 jam, sedangkan pada tes zat besi dan kolesterol anda perlu berpuasa sekitar 12 jam sebelum melakukan tes kesehatan. Ada pula jenis tes kesehatan yang menharuskan anda untuk meghindari beberapa jenis makanan dan obat-obatan tertentu.

Gastroskopi

Gastroskopi adlah pemeriksaan untuk memvisualisasikan lapisan esofagus (saluranan makanan), perut dan usus kecil. Pemeriksaan ini menggunakan tabung panjang dan lentur yang disebut gastroskop. Gastroskopi digunakan untuk mendiagnosis masalah perut dan melakukan biopsi.

Sebelum melakukan tes kesehatan gastroskopi, biasanya anda perlu berpuasa selama 6 jam. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dokter melihat isi lambung, selain itu juga untuk mengurangi risiko muntah dan tersedak karena isi lambung masuk ke saluran pernapasan.

Kolonoskopi

Kolonoskopi adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui terjadinya gangguan atau kelainan pada usus besar (kolon) dan rektum yang sering menimbulkan gejala berupa sakit perut, darah pada tinja, diare kronis, gangguan buang air besar. Biasanya sehari sebelum melakukan tes kesehatan anda perlu melakukan puasa selama 2-3hari. Bahkan beberapa jam melakukan pemeriksaan anda perlu minum obat pencahar untuk mengosongkan perut.

Anestesi

Anestesi adalah tindakan yang dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit ketika melakukan pembedahan dan berbagai prosedur lainnya yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Untuk menjalankan pemeriksaan anda juga perlu berpuasa beberapa jam sebelum melakukan tindakan anestesi.

Tips sebelum melakukan tes keshatan dan menjalankan puasa, sebaiknya cukupi tubuh dengan mengkonsumsi makanan tinggi gizi agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan tidak drop.

Itulah penjelasan tentang Jenis Tes Kesehatan dan Alasan Harus Puasa Terlebih Dahulu Sebelum Melakukan Tes Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.